Zat Gizi Makanan Yang Berfungsi Sebagai Zat Tenaga Adalah?

Nesiaverse.com – Terdapat banyak pertanyaan mengenai zat gizi makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga adalah? Yaitu karbohidrat, untuk mengetahui lebih dalamnya tentang zat gizi makanan maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tentu saja tubuh yang memerlukan pola makan bergizi dan juga seimbang, dengan menjalankan peranan pola makan sehat ini yang sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh tetap kuat dan sehat.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah dengan “empat sehat lima sempurna” istilah ini banyak dibahas dan empat sehat lima sempurna ini merupakan kampanye yang telah dilakukan oleh pemerintah sejak dari tahun 1955.

Advertisment

Hal ini bertujuan untuk bisa membuat masyarakat memahami mengenai dengan pola makan yang benar dan tepat, dengan komposisinya yang terdiri dari berbagai jenis makanan sehat yaitu seperti nasi, sayur-sayuran, buah-buahan, lauk-pauk, dan dilengkapi atau disempurnakan dengan susu.

Dengan menjalankan pola makan yang bergizi dan juga seimbang menjadi salah satu pola makan yang memperhatikan komposisi jenis makanan yang sehat, teratur, tidak berlebihan dan juga tidak merasa kekurangan.

Advertisment

Sehingga pola makan ini yang mempunyai manfaat melimpah untuk tubuh seperti menjadi sumber energi, memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan, mempertahankan kekebalan tubuh atau imunitas tubuh, mengatur metabolisme tubuh dan juga membuat tubuh menjadi semakin berkembang dengan baik.

Dimana zat gizi yang terkandung dalam makanan ini  yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, setiap harinya disadari maupun tidak kita yang tentu saja tidak akan pernah terlepas dari zat gizi.

Pada setiap masing-masing makanan yang telah kamu konsumsi memiliki kandungan gizi berbeda antara yang satu dengan lainnya, perbedaan ini yang bisa berupa jenis zat gizi terkandung dalam makanan maupun jumlah masing-masing dari zat gizi tersebut.

Lalu zat gizi makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga adalah karbohidrat, lemak dan juga protein, ketiga zat gizi ini yang merupakan zat penghasil energi bisa dimanfaatkan untuk bergerak dan juga melakukan aktivitas fisik dan juga aktivitas metabolisme dalam tubuh.

Zat Gizi Makanan Yang Berfungsi Sebagai Zat Tenaga Adalah?

Dibawah ini beberapa penjelasan mengenai ketiga zat gizi berfungsi sebagai zat tenaga yang bisa kamu ketahui dengan menyimak informasinya disini.

Karbohidrat

Karbohidrat di dalam makanan adalah zat gizi yang paling cepat dalam mensuplai energi sebagai bahan bakar untuk tubuh terutama pada saat tubuh yang sedang dalam keadaan lapar, karbohidrat adalah sumber energi paling utama untuk tubuh, jika tubuh yang kekurangan asupan karbohidrat maka bisa mengalami lemas, pusing atau bahkan mual.

Makanan yang mengandung sumber karbohidrat yaitu bisa didapatkan dari nasi, selain itu karbohidrat bisa didapatkan dari biji-bijian utuh, umbi-umbian, roti, pasta atau sereal, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Tentu saja kamu perlu mengenali dengan asupan karbohidrat diperlukan oleh tubuh kamu setiap harinya, pasalnya dengan memenuhi asupan karbohidrat bisa mempengaruhi segala aktivitas setiap harinya dan karbohidrat yang terbagi menjadi dua macam yaitu karbohidrat kompleks dan juga karbohidrat sederhana.

Untuk karbohidrat komplek ini yang mengandung banyak molekul gula dan juga kaya akan serat sehingga hal ini memerlukan proses lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh, sedangkan karbohidrat sederhana yang memiliki kandungan molekul gula lebih sedikit dan proses pencernaan yang menjadi lebih cepat.

Karbohidrat komplek yang akan memberikan energi secara konsisten tanpa perlu membuat tubuh untuk mendapatkan asupan kalori berlebihan  yang secara tiba-tiba, tidak hanya itu karbohidrat kompleks berisiko lebih kecil menumpuk sebagai lemak dalam tubuh.

Terdapat beberapa makanan bisa memberikan fungsi karbohidrat secara maksimal dan optimal yaitu biji-bijian yang utuh dan roti mengandung bahan whole grain, nasi coklat atau nasi merah, sereal dari gandum utuh atau pasta, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Untuk rekomendasi asupan karbohidrat yaitu sekitar 45 hingga 65% dari total kalori harian sekitar 900 hingga 1.300 kalori dari total 2.000 kalori per harinya, untuk bisa memperolehnya maka diperlukan sumber karbohidrat yaitu sekitar 225 hingga 325 gram dalam per harinya.

Karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama dibutuhkan tubuh untuk bisa menghasilkan energi, energi ini tentu saja dibutuhkan dalam setiap aktivitas, jika ada glukosa berlebih maka nantinya akan disimpan didalam otot dan hati di dalam bentuk glikogen dan jika tidak digunakan maka glukosa yang akan diubah menjadi lemak.

Protein

Protein mempunyai peranan penting yaitu sebagai komponen fungsional dan juga struktural pada semua sel tubuh, dimana encim, zat pengangkut, matriks intraseluler, kuku jari, dan juga rambut yang mengandung komponen protein.

Kandungan protein ini yang memiliki fungsi begitu khas tidak dapat digantikan oleh zat gizi yang lainnya yaitu sebagai zat pembangun dan juga pemeliharaan sel-sel jaringan tubuh, protein yang menghasilkan energi sebanding dengan jumlah dihasilkan oleh karbohidrat yaitu 4 kkal/g protein.

Walaupun demikian protein ini sebagai sumber energi yang relatif lebih mahal dibandingkan karbohidrat, untuk makanan sumber protein yaitu ada ayam, ikan, telur, daging merah, biji-bijian dan juga kacang-kacangan.

Lemak

Lemak merupakan sumber tenaga cadangan yang diperlukan oleh tubuh pada saat tenaga utama yang sudah habis, dengan mengkonsumsi makanan mengandung banyak lemak yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Biasanya lemak ini yang terdapat pada beberapa makanan terasa enak yaitu seperti kacang-kacangan, daging hewani, alpukat dan juga mentega, selain itu lemak juga adalah sumber energi 2.5 kali yang lebih besar dibandingkan dengan karbohidrat dan juga protein yaitu sekitar 9 kkal/g lemak.

Energi yang dihasilkan lebih banyak hal ini karena proses pembakaran yang membutuhkan oksigen lebih banyak dibandingkan dengan karbohidrat dan juga protein, dengan kelebihan lemak biasanya akan disimpan dalam jaringan adiposa di bawah kulit yaitu 50%, pada sekeliling organ 45% dan sisanya di rongga perut 5%.

Hal ini merupakan sumber energi potensial bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu jika memang diperlukan, makanan sumber lemak yaitu seperti yoghurt, alpukat, ikan, telur dan juga keju.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan zat gizi makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga adalah? Yaitu ada karbohidrat, protein dan juga lemak yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

tenaga