7 Vitamin Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. Konsumsi vitamin sendiri dibutuhkan selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, beberapa jenis vitamin dapat mendukung peningkatan metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian laju metabolisme dalam tubuh akan bekerja dengan baik dan pembakaran kalori juga akan berlangsung dengan optimal. 

Metabolisme sendiri merupakan proses kimia dalam tubuh untuk memecahkan nutrisi dalam makanan dan mengubahnya sebagai energi, hal inilah yang akan menunjang aktivitas keseharian kita. Maka, penting untuk memperhatikan jenis asupan harian mulai dari sumber serat, protein, karbohidrat lemak, mineral hingga vitamin sekalipun. Begitupun dengan vitamin yang mendukung metabolisme pada tubuh.

Vitamin Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Advertisment

Vitamin memiliki berbagai macam fungsi, diantaranya untuk meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh. Vitamin juga mampu mencegah berbagai penyakit kronis, dapat memelihara nafsu makan hingga menjaga kesehatan mental dan sistem imutida tubuh seseorang. Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin yang datang dari makanan. 

Advertisment

Vitamin memiliki fungsi dasar untuk membantu dan mengatur sistem metabolisme tubuh. Vitamin sendiri memiliki 2 kategori, diantaranya vitamin yang dapat larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air . Vitamin yang larut di dalam air, nantinya akan dikeluarkan melalui keringat dan urin. Untuk mendapatkan vitamin sebagai kebutuhan nutrisi tubuh, kamu harus memperhatikan cara mengolahnya.

Ada beberapa jensi vitamin yang harus didimpan ditempat yang terhindarungd ari cahaya matahari atau di kulkas, adapun vitamin yang dapat rusak jika terkena panas, sehingga dalam proses pengolahannya harus diperhatikan secara khusus. Vitamin pada dasarkan bisa didapatkan dari beragam jenis makanan seperti sayuran maupun buah-buahan. 

Berikut kamu sudah merangkum beberapa jenis vitamin yang cocok digunakan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. 

Vitamin B1

Jenis vitamin pertama adalah vitamin B1, yang mana vitamin B1 ini adalah salah satu jenis vitamin yang bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi vitamin B1, maka akan membantu proses kandungan karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi. Vitamin B1 juga berperan sebagai koenzim yang hadir dalam bentuk thiamin diphosphate.

Vitamin B1 dengan senyawa thiamin diphosphate ini akan memecahkan karbohidrat menjadi glukosa, kemudian akan mengubahnya menjadi energi bagi tubuh. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa vitamin B1 memiliki manfaat dalam memecahkan kandungan nutrisi dalam makanan atau proses metabolisme, khususnya sumber karbohidrat. Kamu bisa mendoakan vitamin B1 dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, raggi, sereal hingga daging.

Berikut fungsi vitamin B1 :

  • Mampu membantu meningkatkan metabolisme protein dan karbohidrat. 
  • Membantu untuk menjaga kesehatan kulit , rambut dan kuku. 
  • Menjaga kesehatan bibir, mulut, lidah. 

Vitamin B2

Vitamin B2, merupakan salah satu vitamin yang dapat mendukung untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Flavin adenine dinucleotide atu FAD dan Flavin mononucleotide atua FMD yang memiliki peran penting untuk menghasilkan energi, melalui sistem metabolisme. Sehingga reaksi metabolik dalam tubuh bekerja dengan baik. 

Maka, makanan yang memiliki kandungan vitamin B sendiri sangat baik bagi tubuh. Kamu dapat memberikan asupan vitamin B2 pada tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B2. Misalnya kamu dapat mengkonsumsi yogurt, susu, kacang almond, telur, tempe dan sayur bayam.

Berikut fungsi vitamin B2 :

  • Untuk membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat dan protein.
  • Mampu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. 
  • Menjaga kesehatan bibir, mulut, lidah dan mata.
  • Menjaga kesehatan kulit, rambut serta kuku. 

Vitamin B7

Selain vitamin B1 dan Vitamin B2, Vitamin B7 juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B7 ini bisa kamu konsumsi secara rutin dalam porsi yang cukup. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B7, misalnya kedelai, kuning telur hingga daging. Dalam mengkonsumsi vitamin B7 ini dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Namun, kamu harus memperhatikan cara pengolahan makanan tersebut, khususnya telur. Kamu tidak boleh mengonsumsi telur yang belum dimasak alias mentah. Konsumsilah telur dalam kondisi matang sempurna. Kamu bisa mendapatkan vitamin B7 dari gandum dan kuning telur.

Berikut fungsi vitamin B7 :

  • Dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara mengubah lemak dan protein karbohidrat menjadi energi bagi tubuh. 
  • Mengatur sinyal yang akan dikirimkan oleh sel
  • Mengatur aktivitas gen

Vitamin D

Selanjutnya, vitamin yang bisa kamu konsumsi guna untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah vitamin D. Dalam sebuah studi pada tahun 2011 lalu, ditemukan bahwa seorang dewasa yang mengalami obesitas mengkonsumsi kalsium dan vitamin D. Kemudian secara signifikan dirinya mengalami pengurangan berat badan tepatnya kehilangan lemak perut. 

Maka, dengan begitu dapat disimpulkan jika VItamin D, akan membantu proses pemecahan lemak dan sistmenmetabolsme yang lajunya mneingkat dari sebelumnya. Vitamin D bisa kamu dapatkan dari kuning telur, ikan, minyak ikan COD. 

Berikut fungsi vitamin D :

  • Membantu meningkatkan metabolisme kalsium dan fosfor.
  • Membantu menjaga kesehatan gigi, tulang dan otak
  • Menjaga kadar kalsium dalam darah.

Kalsium

Kalsium merupakan salah satu zat yang sangat penting dan berperan banyak dalam sistem metabolisme tubuh. Kalsium juga memiliki fungsi yang mengendalikan gula darah dan kepadatan tulang yang sehat dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian tahun 2010 lalu, menunjukkan bahwa asupan kalsium yang tinggi dan dikombinasikan vitamin D dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dan menurunkan berat badan.

Kalsium dibutuhkan bagi tubuh, dan harus memenuhi asupan sedari kecil. Kalisum bisa kamu dapatkan dari jenis makanans eprti Susu, Yogurt, Biji-bijian, sayuran berdaun hijau. 

Berikut fungsi Kalsium :

  • Meningkatkan metabolisme tubuh, dimana proses pembentukan hormon dan enzim yang mengatur pencernaan serta metabolisme tubuh.
  • Membantu transmisi antara sel saraf otak
  • Membantu penyembuhan luka dan kontraksi pada area otot
  • Menjaga kesehatan liver

Zat Besi

Selanjutnya ada zat besi yang memiliki peranan penting karena akan membawa oksigen pada sel darah menuju seluruh tubuh. Sehingga dalam sistem metabolisme zat besi dibutuhkan, karena untuk pertumbuhan dan kelancaran sistem metabolisme. Zat besi juga memiliki peranan dalam produksi beberapa hormon didalam tubuh. Maka, dengan memenuhi zat besi dalam tubuh akan membantu kamu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Kamu bisa mendapatkan zat besi dari makanan seperti daging, kacang polong, tahu, kedelai, sayuran berdaun hijau dan beras merah. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi baik dari makanan yang dikonsumsi atau jenis vitamin maupuns uplemen dapat membantu kamu untuk meningktakan metabolisme dengan baik.

Berikut fungsi Zat Besi : 

  • Pembentukan enzim untuk mengoptimalkan sistem metabolisme pada tubuh, sehingga mempercepat proses metabolisme. 
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak
  • Mengatasi anemia
  • Mengatur suhu tubuh

Magnesium

Magnesium menjadi salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sistem metabolisme atau produksi energi dalam tubuh. Magnesium merupakan salah satu mineral yang akan bertindak sebagai kofaktor lebih dari 300 enzim yang berfungsi untuk berbagai macam reaksi di dalam tubuh seseorang. Sehingga magnesium merupakan salah satu yang diperlukan dan bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme energi. 

Selain untuk membantu dan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, magnesium akan berperan dalam proses metabolisme dna menyimpan kalsium serta vitamin D. Kamu bisa mendapatkan magnesium dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, sawi dan lobak untuk memenuhi kebutuhan harian kamu. 

Demikian pembahasan mengenai jenis vitamin untuk membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan nutrisi lain dalam tubuh kamu dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik. Selain kamu dapat menjaga kesehatan, pencernaan dan penurunan berat badan juga bisa kamu dapatkan juga.

metabolismemetabolisme tubuh