10 Vitamin Penambah Darah Yang Bagus

Nesiaverse.com – Jika kamu memiliki keluhan kurang darah, maka wajib untuk mengetahui beberapa merk vitamin untuk penambah darah yang bagus. Vitamin penambah darah ampuh mengobati permasalahan kurang darah ataupun anemia. kurang darah dapat menimbulkan berbagai gejala, salah satunya adalah lesu dan cepat lelah, sakit kepala, pucat hingga membuat jantung berdebar. 

Permasalahan seperti anemia sendiri merupakan kali terjadi karena kondisi yang kekurangan nutrisi tertentu, misalnya kurangnya kandungan zat besi, vitamin B12, asam folat dan masih banyak lainnya. Sementara kurang darah, umumnya bisa terjadi ketika seseorang dalam masa kehamilan, menstruasi atau mengalami luka yang menyebabkan pendarahan. Nah, dengan mengonsumsi jenis vitamin tertentu, maka keluhan akibat anemia dapat dicegah dan diatasi sedari dini. 

Vitamin Penambah Darah Yang Bagus

Advertisment

Tubuh yang mudah lelah, sakit kepala hingga sulit berkonsentrasi merupakan beberapa gejala yang kerap kali terjadi ketika kamu kekurangan sel darah merah atau anemia. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya hingga kondisi yang lebih parah adalah dengan mengonsumsi vitamin penambah darah yang bagus. 

Advertisment

Sebelum kamu mengonsumsi jenis vitamin penambah darah, maka kamu harus mengetahui dan mengenali kandungan dalam vitamin atau suplemen yang berfungsi untuk penambah darah yang bagus. 

  • Suplemen Zat Besi: Kandungan zat besi yang terkandung di dalam daging merah, sayuran hingga makanan sehat lainnya dapat membantu proses pembentukan hemoglobin. Namun, umumnya hal yang perlu ditambah dengan suplemen untuk membantu memenuhi kadar dari zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi zat besi juga harus dengan dosisi yang tepat. Sehingga jika terlalu banyak mengkonsumsi zat besi akan berubah menjadi racun juga. Maka, konsumsilah dengan jumlah yang tepat. 
  • Vitamin: Vitamin C dan Vitamin B12 merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat membantu dalam proses pembentukan hemoglobin. Vitamin B12 ini berperan dalam membentuk sel darah merah, sementara vitamin B dapat membantu proses penyerapan serta penyimpanan zat besi di hati. 
  • Asam Folat: Vitamin B9, atau yang lebih dikenal dengan Asam folat ini memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Namun, dalam proses mengkonsumsi asam folat kamu harus berhati-hati, dimana hal ini dapat menimbulkan gejala alergi pada kulit. 

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa jenis kandungan-kandungan yang dapat menambah darah. Maka, berikut beberapa rekomendasi vitamin untuk penambah darah yang bagus dan dapat kamu konsumsi. 

Sangobion

Di urutan pertama vitamin penambah darah yang bagus dan dapat kamu konsumsi adalah Sangobion. Sangobion menjadi salah satu jenis obat penambah darah yang sudah sangat familiar dan dipercaya. Selain itu sangobion memiliki kandungan zat besi sebanyak 259 mg, selain itu kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B12 serta vitamin B9 atau asam folat memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan darah rendah. 

Sebelum kamu mengonsumsi sangobion, maka dianjurkan untuk melakukan konsultasi terhadap ahlinya terlebih dahulu. Khususnya, jika kamu memiliki alergi terhadap beberapa kandungan yang terdapat didalamnya atau memiliki kondisi medis tertentu seperti beberapa jenis tertentu. Kamu bisa mendapatkan Sangobion kapsul penambah darah ini dengan harga mulai dari Rp. 19.869

Hufabion

Hufabion adalah jenis multivitamin yang dapat membantu proses penyembuhan sekaligus pencegahan anemia. Hufabion memiliki kandungan 250 mg zat besi dan beberapa jenis mineral penambah darah di dalamnya, diantaranya mangan sulfat, tembaga sulfat, vitamin C, vitamin B12 serta asam folat. 

Vitamin satu ini juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Kamu juga dapat mengonsumsi multivitamin satu ini setelah melakukan donor darah, sehingga nantinya kamu akan terhindar dari gejala anemia juga. Multivitamin Hufabion ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 4.751. 

Blackmores Bio Iron Advanced 

Vitamin selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk penambah darah yang bagus adalah Blackmores Bio Iron Advanced . Vitamin satu ini memiliki formula zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengedarkan oksigen dan membantu untuk mengurangi gejala atau rasa kelelahan akibat kurangnya asupan zat besi yang cukup. Selain itu kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menambah darah , sehingga Blackmores ini juga cocok dikonsumsi untuk vegan dan tidak menimbulkan rasa mual dan sembelit pada pencernaannya. 

Sakatonik Liver Syrup

Selanjutnya ada Sakatonik Liver yang dapat dijadikan opsi lain obat penambah darah, selain Sangobion. Suplemen penambah darah satu ini diproduksi oleh Kalbe dan mengandung vitamin B1, B2, B5, B6 dan B12, kalsium fosfat, Mangan Sulfat dan Folic Acid yang dapat membantu pemulihan kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Sakatonik Liver Syrup ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 29.300. 

Tonikum Bayer

Tonikum bayer, selain dapat membantu proses penyembuhan anemia, Tonikum bayer juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Tonikum Bayer ini hadir dengan rasa tutti frutti yang aman memiliki kandungan pemanis buatan, vitamin satu ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa dengan kadar dosis yang telah ditentukan, yang mana bisa kau lihat dari kemasannya atau tata caranya. 

Nutrilite Kids Chewable Iron

Jika yang mengalami kurang darah atau anemia adalah si kecil, maka kamu merekomendasikan Nutrilite, yang amans ebgai salahs atu asupan tambahan atau vitamin yang memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan Nutrilite Kids Chewable Iron ini memiliki kandungan 3,76 mh zat besi pada tiap tablet, suplemen penambah darah ini dapat dikonsumsi dari umur 1 tahun. Kamu tidak perlu khawatir dengan rasa pahit dari obatnya, korea Nutrilite ini memiliki rasa vanilla pada setiap tablet kunyahnya. Kamu bisa mendapatkan Nutrilite Kids Chewable Iron ini dengan harga Rp. 153.000. 

Green World Spirulina Plus

Spirulina plus merupakan salah satu pilihan yang dapat dikonsumsi oleh kamu yang seorang vegan. Dengan menggunakan spirulina atau ganggang hijau air tawar ini, kandungan phycocyanin dan phytonutrisi ini dapat membantu sumsum tulang belakang dengan memproduksi sel-sel darah merah di dalamnya. 

Selain itu Green World Spirulina plus juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu obat untuk penambah darah, Spirulina plus juga dapat mengatasi permasalahan lambung, hipertensi, diabetes, penyakit liver hingga permasalahan dalam pencernaan. 

Feroglobin Syrup

Kemudian ada Feroglobin Syrup, yang mana vitamins atu ini bisa menjadi salah satu asupan obat untuk penderita anemia yang memiliki rasa madu, jeruk, malt swiss. Feroglobin syrup ini dapat dikonsumsi mulai dari anak dengan usia 3 tahun, tidak hanya itu Feroglobin juga cocok dikonsumsi oleh para vegan. Hal ini dikarenakan tidak terdapat kandungan gluten di dalamnya. 

Feroglobin syrup ini memiliki kenangan vitamin B kompleks, Zinc dan mineral penting lainnya yang dapat membantu untuk menjaga sistem daya tahan tubuh kemudian dapat membantu untuk hemoglobin di dalam darah

Iberet Folic 500 mg Tablet

Iberet Folic 500 mg Tablet merupakan vitamin yang memiliki kenangan 525 mg zat besi, kandungan Iberet Folic juga dilengkapi dengan berbagai sumber vitamin dan mineral lainnya, misalnya vitamin B kompleks, vitamin C hingga asam folat yang mampu mendukung proses penyerapan dari zat besi. 

Selain itu obat penambah darah ini tidak hanya dapat membantu untuk mengobati keluhan penderita anemia saja, namun juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B harian. Karena tergolong obat-obatan bebas. Sehingga kamu bisa mendapatkannya di apotik tanpa menggunakan resep dokter. Konsumsilah sesuai dosisi pemakaian yang berada di kemasannya

Ferlin Drops 30 mL

Terakhir ada vitamin Ferlin zat besi dalam bentuk drops ini, yang aman dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan zat besi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan mengikuti aturan penggunaannya, maka kamu dapat menyesuaikan usia ya mulai dari 1 tahun hingga 2 tahun sebanyak 1.6 mL, semnetara 6 bulan hingga 12 buan adalah 1,2 mL, kemudian dibawah 6 bulan sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis vitamin yang dapat menjadi penambah darah yang bagus jika dikonsumsi. Dengan memenuhi asupan seperti suplemen atau vitamin, maka akan dengan mudah membantu kamu untuk mendapatkan tekanan darah yang normal kembali, dan kamu dapat beraktivitas tanpa terganggu dengan kondisi atau dampak dari darah rendah atau anemia yang kamu alami.

darahvitamin