10 Usahaku Untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa

Nesiaverse.com – Burung elang jawa yang terkenal namun spesies burung ini yang ternyata hampir punah dengan berbagai faktor penyebabnya, untuk mengatasinya kamu bisa dengan mengetahui usahaku untuk ikut melestarikan elang jawa dengan menyimak ulasannya disini.

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi mendengar jenis burung elang yang satu ini, karena memang burung elang sendiri merupakan jenis burung yang sangat mudah dikenali dan sangat populer, bahkan burung elang juga kerap dijadikan sebagai simbol kekuatan dan juga kecepatan dan lambang Negara Indonesia yaitu burung garuda.

Tidak hanya itu saja burung elang juga yang memiliki peran penting dalam ekosistem yaitu sebagai predator puncak yang berarti burung elang ini berperan dalam jasa lingkungan, terutama di dalam proses mengatur siklus ekologi atau rantai makanan.

Advertisment

Dimana burung elang sendiri memiliki tubuh yang besar dan juga sayap lebar membentang pada saat terbang yang menjadi ciri khas burung elang, spesies burung elang yang memiliki ukuran tubuh sedang dan biasanya mereka hidup di hutan alami Pulau Jawa.

Sekarang ini keberadaan burung elang jawa ini dilindungi karena populasinya yang semakin lama semakin menurun dan bahkan terancam punah, dilansir dari jurnal Menteri Kehutanan yang berjudul Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Elang Jawa yang menyatakan bahwa jumlah populasi burung elang dari tahun 2013 hingga 2022 yang diperkirakan sekitar 200 ekor saja.

Advertisment

Oleh karena itu sangat perlu adanya sikap peduli dan juga kesadaran dari masyarakat agar burung elang jawa ini bisa dilestarikan dan tidak punah, nah berikut ini kita yang akan membahas mengenai dengan burung elang dan juga usahaku untuk ikut melestarikan elang jawa.

Oleh karena itu agar kamu mengetahui dengan beberapa upaya atau usaha dalam melestarikan burung elang jawa, maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Usahaku Untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa

Burung elang jawa adalah salah satu jenis atau endemik predator yang berasal dari Pulau Jawa, dimana burung ini yang memiliki bulu yang indah berwarna gelap yaitu putih, coklat dan juga hitam, tetapi sayangnya burung elang jawa ini terancam punah akibat adanya bencana alam dan juga kegiatan manusia.

Dimana melansir dari jurnal Studi Perkembangan Perilaku Burung Elang Jawa di Pusat Rehabilitasi Suaka Elang Bogor yang telah disusun oleh Haris Gunawan yang menyatakan bahwa hewan burung elang menjadi salah satu hewan yang dilindungi.

Hal tersebut telah tercantum juga dalam Peraturan Pemerintah No.7 pada Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, bahkan selain itu juga berdasarkan dengan kriteria International Union for Conservation of Nature (IUCN), burung elang jawa yang termasuk dalam Check List of Threatened Bird Species dengan kriteria terancam punah atau Endangered.

Terdapat beberapa penyebab kepunahan burung elang jawa, yaitu diantaranya adanya perburuan liar, bencana alam, perusak habitat burung elang jawa, perdagangan, pembukaan lahan berlebihan, penebangan dna juga pembakaran hutan yang secara liar.

Terdapat beberapa usahaku untuk ikut melestarikan burung elang jawa yang dilakukan yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Dengan tidak memelihara burung elang jawa sebagai koleksi pribadi karena burung elang jawa habitat aslinya yaitu di alam terbuka.
  2. Dengan merawat dan juga menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap asri dan hijau, jika lingkungan di sekitar kita rusak maka hal ini bisa menyebabkan banjir dan juga longsor yang berakibat rusaknya habitat asli burung elang jawa.
  3. Dengan menimbulkan kesadaran kepada teman-teman untuk selalu menjaga dan melestarikan keberadaan burung elang jawa dengan melalui diskusi.
  4. Dengan tidak memburu burung elang jawa untuk kesenangan pribadi seperti memiliki hobi menembak.
  5. Dengan menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu liar burung elang jawa.
  6. Dengan mengumpulkan dana bersama dengan teman-teman seikhlasnya.
  7. Dengan mencegah perjual belikan burung elang jawa dan melaporkan jika ada atau menemukan perjual belian burung elang jawa ke pihak berwenang.
  8. Dengan menjaga habitat tempat hidup burung elang jawa, agar habitatnya tidak rusak dan tidak semakin berkurang burung elang jawa.
  9. Dengan melaporkan kepada pemerintah jika ada perluasan lahan yang dapat mengganggu habitat asli burung elang jawa.
  10. Dengan membantu pemerintah dalam usaha untuk melestarikan burung elang jawa dengan turut serta dalam mengawasi keberadaan burung elang jawa di sekitar kita.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa upaya atau usahaku untuk ikut melestarikan burung elang jawa yang bisa kalian ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba menerapkan beberapa usaha tersebut dengan baik agar burung elang jawa tetap ada tidak punah.

elang jawa