Ukuran Kartu ATM Sesuai Standar Dalam CM

Nesiaverse.com – Untuk sekarang ini tentunya sudah banyak orang yang menggunakan kartu ATM dan tentunya telah menyimpan berbagai jenis kartu di dompet, namun apakah kamu tahu ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak ulasan berikut ini.

Tetapi sebelum mengetahui ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm ada baiknya untuk kamu mengetahui definisi dan juga manfaat dari kartu ATM yang satu ini dalam melakukan transaksi, dimana kartu ATM ini yang merupakan salah satu alat pembayaran untuk melakukan penarikan tunai atau transfer dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun untuk manfaatnya dari kartu ATM ini yaitu akan memudahkan dalam berbagai transaksi dengan melalui mesin ATM seperti melakukan penarikan tunai hingga dengan melakukan transfer antar rekening bank, dengan memiliki bentuk yang tipis sehingga pengguna bisa membawa kartu tersebut kemanapun dengan mudah.

Advertisment

Dengan hadirnya kartu ATM yang memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi sehingga lebih cepat dan praktis dan itu juga tentunya mempunyai ukuran standar yang telah ditentukan oleh pemerintah, walaupun hal ini yang terbilang sepele ternyata untuk mengetahui ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm ini sangat penting untuk dipahami bersama.

Dimana dengan ditetapkannya ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm bukan tanpa alasan, sehingga untuk lebih mengetahui lebih dalamnya bisa dengan simak pembahasan dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Ukuran Kartu ATM Sesuai Standar Dalam CM

Walaupun untuk mengenai ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm ini yang tidak mempengaruhi dengan proses transaksi, namun tidak ada salahnya juga jika kamu ingin mengetahuinya, mungkin saja dengan mengetahui informasi mengenai ukuran kartu ATM ini yang berguna dan diperlukan pada saat waktu tertentu.

Tanpa kamu sadari bahwa kartu ATM dari berbagai jenis bank yang memiliki ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm yang sama baik itu untuk kartu ATM milik negara maupun swasta, hal ini dikarenakan berbagai bank yang mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO).

Dimana International Standard Organization (ISO) yang merupakan salah satu badan penetap standar internasional, adapun untuk standar yang telah ditetapkan oleh ISO yang diantaranya ada ukuran kartu telepon atau SIM Card, ukuran kertas , jenis film fotografi dan juga termasuk dengan kartu ATM Bank.

Di Indonesia untuk ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm yaitu kartu ATM dengan mempunyai panjang 8,56 CM dan lebar 5,39 CM, dimana jika kamu perhatikan lebih rincinya untuk ukuran kartu ATM ini yang sebenarnya sama dengan ukuran kartu KTP.

Hal ini karena kedua kartu ATM dan KTP ini yang mengikuti dengan standar ISO 7810 yang lebih tepatnya format ID-1, dengan inilah mengapa untuk menentukan ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm yang tidak bisa sembarangan.

Karena dalam pembuatan kartu ATM yang terdapat standar yang telah disepakati dan juga berlaku secara nasional dan juga internasional, dimana untuk jenis format yang sesuai dengan standar ISO 7810 ini yang terdapat 4 jenis dan pada setiap format yang telah diterapkan sesuai dengan jenis kartu atau dokumen.

Dimana untuk ID-1 ini digunakan untuk ukuran kartu ATM dan juga KTP yang umum ditemui di Indonesia dan untuk format ID yang lainnya akan berbeda, format IS-2 yang diterapkan untuk kartu VISA dan kartu identitas beberapa negara di luar negeri.

Sementara untuk format ID-3 yang umum ditemukan pada paspor dan untuk format yang terakhir yaitu format ID-000 yang digunakan pada kartu SIM Card HP, walaupun hal ini sangat sepele namun kamu perlu mengetahui.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai ukuran kartu ATM sesuai standar dalam cm yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kartu atmukuran kartu atm