Tips Pendaki Guntung Wanita Untuk Pemula

Nesiaverse.com – Untuk para wanita yang memiliki hobi traveling atau mungkin suka dengan kegiatan yang menantang dan memacu adrenalin atau untuk kamu yang suka dengan keheningan mungkin mendaki gunung menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu coba, namun jika kamu merupakan pemula maka bisa simak beberapa tips untuk pendaki gunung pemula wanita dibawah ini.

Mendaki gunung yang menjadi salah satu cara untuk healing atau mengurangi beban pikiran khususnya untuk bisa mendekatkan diri dan juga merasakan keindahan alam, dimana mendaki gunung yang tidak hanya digemari oleh pria tetapi banyak juga perempuan yang menjadikannya sebagai pilihan hobi.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap jika mendaki gunung sangatlah menyeramkan, namun mendaki gunung tidak akan semenyeramkan seperti yang kamu bayangkan jika kamu memilih ketinggian gunung yang sesuai dengan kemampuan.

Advertisment

Untuk pemula yang lebih baik memilih ketinggian gunung dibawah 3000 mdpl, waktu perjalanan yang tidak mepet atau tergesa-gesa dan juga sudah memiliki persiapan yang matang, untuk kamu yang ingin tahu tips untuk pendaki pemula wanita bisa simak ulasan di bawah ini.

Tips Pendaki Guntung Wanita Untuk Pemula

Advertisment

Untuk mendaki wanita yang khususnya untuk pemula tentunya perlu memperhatikan dan juga memahami dengan beberapa hal sebelum melakukan kegiatan mendaki gunung, dan hal ini perlu diketahui agar perjalanan eksplorasi alam bisa dilakukan tetap aman dan menyenangkan walaupun banyak rintangannya.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk pendaki pemula wanita yang bisa kamu ketahui dan pahami agar kegiatan mendaki gunung tetap aman dan juga menyenangkan yaitu sebagai berikut:

Yakin

Hal yang pertama kali yang perlu kamu lakukan yaitu kamu harus meyakinkan diri kamu sendiri, jangan sampai ada sedikitpun memikirkan hal yang aneh-aneh atau yang negatif lainnya sebelum memutuskan untuk mendaki gunung, setelah kamu yakin dengan diri sendiri maka selanjutnya kamu bisa meyakinkan orang tua.

Mempersiapkan Fisik

Sebelum mendaki gunung sebaiknya seminggu sebelum mendaki kamu hendaknya untuk melakukan olahraga ringan yang secara rutin setiap hari nya, dan pastikan jangan mendaki pada saat datang bulan karena hal ini tidak baik dari segi kesehatan dan juga akan membuat kamu menjadi tidak nyaman.

Membawa Teman yang Sudah Berpengalaman

Tips untuk pendaki pemula wanita yaitu dengan mengajak atau membawa teman laki-laki yang kamu percaya yang memiliki pengalam mendaki untuk memandu kamu dalam mendaki gunung tersebut agar tetap aman.

Memilih Gunung yang Sesuai dengan Kemampuan

Untuk pemula lebih baik untuk memilih gunung dengan jalur pendakian yang tidak terlalu ekstrem atau yang santai, dimana kamu bisa dengan memilih gunung dengan memiliki ketinggian sekitar 1000 – 2000 mdpl dengan memiliki jalur yang ringan dan mudah.

Selalu Menjaga Higienitas

Higienitas yang merupakan salah satu hal yang sangat penting yang perlu dijaga oleh wanita dan khususnya pada bagian intim pada saat melakukan mendaki gunung, hal yang sederhana bisa dilakukan pendaki perempuan agar tetap higienis yaitu dengan mengganti pakaian dalam sebelum tidur dan juga membasuh organ intim menggunakan air bersih.

Membawa Barang Seperlunya

Jangan membawa barang yang terlalu banyak sehingga membuat kamu keberatan untuk membawanya karena carrier yang terlalu berat pada saat mendaki, sehingga dengan begitu kamu  bawa barang-barang yang diperlukan saja pada saat akan mendaki.

Memastikan Peralatan Mendaki Sudah Lengkap

Mungkin untuk pendaki pemula masih bingung barang yang perlu dibawa dimana untuk peralatan mendaki yang dibagi dua yaitu peralatan pribadi dan kelompok, untuk peralatan pribadi seperti baju ganti, tisu basah, pembersih wajah, sleeping bag, matras obat pribadi, cemilan dan yang lainnya, sedangkan untuk peralatan kelompok yang meliputi tenda, logistik, alat masak dan juga yang lainya.

Memilih Pakaian yang Tepat

Pada saat akan mendaki gunung sebaiknya untuk menggunakan pakaian yang menyerap keringat tetapi mampu untuk menangkis udara dingin, jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan dan jaket dan kamu bisa memilih pakaian yang tepat yang membuat kamu nyaman dan aman.

Mungkin hanya itu saja beberapa tips untuk pendaki pemula wanita yang bisa kamu perhatikan dan bisa kamu contoh untuk mendaki gunung untuk pemula agar tetap menyenangkan dan aman, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba.

pendaki gunungpendaki gunung wanita