Timun Termasuk Buah atau Sayur?

Nesiaverse.com – Tidak hanya jagung, timun juga menjadi perdebatan termasuk buah atau sayur? Timun seringkali dianggap sebagai buah tetapi memang tidak jarang dikategorikan sebagai sayur juga. Hal ini dikarenakan ada yang menganggap timun sayuran ada juga yang sayuran. 

Jika kamu melihat atau makan timun, tentunya tidak jarang timbul pertanyaan terkait timun itu termasuk jenis sayuran arab buah-buahan. Timun memang seringkali dijadikan menu salah satu lalapan, seperti dicocol dengan sambal terasi dengan rasa yang lezat. 

Selain itu timun juga sering sekali dianggap sebagai salah satu lapangan di warung pecel lele bersamaan dengan kol dan sayuran lainya. Jadi, sebenarnya timun ini masuk kategori sayuran atau buah? Untuk mengetahuinya kamu dapat mengikuti artikel kami. 

Advertisment

Timun Termasuk Buah atau Sayur?

Advertisment

TImun sama seperti tomat dan terong merupakan salah satu bahan makanan yang sering kali dikonsumsi sehari-hari, khususnya oleh orang di Indonesia. Orang juga menyebutnya sayur, tapi ada juga yang menganggap timun, tomat dan terong ini sebagai buah. 

Karena faktanya, ada beberapa jenis atau kriteria yang membedakan antara jenis buah dan sayur, kriteria ini bisa menjadi jawaban apakah timun termasuk jenis buah atau sayur?

Selain itu penjelasan para pakar atau ahli mengenai hal ini memang cukup menarik untuk disimak, khususnya untuk membantu membuka wawasan kamu mengenai perbedaan dari buah dan sayur. Sehingga timun ini sebenarnya termasuk buah atau sayur?

Jika dikutip dari reader’s Digest, buah dan sayuran memiliki arti yang berbeda untuk berbagai orang. Namun, memang kebanyakan orang mengklasifikasikan berdasarkan rasa, Dimana buah identik dengan rasa mais semantara sayuran identik dengan gurih.

Lalu, adanya kriteria kedua yang amna kerap digunakan sebagai bahan makanan tertentu. Buah sendiri umumnya dijadikan dessert atau makanan manis, seperti kue, selai, jelly, puding. Sementara sayuran akan dijadikan makanan gurih seperti sayuran sup, tumis hingga sandwich.

Sementara dari sisi ilmu pengetahuan, buah-buahan merupakan struktur reproduksi yang cukup matang dan dapat dimakan, yaitu ovarium dari tanaman berbunga. Buah yang mengandung bijih ini merupakan cara untuk membantu penyebaran juga. 

Sementara di sisi lain, sayuran dalam daun, batang, akar, pucuk, hingga bagian lain dari tanaman yang dapat kamu konsumsi atau makan. Untuk menjawab timun merupakan jenis buah atau sayuran kamu dapat menggunakan 2 pendekatan. 

Dua pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan dari sisi botani, dimana timun tergolong jenis buah karena berkembang melalui proses pembuahan bunga dan memiliki kandungan biji. 

Selain itu, timun juga sebenarnya bagian dari keluarga buah berry karena tumbuh daris atu bunga dan hanya memiliki satu sel telur. Namun, timbul bukanlah melon, meskipun timun dapat dikombinasikan dengan melon dalam beberapa jenis masakan. 

Kemudian pendekatan kedua, yaitu dari sisi kuliner dimana timun tergolong jenis sayuran karena memiliki rasa yang gurih dan digunakan dalam masakan. Misalnya seperti acar dan salad, dimana pemahaman timun adalah sayuran ini sudah diyakini oleh ahli kuliner di seluruh dunia, berabad-abad. 

Timun sendiri memang kerap jadi bagian makanan utama, bukan sebagai makanan penutup yang identik dengan rasa buah dan rasa manik. Sementara di supermarket timun juga dipajang di lorong satuaran bersama tomat, daun bawang dan sayuran lainnya.

Jadi, dari penjelasan diatas timun termasuk buah atau sayur? Nah, perspektif budaya dan kuliner timun adalah termasuk jenis sayur. Selain itu timun juga memiliki tekstur yang keras dan rasa hambar, meskipun timun dapat dinikmati mentah-mentah namun karena fisiknya yang mirip sayur juga. 

Ciri-ciri sayuran : 

  • Memiliki tekstur yang keras
  • Rasa yang cenderung hambar
  • Terkadang harus dimasak

Ciri-ciri Buah :

  • Memiliki tekstur yang lembut
  • Memiliki rasa yang manis atau bahkan asam
  • Tidak bisa diamati mentah-mentah

Bahkan berdasarkan ciri-ciri tersebut, maka timun cenderung masuk ke deretan sayuran. Nah, demikian pembahasan mengenai pertanyaan jika timun ini termasuk buah atau sayuran? Sesuai penejlasan diatas, dimana timun cenderung masuk dalam kategori sayuran. 

Sehingga dengan begitu kamu dapat lebih menikmati timun sebagai sayuran dan dapat kamu olah sesuai dengan kebutuhan dan koridor sayuran juga. 

timun