6 Tanaman Yang Tidak Disukai Kucing

Nesiaverse.com – Apa aja sih tanaman yang tidak disukai kucing? Membuatnya langsung menghindari dari tanaman tersebut. Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait tanaman yang tidak disukai kucing.

Fakta mengenai tanaman yang bisa mengusir kucing karena tidak suka dengan baunya ternyata ada, lho! Tanaman yang biasa kamu tanam dan dijadikan hiasan bahkan aromanya yang enak untuk kamu hirup, tapi sebaliknya dengan kucing mereka akan menghindari tanaman itu.

Memang penciuman manusia dengan kucing sangat berbeda yang dimana menurut kamu itu aromanya bikin nyaman dan wangi, namun untuk kucing malah aroma itu membuatnya tidak nyaman dan baunya yang sangat pekat menusuk hidungnya, bahkan sampai pusing dibuatnya.

Advertisment

Lalu apa saja tanaman itu? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi mengenai tanaman yang tidak disukai kucing. Jadi simaklah ulasannya dibawah ini dengan seksama agar mudah untuk kamu pahami dengan baik!

Tanaman Yang Tidak Disukai Kucing

Advertisment

Kucing dikenal dengan menyukai tumbuhan catnip yang berguna untuk stimulan kucing dikala mereka sedang merasa bosan. Dengan cara menaburkan atau menggosokan catnip pada mainannya atau tempat-tempat yang biasa dijadikan tempat mainnya.

Hal itu berguna untuk memancing kucing yang sedang bosan atau jenuh untuk menghibur dirinya sendiri dikala sedang kesepian. Selain itu aroma dari catnip juga bisa meredakan stres dan menenangkan kucing kamu yang sedang mengalami depresi.

Tapi ternyata ada juga tanaman yang tidak disukai kucing, lho! Walaupun kucing menyukai tanaman catnip, namun ada juga beberapa tanaman yang mereka hindari dan tidak begitu menyukai nya karena alasan tertentu yang mungkin membuat kucing gak nyaman.

Seperti yang kamu ketahui bahwasannya kucing memiliki indera penciuman yang tajam dan sangat sensitif. Jadi mungkin ada juga beberapa alasan mengapa kucing tidak menyukai tanaman tersebut karena baunya menyengat, seperti tanaman-tanaman berikut:

Lavender

Tumbuhan satu ini memiliki wujud yang sangat cantik dengan bunganya yang berwarna ungu, membuat kamu pastinya terpukau saat melihat tanaman satu ini, yaitu lavender. Aromanya yang sangat harum dan menenangkan cocok untuk dijadikan aroma terapi dikala kamu sedang stres. Tapi ternyata lavender itu tumbuhan yang tidak disukai kucing.

Walau untuk kamu wangi lavender itu sangat enak, namun untuk kucing itu sebaliknya. Karena kucing memiliki penciuman yang tajam, sehingga aroma yang dihasilkan dari lavender ini cukup menyengat untuknya. Selain itu tumbuhan satu ini sangat beracun untuk si kucing, lho! Maka dari itu sebisa mungkin perhatikan agar kucing tidak sampai memakan bunga lavender.

Lemon Thyme

Lemon thyme adalah tanaman tahunan pembentuk tikar beraroma lemon, dengan bentuk daunnya yang sangat unik dan memiliki aroma jeruk manis. Tanaman satu ini merupakan tanaman yang tidak disukai kucing, walaupun wanginya yang manis dan bentuknya yang lucu tapi bagi kucing itu sangat mengganggu indra penciumannya.

Aroma yang cukup kuat yang dapat membuat kucing tidak nyaman mencium aroma nya, ternyata berbahaya juga bagi kesehatannya. Apalagi jika sampai tertelan atau dimakan dapat menyebabkan gangguan pencernaan si kucing. Hindarilah dari tanaman ini agar tidak sampai termakan atau terhirup dalam waktu yang lama oleh si kucing.

Geranium

Geranium merupakan tumbuhan yang memiliki aroma jeruk dan mawar, mereka juga termasuk tumbuhan yang memiliki macam-macam warna cantik seperti ungu, merah, pink dan warna cantik lainnya. Tumbuhan ini juga bisa tumbuh dimana saja seperti di semak-semak seperti halnya tanaman liar. Fakta menariknya ternyata geranium tidak disukai oleh kucing.

Karena memiliki aroma yang menyengat seperti aroma jeruk yang tidak disukai kucing, bahkan ada beberapa juga jenis tanaman geranium yang memiliki aroma tidak sedap untuk dihirup. Seperti yang kamu tahu bahwa kucing memiliki penciuman yang sensitif, jadi kucing tidak menyukai aroma yang begitu pekat berbau seperti jeruk ini.

Merasa terganggu dan tidak nyaman bahkan bisa membuat kucing merasa pusing dan mual kalau menghirupnya terlalu lama. Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengusir kucing liar secara alami tanpa perlu menggunakan kekerasan, lho! Cukup menanam geranium di depan rumah, kucing tidak akan mau menginjakkan kakinya ke rumah kamu lagi.

Pennyroyal

Pennyroyal masih termasuk kedalam tumbuhan dari keluarga mint atau bisa disebut dengan Mentha pulegium dan ternyata tanaman ini tidak disukai oleh kucing karena aroma mint nya yang menyengat mengganggu penciumannya bahkan membuat mata kucing berair karena efek mint atau menthol yang dihasilkan dari pennyroyal.

Selain itu tumbuhan ini juga bisa bermanfaat dan menjadi senjata andalan untuk mengusir serangga, termasuk untuk mengusir kucing juga secara alami. Jika kamu memiliki tumbuhan ini di rumah kamu, pasti akan sangat jarang ada kucing yang berani masuk atau mendekati area yang ada tanaman pennyroyal.

Namun, harus kamu ketahui bahwa minyak yang dihasilkan dari tanaman pennyroyal ini dapat beracun bagi manusia maupun hewan, termasuk kucing. Jadi hati-hati untuk tidak sampai memakan atau meminum minyak pennyroyal ini secara langsung, karena akan sangat berbahaya.

Coleus Canina

Coleus Canina merupakan tumbuhan yang cukup unik dan ditakuti atau tidak disukai oleh anjing bahkan kucing juga tidak menyukai nya. Baunya yang sangat tidak sedap dan luar biasa semerbak, membuat kucing tidak nyaman bahkan bisa mengganggu indra penciumannya. Sampai-sampai membuat kucing takut terhadap tanaman coleus canina ini.

Uniknya lagi tanaman coleus caccini ini akan mengeluarkan bau yang lebih menyengat lagi bahkan lebih parah saat tanaman ini disentuh atau diganggu oleh hewan liar. Tumbuhan ini dapat mengeluarkan bau yang cukup mengganggu pernafasan jika dihirup oleh kucing apalagi kalau sampai disentuh olehnya.

Serai

Serai atau sereh adalah tumbuhan yang biasa dijadikan aroma penyedap masakan oleh para ibu-ibu rumah tangga. Membuat masakan menjadi lebih harum dan nikmat, sereh juga sangat bermanfaat dan cukup efektif untuk mengusir serangga atau nyamuk, lho! Selain itu ternyata kucing juga tidak menyukai tanaman serai karena aromanya yang menyengat.

Aroma yang terdapat pada serai biasanya beraroma seperti jeruk namun tidak begitu pekat atau hanya samar-samar saja aroma jeruknya. Memang untuk manusia aroma serai itu tidak begitu mengganggu, tapi untuk kucing dan serangga aroma serai itu sangat mengganggu penciumannya dan bisa membuat kucing pusing jika terlalu lama menghirup aromanya.

Itulah beberapa tanaman yang tidak disukai kucing, mungkin perlu untuk kamu ketahui untuk menghindarkan kucing-kucing peliharaan kesayangan kamu dari tanaman-tanaman tersebut agar tidak mengganggu atau membuat mereka tidak nyaman berada didekat tanaman tersebut.

Kamu juga bisa manfaatkan untuk mengusir kucing liar, tanpa perlu menyakiti mereka dengan menanam tanaman tersebut di teras rumah atau di dekat jendela-jendela rumah kamu agar tidak datang lagi atau masuk sembarangan ke rumah. Good Luck semoga membantu.

kucingtanaman