Suhu Normal Kucing Sehat dan Sakit

Nesiaverse.com – Tidak hanya manusia saja yang memiliki suhu tubuh, tetapi kucing sebagai hewan atau sesama makhluk hidup pun memiliki suhu tubuh mereka tersendiri. Karena suhu tubuh itu berguna untuk mengetahui kondisi makhluk hidup apakah sedang sakit atau normal.

Tentu saja manusia dan kucing memiliki suhu tubuh yang berbeda, bisa saja pada manusia suhu tubuh normal mereka adalah suhu abnormal pada kucing. Faktanya suhu normal kucing sehat dan sakit itu bisa dibedakan sama halnya dengan manusia, hanya saja tidak sama rata.

Mungkin pada kasus kucing kamu sedang mengalami demam bisa diketahui dengan mudah hanya menggunakan termometer untuk mengecek sampai berapa derajat suhu tubuh mereka ketika sedang sakit atau dalam kondisi sehat dengan keadaan suhu yang normal dan stabil.

Advertisment

Lalu kalau begitu berapa derajat suhu normal kucing sehat dan sakit? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait suhu normal kucing ketika mereka dalam kondisi sehat dan ketika dalam kondisi sakit. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Suhu Normal Kucing Sehat dan Sakit

Advertisment

Kucing merupakan hewan yang cukup aktif sekali dalam melakukan aktivitasnya, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Kucing senang sekali berburu hewan pengerat seperti tikus, atau serangga dan cicak. Biasanya mereka berburu untuk kesenangan saja atau sebagai hobi.

Karena kucing seringkali terpapar radikal bebas ketika bermain dan berburu di luar ruangan, hal ini membuat kucing rentan sekali terkena penyakit sehingga membuatnya menjadi sakit. Memang saat kucing sedang sakit akan cukup sulit untuk kita ketahui kondisi atau gejalanya.

Terkadang kamu sebagai pemiliknya bahkan tidak menyadari sedikitpun kalau kucing sedang sakit. Penting sekali untuk kamu ketahui atau kenali ciri dan tanda saat kondisi kucing sedang tidak baik-baik saja. Nah, berikut ada beberapa ciri atau tanda kucing sedang sakit yaitu:

  • Kucing menjadi lebih lemas, lesu dan tidak berdaya
  • Nafsu makan jadi menurun atau sulit untuk makan
  • Lebih sering tidur dan cenderung lebih pasif atau tidak aktif seperti biasanya
  • Merasa kesakitan di area tubuh tertentu
  • Suhu tubuh naik atau demam

Ciri atau tanda yang akan dibahas kali ini adalah mengenai suhu tubuh kucing. Suhu tubuh kucing yang normal atau sehat pastinya lebih stabil, sedangkan suhu tubuh kucing ketika sedang sakit akan mengalami perubahan drastis baik itu lebih panas atau naik dan turun.

Dilansir dari VCA Hospitals, kisaran suhu tubuh normal pada kucing yaitu 38,1 – 39,2 derajat C untuk kondisi suhu tubuh kucing yang sehat. Jika kucing sakit atau demam, suhunya bisa mencapai 39,7 – 41,1 derajat C dan untuk suhu di bawah 37,2 derajat C perlu kamu waspadai juga kemungkinan kucing mengalami hipotermia.

Ternyata tidak hanya demam saja yang perlu kamu waspadai, namun menurunnya suhu tubuh pada kucing pun harus kamu waspadai. Karena suhu yang terlalu rendah kemungkinan dapat menyebabkan kucing mengalami hipotermia dengan gejala menggigil, lemas, bahkan pingsan.

Kucing yang terkena hipotermia biasanya ditandai dengan suhu tubuh menurun antara 32 – 35 derajat C (untuk hipotermia ringan), 28 – 32 derajat C (untuk hipotermia sedang), dan 28 derajat C (untuk hipotermia akut). Hipotermia terjadi ketika tubuh kucing sudah tidak mampu lagi mempertahankan suhu normalnya, sehingga berakibat depresi sistem saraf pusat (SSP).

Buat kamu yang ingin senantiasa selalu mengetahui atau mengecek suhu tubuh pada kucing, bisa gunakan termometer digital atau termometer rektal. Termometer digital bisa kamu gunakan dengan cara memasukan termometer pada bagian telinga kucing dan harus dekat dengan gendang telinga untuk bisa membaca suhunya secara efektif atau lebih akurat.

Sedangkan untuk termometer rektal caranya adalah dengan memasukan termometer ke area rektum kucing atau dubur, tapi sebelum itu kocok termometer sampai titik suhu 0 lalu lumasi terlebih dahulu ujung termometer sebelum dimasukkan ke dalam rektumnya menggunakan petroleum jelly. Supaya bisa masuk dengan mudah tidak seret karena sudah dilumasi jelly.

Itulah penjelasan singkat mengenai suhu normal kucing sehat dan sakit, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Supaya kamu bisa mengenali berapa suhu normal untuk kucing yang sehat dan suhu abnormal bagi kucing yang sedang sakit agar kamu langsung sigap memberi perawatan.

Pastikan untuk selalu menjaga suhu tubuh kucing agar tetap stabil dengan memberikan tempat tinggal yang hangat dan nyaman, terutama saat musim dingin. Kamu harus bisa menyesuaikan suhu ruangan sesuai keadaan cuaca agar suhu kucing stabil. Good Luck semoga membantu.

kucingsuhu kucing