Apakah Singkong Bagus Untuk Diet?

Nesiaverse.com – Singkong yang dipercaya memiliki nutrisi didalamnya lebih baik ketimbang nasi putih, ada pertanyaan apakah singkong bagus untuk diet? Tentu saja hal ini sangat penting harus diketahui terutama untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Kamu pernah mendengar menerapkan diet singkong yang ternyata sudah banyak orang yang mencobanya, sehingga tidak heran jika muncul pertanyaan seperti itu karena untuk memastikan bahwa singkong tersebut apakah beneran bagus untuk diet atau tidaknya.

Nah untuk mengetahui jawabannya kamu bisa dengan simak ulasan dibawah ini yang akan kita bahas bersama, sehingga dengan begitu yuk simak penjelasannya dengan seksama.

Advertisment

Apakah Singkong Bagus Untuk Diet?

Advertisment

Untuk kamu yang ingin mendapatkan karbohidrat komplek menyenangkan dan juga rasanya lezat tanpa harus diberikan bumbu maka bisa dengan memilih singkong, singkong atau umbi yang berwarna putih ini mempunyai rasa gurih alami dan juga relatif mudah ditemukan.

Karena memang singkong yang banyak ditanam oleh petani bahkan para warga sehingga akan lebih mudah untuk menemukannya, singkong yang tidak hanya itu saja singkong mempunyai kadar gula dan juga rendah kalori sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Bahkan singkong yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti nasi putih, singkong juga yang mengandung mineral yang berfungsi dalam membantu pembekuan darah, menguatkan tulang hingga meningkatkan hormon seks.

Tidak hanya mengenyangkan, memiliki rasa enak dan lezat, terdapat juga berbagai manfaat dari singkong untuk diet sehingga dengan begitu singkong yang sangat bagus untuk kamu konsumsi dalam proses menjalankan program diet.

Untuk kamu yang ingin mengkonsumsi singkong untuk diet pastikan mengolah singkong dengan benar, karena singkong yang akan menghasilkan senyawa bioaktif yang bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh terkhususnya dalam pencegahan penyakit kardiovaskular dan juga kanker.

Beberapa manfaat singkong untuk diet yang bisa dirasakan dan didapatkan sebagai berikut:

Membantu Menjaga Berat Badan

Singkong yang termasuk sumber makanan kaya akan serat namun memiliki kadar gula dan juga kalori yang rendah, dengan begitu singkong yang dapat membantu dalam menjaga kadar gula menjadi tetap stabil, terutama untuk penyandang diabetes.

Sumber karbohidrat kompleks tersebut yang bisa membuat perut yang menjadi terasa lebih kenyang lama, sehingga bisa mengurangi nafsu makan berlebih, sehingga diet dengan mengkonsumsi singkong yang dapat membantu kamu untuk mengontrol berat badan tetap stabil.

Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi singkong untuk diet yaitu terdapat pada kandungan vitamin C yang tinggi pada singkong berfungsi untuk membantu dalam menjaga daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C pada singkong memiliki peran penting dalam imunitas tubuh dan juga sebagai antioksidan, hal ini yang akan membantu dalam melawan stres oksidatif dan juga menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Kaya akan Nutrisi Baik

Singkong merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi yang kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, di dalam porsi 100 gram singkong yang terdapat sekitar 112 kalori, 28 gram karbohidrat, 2 gram serat dan juga 1,5 gram protein.

Bahkan tidak hanya itu saja singkong juga yang memiliki nutrisi lainnya yaitu terdapat kandungan lemak, protein, hidrat arang, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan juga amilum dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Dengan menerapkan diet singkong yang bisa membantu untuk mengatasi masalah pada saluran atau sistem pencernaan, khasiat atau manfaat ini yang berasal dari adanya kandungan serat dalam singkong.

Kandungan serat dalam singkong ini yang akan membantu untuk mengatasi masalah sembelit yang cukup mengganggu, selain itu pati dalam singkong juga yang turut untuk membantu mengurangi reaksi peradangan dan juga meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang terdapat dalam singkong yang berfungsi dalam membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan juga menyeimbangkan kadar natrium di dalam tubuh, jika tekanan darah dan kadar natrium berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Membantu Meningkatkan Energi

Terakhir manfaat dari mengkonsumsi singkong rebus untuk diet yaitu bisa membantu dalam meningkatkan energi, hal ini dikarenakan singkong yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya berfungsi meningkatkan energi.

Tips Efektif Diet Singkong

Walaupun singkong yang termasuk ke dalam sumber karbohidrat dan juga aman untuk dikonsumsi, namun pastikan kamu selalu membalasnya jangan sampai mengkonsumsi singkong berlebihan atau dalam jumlah banyak.

Dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat berlebihan yang justru bisa menyebabkan masalah lain pada tubuh seperti misalnya kegemukan, agar diet singkong yang kamu lakukan menjadi lebih efektif maka lakukan beberapa langkah dibawah ini.

Memperhatikan Pengolahan Singkong

Agar bisa mendapatkan tubuh menjadi lebih ideal dan sehat maka bisa dengan mengkonsumsi singkong yang dimasak dengan cara dikukus atau direbus, pastikan menghindari pengolahan singkong dengan cara di goreng.

Karena kandungan minyak pada singkong goreng yang bisa mengandung lemak jenuh, dengan semakin lama dimasak maka indeks glikemik atau kandungan gula dalam singkong yang akan semakin tinggi.

Namun jangan makan singkong mentah karena singkong mentah yang mengandung zat kimia glikosida sianogenik akan melepaskan sianida atau racun dalam tubuh, zat kimia ini tentu saja sangat berbahaya untuk tubuh dan jangan lupa mengupas kulit singkong serta dicuci hingga bersih sebelum diolah.

Memperhatikan Porsi Makannya

Mengkonsumsi singkong yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi putih, walaupun demikian kamu harus memperhatikan porsi makannya, untuk porsi makan yang telah dianjurkan Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu 1,5 potong singkong atau (120 gram) untuk setiap sekali makannya.

Melengkapi dengan Makanan Pendamping Lainnya

Selain dengan memperhatikan pengolahan dan porsinya kamu juga harus memperhatikan lauk pauk pendampingnya, hal ini sangat penting agar tubuh tetap mendapatkan gizi yang seimbang dan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lainnya kaya akan nutrisi seperti misalnya sayuran, ikan, daging tanpa lemak, buah-buahan dan juga telur.

Dengan Dibarengi Gaya Hidup Sehat

Terakhir harus kamu perhatikan yaitu dengan melakukan diet singkong dibarengi dengan gaya hidup yang sehat, karena mengkonsumsi singkong untuk diet yang tidak hanya serta merta membuat turun berat badan yang banyak.

Kamu harus menerapkan gaya hidup yang sehat seperti olahraga yang secara rutin serta istirahat cukup agar diet bisa berhasil, selain itu hentikan kebiasaan buruk yaitu seperti makan gorengan, makanan atau minuman manis, mengonsumsi alkohol hingga begadang.

Dengan memanfaatkan singkong untuk diet yang sangat membantu dan menjadi alternatif yang tepat untuk kamu yang ingin diet, namun pastikan tetap memperhatikan beberapa tips diatas agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah singkong bagus untuk diet? Jawabannya sangat bagus karena dengan mengkonsumsi singkong bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama dan lainnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

dietsingkong