Sering Mengantuk Ciri-Ciri Penyakit Apa?

Nesiaverse.com – Ternyata tidak sedikit orang yang terkadang sering mengantuk dan untuk seseorang yang sering mengantuk yang berkelanjutan bisa menjadi tanda-tanda atau ciri-ciri penyakit sehingga banyak  yang bertanya jika sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Merasa sering atau mudah mengantuk walaupun sudah tidur dalam kurun waktu 8 jam sehari yang bisa saja terjadi dan dialami oleh banyak orang, kondisi seperti ini yang kerap dihubungkan dengan gangguan kesehatan.

Dimana biasanya kondisi seperti ini yang disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sering mengantuk, masalah mengantuk ini belum tentu ciri penyakit yang serius dan terdapat faktor normal yang bisa menyebabkan ngantuk di pagi hari atau pada saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Advertisment

Adapun untuk beberapa faktor penyebab yang sering mengantuk yaitu diantaranya karena kurang minum dan makan, terlalu lama berolahraga, terlalu banyak makan atau minum, efek samping dari minum obat-obatan, sering mengkonsumsi alkohol dan juga sering mengalami gangguan tidur.

Jika memang kamu yang sering mengantuk disebabkan oleh beberapa faktor tersebut maka masalah mengantuk tersebut yang dapat hilang dengan sendirinya, dan tentu saja kamu tidak perlu khawatir selama kamu selalu menjalankan gaya hidup yang sehat.

Advertisment

Untuk kamu yang penasaran dengan sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa, maka untuk mengatasinya pastikan kamu membaca pembahasannya pada artikel di bawah ini.

Sering Mengantuk Ciri-Ciri Penyakit Apa?

Memang rasa kantuk ini yang dapat hilang dengan sendirinya jika dikarenakan beberapa faktor penyebab yang telah dibahas sebelumnya, tetapi jika kamu terus menerus merasakan kondisi seperti ini maka harus waspada.

Karena untuk beberapa kasus gangguan kesehatan yang lebih parah dan ciri-cirinya yaitu rasa sering mengantuk, untuk mengetahui sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa yang dapat semakin parah yaitu diantaranya seperti berikut:

Sleep Apnea

Sleep apnea yang merupakan gangguan kejadian yang menghalangi seseorang bernapas normal pada saat tidur, biasanya gangguan pernapasan ini yang menyebabkan tubuh yang menjadi tidak rileks dan juga akhirnya akan tetap mengantuk berat pada saat bangun.

Tidur Berjalan

Untuk masalah tidur berjalan yang satu ini dapat menyebabkan seseorang tidak sadar berjalan pada saat tidur, dikarenakan mengeluarkan energy bergerak pada saat tidur, pada saat sadar maka akan merasa lelah dan juga ngantuk akan terasa, tubuh tidak istirahat saat masa tidur yang menjadi penyebab utamanya.

Narkolepsi

Narkolepsi merupakan masalah tubuh yang mengakibatkan kamu menjadi lebih mudah tertidur tiba-tiba, kondisi seperti ini yang tergolong gangguan tidur parah karena dapat terjadi pada saat kamu berdiri biasa maupun sedang duduk bekerja, setelah terbangun dalam kondisi tidur seperti ini maka tubuh yang akan terasa lemas dan juga ngantuk terus muncul.

Gangguan Stress Tinggi dan Depresi

Untuk mereka yang mengalami stress berat dan juga depresi  yang akan terganggu tubuhnya, hal ini yang dapat berupa lemas, rasa ngantuk yang terus menerus dan bahkan hingga sakit kepala.

Restless Legs Syndrome (RLS)

Restless legs syndrome merupakan salah satu masalah tidur yang akan menyebabkan seseorang yang terus bergerak kakinya pada saat tidur, dimana karena banyak bergerak dan juga membuat tidur menjadi tidak tenang maka mereka yang akan terbangun dan masih merasa mengantuk pada pagi hari.

Chronic Fatigue Syndrome

Dimana chronic fatigue syndrome yang merupakan salah satu hal gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kecapean paling parah, jika kamu tidak beristirahat benar beberapa hari secara berturut-turut. maka masalah mengantuk dan juga lemas akan terus terjadi selama beberapa hari untuk recovery keseimbangan tubuh.

Jika kamu yang sering lemas dan juga mengantuk berkepanjangan dan masalah serius seperti gangguan pada organ dan otak penghasil energi yang dapat saja terjadi, oleh karena itu kamu bisa segera pergi ke dokter jika masalah mengantuk ini yang berlangsung terus menerus selama seminggu.

Setelah kamu membaca artikel ini mengenai sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa? dan sudah cukup tahu akan hal ini sehingga menjadi lebih waspada, mengantuk berlangsung hanya pendek bukan masalah, tetapi untuk beberapa kasus mengantuk dapat berlangsung selama beberapa hari dan untuk situasi mengantuk terus menerus harus segera periksa agar mendapatkan penanganan serius.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa yang bisa kamu ketahui dan juga harus diwaspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

ngantukpenyakit