Sebaiknya Bayi Dijemur Dulu atau Dimandikan Dulu?

Nesiaverse.com – Mungkin moms masih banyak yang bingung dengan sebaiknya bayi dijemur dulu atau dimandikan dulu?, nah untuk mengetahui hal tersebut maka moms bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Dimana biasanya di Indonesia untuk bayi yang baru lahir yang selalu dijemur hal ini tentunya menjadi tradisi, menjemur bayi yang memiliki tujuan untuk membantu dalam meningkatkan konsentrasi vitamin D pada kulit bayi dari paparan radiasi sinar UV atau ultraviolet B tingkat rendah.

Dimana dibutuhkan sekitar 20 dari luas permukaan  tubuh untuk dapat terpapar oleh sinar matahari dalam meningkatkan konsentrasi vitamin D ini, namun dalam menjemur bayi yang direkomendasikan untuk moms selalu disertai dengan menggunakan perlindungan seperti dengan memakai baju tipis yang, memakai kacamata hitam, tabir surya hal ini bertujuan untuk mencegah resiko dampak negatif dari paparan sinar matahari.

Advertisment

Sehingga dengan begitu dengan melengkapi perlindungan untuk bayi yang dari paparan sinar matahari yang sangat penting untuk mengurangi risiko  terjadinya kanker kulit, namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa bayi juga yang membutuhkan paparan sinar matahari dalam produksi vitamin D yang aktif.

Namun ada yang masih bingung dan bertanya sebaiknya bayi dijemur dulu atau dimandikan dulu? Jawabannya yaitu dengan menjemur bayi terlebih dahulu di bawah paparan  sinar matahari setelah itu baru bayinya dimandikan, untuk waktu yang tepat dalam menjemur bayi yaitu sebelum pukul 10:00 pagi dan juga setelah pukul 04:00 sore dan kamu bisa menjemur bayi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Advertisment

Untuk masing-masingnya bisa dijemur selama 5 hingga 10 menit dan hindari untuk menjemur bayi diatas jam 10:00 pagi hingga 04:00 sore, dimana jam tersebut yang bisa berisiko merusak kulit bayi serta meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit di usia lanjut.

Pastikan bayi menggunakan pelindung topi, kacamata hitam dan juga pakaian selama berjemur dan berikan paparan sinar matahari pada bagian tangan dan kaki minimal 20% dari luas permukaan tubuh dapat terpapar oleh sinar matahari, jika kegiatan menjemur bayi sudah selesai maka sebaiknya untuk membersihkan keringat dan kotoran pada bayi yang menempel pada saat menjemur.

Sedangkan untuk waktu yang baik dalam memandikan bayi yaitu pada saat pagi hari sekitar 6 hingga 8 pagi, selain pada pagi hari moms bisa memandikan bayi pada sore hari sekitar pukul 4 hingga 5 sore pastikan untuk menggunakan air hangat kuku jika memandikan bayi di sore hari agar bayi tidak kedinginan.

Namun selain dengan memandikan bayi setelah menjemur maka moms juga perlu memberikan minum atau ASI karena dalam peningkatan suhu lingkungan pada selama menjemur bayi yang bisa akan meningkatkan penguapan air dari dalam tubuh bayi, sehingga dengan begitu bayi perlu mendapatkan cairan penggantinya dengan meminum atau ASI.

Pastinya sudah tahu bukan dengan menjemur bayi yang akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pastikan untuk melakukan jemur bayi dengan tepat dan baik untuk menghindari risiko dampak negatifnya, salah satu manfaatnya yaitu membantu mencegah terjadinya penyakit kuning pada bayi yang biasanya penyakit ini bisa terjadi untuk bayi yang baru lahir.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai sebaiknya bayi dijemur dulu atau dimandikan dulu dan jawabannya yaitu menjemur bayi terlebih dahulu kemudian memandikannya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bayibayi berjemur