7 Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Nesiaverse.com – Untuk penderita asam lambung yang biasanya dianjurkan untuk menjaga pola makan yang sehat dan baik salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran, nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Dimana untuk penyakit asam lambung atau GERD ini yang biasanya kondisi ini yang akan mengalami nyeri pada bagian ulu hati terutama setelah makan atau pada saat berbaring, namun selain itu juga bisa mengalami gejala yang lainnya yaitu seperti kembung, mual, dada terasa sesak, mulut yang terasa pahit, sakit tenggorokan dan muntah.

Tentunya untuk kondisi seperti ini yang sangat mengganggu aktivitas sehingga dengan begitu perlu cepat ditangani dengan tepat, untuk mengatasi masalah asam lambung naik yang terdapat beragam cara dan salah satunya dengan menjaga pola makan yang baik dan tepat.

Advertisment

Untuk penderita asam lambung yang dianjurkan untuk menghindari makanan yang bisa memicu terjadinya asam lambung naik, sehingga bisa beralih mengkonsumsi makanan yang lebih ramah di lambung salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran.

Lalu apa saja sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung atau GERD yang dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang baik untuk asam lambung, hal ini dikarenakan untuk sayuran yang memiliki kandungan nutrisi dan serat yang sangat tinggi yang memiliki peran yang penting untuk membantu meredakan gejala atau untuk menekan produksi asam lambung berlebihan.

Dengan mengubah pola makan yang tertentu yang akan membantu untuk mencegah dan mengatasi asam lambung naik, dengan rutin mengkonsumsi sayuran yang bermanfaat untuk membantu meredakan refluks asam dengan efektif dan cepat.

Dari banyaknya jenis sayuran terdapat beberapa jenis sayuran yang aman dan boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, bahkan untuk sejumlah sayuran yang tertentu yang bisa dijadikan untuk pengobatan asam lambung yang secara alami.

Karena sejumlah kandungan yang terdapat dalam sayuran yang bisa membantu untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan, mengurangi sensasi yang terbakar, melancarkan sistem pencernaan dan juga menenangkan perut.

Dibawah ini ada beberapa sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung yaitu sebagai berikut:

Brokoli

Brokoli yang merupakan sayuran yang bersifat basa yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung dimana sifat basa ini yang memiliki peran untuk bertindak sebagai antasida alami, untuk mengolah brokoli ini yang bisa dijadikan makanan yang lezat seperti di campurkan ke dalam smoothie hingga tumisan.

Kale

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung yaitu kale yang dimana sayuran hijau yang memiliki daun keriting ini yang memiliki sifat basa dan bahkan kerap digunakan untuk pengobatan alami dalam mengatasi maag, asam lambung serta masalah pencernaan yang lainnya.

Selain itu juga kale ini yang kaya akan antioksidan didalamnya yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan, dan juga membantu mempercepat penyembuhan pada saat terdapat bagian tubuh yang meradang yang diakibatkan oleh asam lambung.

Lobak

Lobak juga menjadi salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung, dimana untuk sayuran yang satu ini tidak banyak orang yang mengetahui bahwa lobak yang bersifat basa yang bisa berperan sebagai antasida alami.

Dengan mengkonsumsi lobak secara rutin yang bisa membantu untuk mencegah heartburn yang diakibatkan asam lambung yang naik ke kerongkongan, selain itu juga lobak yang mengandung minyak mustard yang bisa membantu menurunkan produksi asam lambung dan menenangkan perut.

Kembang Kol

Kembang kol yang hampir sama dengan brokoli yang menjadi salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung, dimana kembang kol ini yang bermanfaat untuk membantu mengatasi kenaikan asam lambung dan manfaat ini yang berasal dari kandungan pH tinggi bersifat basa

Kandungan pH tinggi yang bersifat basa ini yang akan berperan untuk menetralkan asam, selain itu juga kembang kol yang mengandung serat yang tinggi sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan bakteri baik di usus dan juga mengurangi resiko terjadinya gangguan pencernaan.

Bayam

Bayam yang menjadi salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung hal ini dikarenakan sayuran bayam yang bersifat basa yang memiliki peran penting untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik, untuk penderita asam lambung dengan mengkonsumsi bayam yang sangat aman hal ini karena terdapat sejumlah kandungan yang bisa bertindak sebagai antasida alami.

Selada

Selada yang memiliki kandungan air didalamnya yang tinggi yang menjadi salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung, dimana dengan mengkonsumsi selada yang bisa membantu untuk meredakan asam lambung yang naik.

Mentimun

Untuk sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung yang terakhir yaitu mentimun dimana sebenarnya mentimun ini yang tergolong kedalam buah-buahan hal ini karena terdapat biji didalamnya, namun banyak orang yang menyebutnya sebagai sayuran karena kerap dijual bersama dengan jenis sayuran yang lainnya.

Dimana untuk penderita asam lambung yang tinggi bisa mengkonsumsi mentimun yang mengandung air yang bersifat basa yang bermanfaat untuk membantu menetralkan asam lambung dengan cara menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam perut.

Mungkin hanya itu saja beberapa sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung yang bisa kamu ketahui dan bisa dikonsumsi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

asam lambungsayuran