10 Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Selama masa kehamilan, konsumsi sayuran yang bagus untuk ibu hamil memang direkomendasikan. Kamu harus memilih jenis makanan yang tepat, khususnya sayuran. Kemudian jenis makanan yang tidak sehat dan membahayakan harus dihindari. 

Pola makan yang sehat dan kaya akan sayuran, tentunya akan membantu kamu untuk melindungi janin ketika dalam masa kandungan. Selain itu kamu akan terhindar dari berbagai jenis risiko penyakit, seperti diabetes gestasional dan kekurangan nutrisi. 

Hal tersebut dikarenakan sayuran memiliki kandungan vitamin berupa beta karoten, vitamin C, asma filat dans erat yang tingigd an dibutuhkan oleh tubuh ibu maupun senang janin. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sayuran. 

Advertisment

Sehingga sayuran merupakan salah satu menu yang wajib ada dalam menu makanan ibu hamil. Maka, tentunya kamu harus tahu jenis sayuran yang bagus dan direkomendasikan untuk ibu hamil. 

Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Advertisment

Sayuran kemenag menyehatkan dan penting dikonsumsi. Ada banyak jenis sayuran yang direkomendasikan untuk ibu semasa hamil. Hal ini guna untuk memberikan nutrisi yang tepat dan baik bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan. 

Nutrisi yang perlu kamu perhatian dari segi asupannya adalah asam folat, kalsium, kolin, asam lemak omega-3, vitamin B, vitamin C dan vitamin D. Semuanya bisa kamu dapatkan dari sayuran yang tepat. 

Nah, berikut kami sudah merangkum dna merekomendasikan beberapa jenis sayuran yang bagus dan disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Brokoli

Di Posisi pertama, sayuran yang dapat dikonsumsi oleh kamu adalah brokoli, yang mana menjadi salah satu jenis sayuran hijau yang tinggi akan kandungan zat besi did alamnya. Selain itu sayuran satu ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Hal ini juga disampaikan secara langsung oleh Dr, Dyah Novita Anggraini yang aman , zat besi pada ibu hamil utamanya mampu mencegah terjadinya anemia selama masa kehamilan. Selain itu dapat memasok darah di tubuh ibu yang terbagi menjadi dua yaitu pada janin juga. 

Selain itu, dalam brokoli terhadap zat besi yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia, yang diakibatkan pendarahan ketika persalinan. Setidaknya dalam sehari, seorang ibu hamil membutuhkan asupan zat besi sebanyak 27 mg. 

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian tersebut, kamu dapat mengkonsumsi sayuran hijau satu ini, yaitu brokoli. Adapun cara pengolahan yang disarankan adalah pengelolaan yang sehat, dimana nutrisi dan vitamin di dalamnya tidak akan berkurang. 

Bayam

Sayuran yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah bayam. Bayam merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat di dalam sayuran bayam ini dapat membantu untuk proses pembentukan sel darah merah. 

Sehingga mengkonsumsi bayam juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya anemia hingga mencegah cacat tabung saraf pada janin. Hal ini dijelaskan oleh Dr, Dyah juga. Dimana ibu hamil membutuhkan kegiatan 10 mg asam folat e[rh tainya. 

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat 400 mg per harinya, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur bayam. Karena sayur bayam dapat membantu menemui kebutuhan asam folat setiap harinya. Maka, sayuran ini direkomendasikan bagi ibu hamil.

Kubis

Supaya kamu tidak merasakan bosan mengkonsumsi sayuran yang sama dan itu-itu saja, maka kamu dapat mengonsumsi kubis. Yang mana kubis sendiri merupakan sayuran yang sehat untuk ibu hamil hal ini dikarenakan kandungan yang kaya akan kalsium di dalamnya. 

Kandungan kalsium di dalam kubis inilah yang akan membantu untuk menjaga kesehatan tulang ibu ketika hamil. Selain itu nutrisi inilah yang akan membantu untuk memproduksi darah, membantu otot untuk bergerak dengan baik sehingga melancarkan pengiriman pesan dari otak ke tubuh. 

Paprika

Sayuran warna warni ini tidak hanya memiliki wujud dan tampilan yang menarik saja, namun paprika juga memiliki rasa yang sedap dan manfaat bagi kesehatan yang baik. Paprika sendiri menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya. 

Kandungan vitamin A ini berguna bagi ibu hamil. karena dapat mendukung proses pertumbuhan jantung, ginjal. paru-paru, mata tulang, sistem pernapasan sehingga sistem pada saraf pusat dari janin. 

Nah, vitamin A juga dapat membantu untuk memperbaiki jaringan pascapersalinan dan juga mencegah terjadinya infeksi, ketika ibu selesai melahirkan atau pasca melahirkan. Jadi mengkonsumsi paprika juga sangat disarankan. 

Kale

Kale merupakan salah satu pilihan sayur hijau selain bayam yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayuran kale memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan baik untuk mendukung kehamilan. 

Kale juga dapat emematu untuk mencukupi asupan vitamin C yang tentunya berguna untuk mendukung sistem imun ibu hamil, selain itu akan membuatnya menjadi lebih kuat dan melawan infeksi virus, parasit hingga bakeri. 

Sehingga mengkonsumsi sayur kale juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas, dengan begitu baik ibu dan anak nantinya kana memiliki tubuh yang bugar, dan tidak gampang jatuh sakit di kemudian hari. 

Kangkung

Selanjutnya adalah kangkung, yang mana kandung merupakan salah satu sayur yang bisa kamu konsumsi bahkan dalam kondisi sedang hamil sayuran ini sangat direkomendasikan. Sayuran kangkung aman dikonsumsi oleh ibu hamil, baik ketika trimester pertama ataupun menjelang persalinan. 

Kangkung memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Mineral di dalamnya juga memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah ibu hamil. Pasalnya selama masa kehamilan, produksi darah akan mengalami peningkatan, Sehingga ibu rentan mengalami hipertensi juga. 

Dengan memenuhi asupan kalsium per harinya, maka hal ini dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar natrium di dalam tubuh. Sehingga nantinya tekanan darah sang ibu akan tetap stabil lagi.

Jagung Kuning

Selain kangkung dan jagung kuning, yang mana sayuran satu ini memiliki kandungan fosfor yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan selama masa hamil. Fosfor biasanya didapatkan dari produk susu. 

Namun, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan fosfor yang tinggi dengan mengkonsumsi sayuran seperti jagung kuning. Selain itu fosfor juga mampu menjaga kesehatan tulang ibu yang hamil. Karena mineral inilah yang memiliki peran dalam proses pembekuaan darah saat persalinan berlangsung. 

Wortel 

Siapa sangka jika sayuran yang bernutrisi ini juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan dibandingkan hanya mengkonsumsi sayuran hijau saja, wortel memiliki manfaat yang jauh lebih baik. 

Wortel menjadi salah satu sayuran yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan kandungan fosfor dan kalium di dalamnya. Yang mana keduanya bekerja secara bersamaan untuk membantu menjaga kesehatan saraf mata hingga tulang ibu yang sedang hamil. 

Buncis

Buncis menjadi salah satu jenis sayuran yang dilengkapi dengan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Buncis biasanya disajikan dengan wortel dan diolah menjadi capcay atau sayur sop. 

Buncis merupakan jenis sayuran yangs ehat dan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan diketahui jika buncis memiliki kandungan vitamin B yang dapat mendukung proses pertumbuhan janin. Sehingga bila asupan vitamin B tercukupi dengan baik, resiko cacat otak bayi akan menurun.

Sawi

Terakhir, sayuran sawi merupakan jenis sayuran yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayuran satu ini memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C hingga beta karoten. Sehingga menjadi sayuran yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. 

Fungsi antioksidan pada sayur sawi ini adalah untuk melawan radikal bebas sehingga dapat membantu untuk melindungi kesehatan jantung. Begitupun untuk menurunkan risiko kanker. Sehingga akan menjaga ibu dan janin tetap sehat selama masa kehamilan. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil yang kami rekomendasikan sebaik-baiknya. Kamu dapat mengkonsumsi jenis sayuran di atas untuk mendukung perkembangan janin selama masa kehamilan dan menjaga kesehatan tubuh ibu.

ibu hamilsayuran