5 Sayuran dan Daun yang Baik Untuk Pakan Bebek Petelur

Nesiaverse.com – Masih banyak yang bertanya-tanya dengan apa saja sayuran dan daun yang baik untuk pakan bebek petelur, hal ini tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting harus diketahui oleh peternak untuk memberikan nutrisi harian yang cukup untuk bebek petelur.

Peternak bebek petelur adalah salah satu peluang usaha sangat menguntungkan karena sekarang ini  tingkat konsumsi telur bebek di masyarakat Indonesia yang cukup tinggi, sehingga dengan begitu permintaan telur bebek yang semakin meningkat dari waktu ke waktunya.

Hal tersebut tentu saja menjadi peluang bisnis untuk para peternak profesional, apalagi dalam proses pemeliharaan bebek petelur sendiri bisa dikatakan cukup mudah dan sederhana, bahkan pemeliharaan bebek petelur bisa dilakukan juga oleh peternak pemula.

Advertisment

Salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan dalam memelihara bebek petelur yaitu pakan atau makanan bebek petelur, makanan untuk bebek petelur menjadi salah satu faktor utama dan paling penting dalam dunia peternakan sehingga harus selalu diperhatikan setiap harinya.

Dengan memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi yang akan membuat bebek menjadi sehat, pertumbuhan dan juga perkembangan bebek petelur juga baik untuk bisa menghasilkan telur yang bermutu dan juga berkualitas tentunya.

Advertisment

Para peternak bebek petelur yang bisa memberikan atau mempersiapkan beberapa jenis pakan yang berkualitas untuk bebek, karena jika makanan bebek petelur yang tidak diperhatikan dengan baik maka dikhawatirkan bebek yang akan mengalami penurunan jumlah produktivitas telur bebek dihasilkannya.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja sayuran dan daun yang baik untuk pakan bebek petelur, untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan baik.

Sayuran dan Daun yang Baik Untuk Pakan Bebek Petelur

Dengan seiring meningkatkan jumlah permintaan pasar dengan telur bebek sehingga harga pakan khusus untuk bebek petelur yang kian naik juga, hal ini memang sudah banyak dikeluhkan oleh para peternak bebek dan bahkan mereka juga harus memutar otak untuk bisa mendapatkan pakan bebek yang berkualitas dengan biaya terjangkau.

Sebenarnya terdapat alternatif yang bisa dilakukan dalam memberikan pakan pada bebek yaitu dengan membuat pakan bebek sendiri dengan menggunakan bahan ada di sekitar, hal ini langkah paling mudah dan juga lebih menghemat biaya namun bisa memberikan pakan yang berkualitas pada bebek petelur.

Berikut di bawah ini terdapat beberapa jenis sayuran dan daun atau hijauan yang baik untuk pakan bebek petelur bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang murah yaitu sebagai berikut:

Daun Pepaya

Daun pepaya termasuk jenis sayuran dan daun yang baik untuk pakan bebek petelur bisa kamu coba berikan pada hewan peliharaan kamu, apalagi daun pepaya ini yang sudah sejak lama terbukti memiliki beragam manfaat digunakan sebagai campuran pakan bebek dan daun pepaya ini berfungsi meningkatkan nafsu makan, anti malaria dan menghilangkan parasit.

Daun Singkong

Dimana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa telur bebek di Indonesia yang memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 kurang ideal dikarenakan mencapai rasio 1:20, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa olahan tepung dari daun singkong serta minyak ikan lemuru untuk pakan bebek yang bisa meningkatkan kandungan omega 3 dan omega 6 yang awalnya 1:20 menjadi 1:5.

Daun Talas

Daun talas adalah jenis tanaman dengan mempunyai kandungan gizi didalamnya yang sangat banyak, sehingga daun talas bisa dijadikan sebagai pakan dan termasuk salah satu jenis sayuran dan daun yang baik untuk pakan bebek petelur yang bisa kamu manfaatkan.

Dimana daun talas ini yang mengandung nutrisi dan gizi didalamnya seperti protein, energi, fosfor, karbohidrat, lemak, kalsium, kalori, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan masih banyak lagi lainnya, semua nutrisi tersebut berguna untuk membantu dalam proses pembentukan telur dan aktivitas bebek petelur.

Azolla

Azolla selain kerap dimanfaatkan sebagai media tanam dan juga pupuk tanaman yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai campuran ransum untuk pakan bebek, kandungan protein, serat kasar, karbohidrat, lemak dan juga gula terlarut yang sangat menjanjikan dan juga bermanfaat jika dicampur ransum pakan ternak bebek dan harga azolla juga terbilang murah.

Eceng Gondok

Terakhir untuk sayuran dan daun yang baik untuk pakan bebek petelur yaitu ada eceng gondok dengan memiliki populasi yang melimpah serta pertumbuhan sangat pesat eceng gondok ini bisa dijadikan campuran pakan untuk bebek agar lebih menghemat biaya.

Eceng gondok yang mengandung nutrisi didalamnya setara dengan rumput gajah yang mempunyai lemak kasar, protein, serat kasar dan abu, terlebih dahulu eceng gondok akan difermentasi menjadi tepung kemudian dicampur ransum pakan utama sekitar 15%.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis sayuran dan daun yang baik untuk pakan bebek petelur bisa kamu kamu ketahui dan juga bisa kamu berikan untuk lebih menghemat biaya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bebekbebek petelur