Salad Buah Bikin Gemuk atau Kurus?

Nesiaverse.com – Masih banyak yang bertanya dengan memakan salad buah apakah bisa bikin gemuk atau kurus? Sangat penting untuk mengetahui kalori yang terdapat dalam salad buah tersebut dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Memang sekarang ini banyak orang berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar berat badan tetap ideal, tidak sedikit makanan yang bisa membuat berat badan naik lalu apakah salad buah bikin gemuk atau kurus?

Salad Buah Bikin Gemuk atau Kurus?

Advertisment

Sebenarnya salad buah merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin, serat dan juga antioksidan didalamnya, salad buah juga memiliki banyak penggemarnya karena rasanya yang enak dan biasanya salad buah yang dijadikan sebagai cemilan sehat.

Advertisment

Tetapi tidak semua bahan di dalam olahan salad buah ini baik untuk program diet dan sebaiknya untuk kamu yang sedang menjalankan diet atau untuk mereka yang ingin mengontrol asupan kalori maka sebaiknya perlu memperhatikan beberapa jumlah kalori yang terdapat dalam salad buah tersebut.

Untuk kalori yang terkandung dalam salad buah yang biasanya akan bervariasi tergantung juga pada bahan dan juga saus dressing yang digunakannya, sebagai referensinya dalam 1 porsi salad buah yaitu berisi 95 gram tanpa dressing apapun yang umumnya mengandung sekitar 54 kkal kalori.

Tetapi kalori tersebut yang akan sangat mungkin bertambah jika ditambahkan dengan mayones atau saus yang lainnya, kita bisa dengan mengambil contoh kalori 1 mangkok salad buah yang berisi buah pepaya, nanas, pisang dan juga jambu dengan sirup kental serta kalengan dapat mengandung 221 kkal.

Dengan salad buah sederhana tanpa tambahan saus atau pemanis lainnya yang biasanya memiliki kalori yang rendah, tetapi jika dengan menambahkan saus tinggi gula dan juga lemak maka salad buah tersebut bisa masuk ke dalam makanan berkalori tinggi.

Terdapat beberapa bahan salad buah yang tinggi kalori walaupun memang buah mengandung banyak serat dan vitamin, saus dressing untuk salad buah juga biasanya tinggi lemak dan juga gula, terdapat bahan salad buah yang memiliki kalori tinggi sehingga salad buah bisa bikin gemuk.

Bahan Yang Harus Dihindari Pada Salad

Untuk kamu yang ingin membuat salad buah rendah kalori maka ada beberapa bahan kemungkinan bisa dikurangi atau bisa dihindari penggunaan yaitu diantaranya:

Cream Cheese

Dimana olahan keju yang umumnya menjadi bahan saus pada salad buah yaitu cream cheese, walaupun saus ini memiliki rasa yang lezat namun dua sendok makan cream cheese ini yang mengandung sekitar 99 kkal dan tinggi lemak.

Sehingga dengan begitu sebaiknya untuk mengurangi penggunaan cream cheese untuk membantu menghindari risiko salad buah yang memiliki kalori tinggi.

Keju

Keju yang kaya akan kalsium dan juga protein namun bahan yang satu ini juga mengandung banyak kalori dan juga lemak jenuh didalamnya, untuk bisa menjaga berat badan sebaiknya untuk menghindari menambahkan keju ke dalam salad buahnya.

Sementara untuk kamu yang ingin menikmati keju tanpa resiko penambahan berat badan, maka kamu bisa dengan sebaiknya membatasi jumlah keju yang dikonsumsi jangan sampai berlebihan atau terlalu banyak.

Mayones

Mayones yang memiliki kandungan nutrisi yaitu seperti vitamin E, dan juga vitamin K didalamnya namun mayones juga yang mengandung sekitar 90 kkal dan tinggi sodium dalam satu sendok makan mayonesnya.

Dengan mengkonsumsi mayones dalam jumlah banyak atau secara berlebihan yang bisa menyebabkan peningkatan berat badan atau menjadi gemuk, terutama untuk kamu yang sedang menjalankan program diet rendah kalori dan sebaiknya juga untuk konsumsi mayones pada salad buah ini dibatasi untuk selalu menjaga asupan kalori.

Yoghurt

Yoghurt biasanya sering digunakan sebagai makanan diet, karena pasalnya yoghurt ini merupakan makanan mengandung kalsium baik untuk tulang dan juga sumber probiotik baik untuk sistem pencernaan, tetapi perlu diingat bahwa yoghurt mengandung gula yang terlepas dari label bebas lemak.

Untuk beberapa produk yang bebas lemak justru biasanya memiliki kandungan gula lebih tinggi, pastikan untuk memilih yoghurt dengan bijak dan selalu perhatikan kandungan gula tertera pada label.

Buah Kalengan

Ternyata dengan mengkonsumsi buah-buahan segar menjadi pilihan terbaik hal ini karena kaya akan vitamin dan juga serat, walaupun demikian buah kalengan yang kerap mengandung gula tambahan dan juga pewarna dapat membuat kamu menjadi gemuk.

Sehingga sebaiknya kamu untuk memilih buah-buahan yang masih segar saja jika memang ingin membuat salad buah agar lebih sehat, dan tentunya tidak menambah kalori dalam salad buah tersebut.

Susu Kental Manis

Terdapat bahan yang lainnya perlu dihindari agar tidak menambahkan kalori pada salad buah yaitu susu kental manis atau SKM karena susu kental manis mengandung gula yang cukup banyak, di dalam satu sendok makan susu kental manis yang terdapat lebih dari 15 gram gula.

Sedangkan untuk susu biasa yang hanya mengandung lebih dari 3 gram gula, dengan kandungan gula serta lemak dari susu ini tentu saja akan membuat salad buah tidak lagi menjadi cemilan yang sehat lagi.

Tips Agar Salad Buah Tetap Sehat

Untuk kamu yang masih ingin mengkonsumsi salad buah maka terdapat cara atau tips dalam membuat salad buah yang sehat bisa kamu coba terapkan, dalam membuat resep salad buah sehat dengan kalori rendah yang sebenarnya bisa dilakukan cukup mudah.

Terdapat beberapa cara dilakukan dan diikuti untuk membuat snack buah yang sehat tanpa khawatir menggemukan badan yaitu sebagai berikut:

Dengan Memilih Buah Segar

Daripada dengan menggunakan buah kalengan sebaiknya memilih untuk menggunakan buah segar yang berkualitas terbaik, buah segar yang mengandung lebih banyak kandungan nutrisi dan tentunya lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan buah kalengan.

Dengan Memperhatikan Porsi dan Variasi

Selain dengan memilih buah segar pastikan juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan porsi salad buah dan hindari konsumsi salad buah dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, hal ini yang bisa dilakukan dengan menggunakan variasi buah berbeda untuk mendapatkan manfaat nutrisi lebih lengkap.

Dengan Menghindari Penggunaan Tambahan Gula

Buah secara alami yang mempunyai rasa yang manis sehingga mengandung gula, dengan begitu usahakan untuk tidak menambahkan gula atau sirup gula ke dalam salad buah agar kalori makanan tidak melonjak.

Dengan Menggunakan Dressing Rendah Lemak

Kamu bisa dengan mencoba memilih saus atau dressing rendah lemak dan kamu bisa memanfaatkan yoghurt rendah lemak, balsamic vinegar atau lemon sebagai alternatif dari mayones atau cream cheese.

Dengan Mengawasi Penggunaan Bahan Tambahan

Untuk tips yang terakhir sebaiknya untuk tidak menggunakan bahan tambahan seperti misalnya susu kental manis, keju atau bahan yang berkalori tinggi lainnya, jika tetap ingin menggunakan bahan tersebut tambahkan dengan jumlah terbatas.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan salad buah bikin gemuk atau kurus? Jawabannya bisa menjadi gemuk karena beberapa bahan dari salad buah ini yang mengandung kalori yang tinggi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

gemukkurussaladsalad buah