5 Rempah Termahal di Dunia, 1 Kg Dihargai 34 Juta

Nesiaverse.com – Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah di dalamnya, tetapi tahukah kamu ternyata ada beberapa jenis rempah termahal di dunia, penasaran apa saja rempah-rempah tersebut? Yuk simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan berbagai jenis makanan kaya dan juga kuat akan rempah-rempah di dalamnya, sehingga tidak heran jika banyak orang Indonesia menggunakan rempah-rempah sebagai penyedap makanan khas Indonesia.

Masih banyak orang yang belum tahu ternyata ada rempah termahal di dunia dan bahkan rempah tersebut memiliki harga mencapai miliaran, terdapat beberapa jenis rempah-rempah dijual dengan harga lebih mahal jika dibandingkan dengan rempah lainya.

Advertisment

Hal ini tentu saja bukan tanpa sebab biasanya rempah tersebut karena biaya produksi dan juga biasa impor yang tinggi sampai kesulitan dalam proses pemeliharaan atau pemanenan, dari sekian banyaknya rempah-rempah yang tersedia di dunia terdapat beberapa di antaranya memiliki harga yang mahal dan fantastis.

Umumnya rempah-rempah sejak lama digunakan sebagai bahan makanan sampai pengobatan tradisional yang sangat ampuh, pada zaman romawi rempah-rempah tersebut digunakan sebagai simbol status, karena rempah tersebut yang hanya dapat dikonsumsi oleh orang kaya saja.

Advertisment

Penasaran bukan apa saja jenis rempah termahal di dunia? Untuk mengetahui hal tersebut maka kamu bisa dengan simak ulasan dibawah ini kita akan membahasnya dengan sebaik mungkin,, untuk itu yuk simak dengan seksama.

Rempah Termahal di Dunia

Rempah sendiri merupakan tanaman yang beraroma dan juga berasa sangat kuat menjadi bumbu atau perisa dalam makanan atau obat-obatan, tanaman rempah-rempah yang menjadi primadona dan bahkan bangsa Barat pernah menjelajah samudra untuk bisa menemukan rempah-rempah.

Dengan keberadaan rempah-rempah tersebut yang cukup langka dan permintaan rempah-rempah cukup tinggi di zaman dulu membuat harga tanaman rempah-rempah menjadi melambung, sekarang ini rempah-rempah bisa ditemukan dengan mudah.

Tapi apakah kamu pernah bertanya atau berpikir bahwa ternyata ada rempah-rempah yang termahal di dunia dan bahkan memiliki harga yang sangat fantastis , dalam satu poundnya atau setara dengan 0,45 kg saja yang dapat mencapai harga sekitar Rp. 34 jutaan.

Adapun untuk beberapa jenis rempah termahal di dunia bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Saffron

Daftar rempah termahal di dunia yang berada di posisi pertama yaitu ada rempah saffron, dimana saffron yang berasal dari bunga saffron crocus merupakan bumbu masak termahal, saffron yang mempunyai aroma manis dan bisa digunakan untuk segala hal dimulai dari makanan, obat-obatan dan bahkan hingga pembuatan parfum serta pewarna.

Sehingga dengan begitu membuat alasan harga rempah-rempah saffron ini memiliki harga yang begitu mahal karena cara panennya, sekitar 40 jam tenaga kerja yang tentunya membutuhkan waktu untuk bisa panen atau memetik 150.000 bunga saffron crocus setara dengan 1 kg atau 70.000 bunga per pon.

Dalam satu bunga hanya menghasilkan saffron sebanyak 30 mg saffron segar, nantinya akan menyusut menjadi 7 mg setelah dikeringkan dan saffron ini yang dijual dengan harga di mulai dari USD 2,336 per pound atau setara Rp. 34.801.611 (kurs Rp 14.897) harga yang begitu fantastis bukan.

Mahlab

Rempah-rempah mahlab yang mengambil urutan bumbu atau rempah termahal di dunia yang kedua dan bumbu tersebut yang tidak biasa dibuat dari biji ceri St. Lucie da biasanya digiling terlebih dahulu sebelum digunakan, rasa dari rempah mahlab tersebut berasal dari perpaduan antara cherry dengan almond pahit dan ini mirip dengan marzipan.

Biasanya rempah mahlab yang kerap digunakan untuk menambahkan sedikit ketajaman pada kue manis dan permen, bumbu dari rempah mahlab sudah digunakan selama berabad-abad oleh orang bagian Timur Tengah dan sekitarnya terutama digunakan untuk membuat makanan penutupnya.

Mahlab yang menjadi sebagai salah satu jenis bumbu rempah-rempah termahal dan mahlab tersebut yang bisa di panen dalam proses yang panjang dan bahkan melibatkan biji ceri yang keras untuk bisa mendapatkan biji yang lunak di dalamnya, untuk biji mahlab tersebut yang mulai dibanderol USD 716 per pound atau setara dengan Rp. 10.666.932.

Kacang Vanila

Mungkin sebagian orang yang melihat rempah-rempah yang satu ini tampak umum yaitu kacang vanila, namun untuk bisa mendapatkannya kacang vanila tersebut yang harus membelinya dengan harga yang sangat tinggi untuk bisa mendapatkan kacang vanila dalam satu poundnya.

Dengan memiliki harga yang mahal dalam satu poundnya jelas diperuntukkan bukan untuk mereka yang memasak dengan anggaran terbatas, alasan bumbu kacang vanila memiliki harga yang begitu sangat tinggi karena sebagian besar polongnya yang berasal dari Madagaskar.

Walaupun hal tersebut biasanya tidak terlalu menjadi masalah dan bahkan negara ini terkadang terkena dampak siklon yang dapat mempengaruhi pada proses produksi tanaman dan membuat bijinya menjadi lebih sulit untuk didapatkan, untuk tanaman vanili yang merambat membutuhkan waktu sampai 4 tahun lamanya sampai matang dan hanya akan mekar satu hari setiap tahunnya.

Sehingga jika tidak diserbuki pada hari ini maka mereka yang tidak akan menghasilkan biji vanili dan oleh karena itu kacang vanili yang termasuk ke dalam rempah termahal di dunia, untuk kacang vanili dibandrol dengan harga mulai dari USD 566 per poundnya atau setara dengan Rp. 8.432.239.

Serbuk Sari Adas Organik

Hampir semua rempah termahal yang dibudidayakan dalam jumlah yang kecil, terdapat jenis rempah termahal di dunia lainnya yaitu ada serbuk dari adas organik yang mempunyai hasil sangat rendah yaitu hanya sekitar 1 gram per tanamannya dan tentunya hal ini perlu dikumpulkan dengan tangan.

Secara komersial untuk sebagian besar serbuk sari adas organik yang dibudidayakan di Tuscany dengan memiliki rasa sangat unik di antaranya lada hitam, licorice, adas manis dan juga manis, adas yang sudah lama digunakan sejak zaman Yunani kuno dan Roma dan ada juga yang dibuat menjadi penolakan serangga serta obat-obatan.

Bagian Timur Tengah rempah serbuk sari adas organik yang biasanya digunakan dalam memasak dan juga memanggang, serbuk sari adas organik tersebut dibanderol dengan harga USD 416 per pound atau setara dengan Rp 6.197.547 dan menempati posisi keempat dari rempah termahal di dunia.

Lada Panjang

Terakhir untuk jenis rempah termahal di dunia yaitu ada lada panjang dan biasanya sering disebut pipphali berasal dari tanaman berbunga dan mempunyai penampilan yang berbentuk kerucut sangat berbeda, sehingga membuat lada panjang ini yang mirip dengan biji pinus kecil dan ramping.

Lada panjang yang sangat populer di masakan Afrika, India dan Indonesia dan bumbu tersebut yang mempunyai rasa mirip dengan lada hitam namun lebih pedas, rempah lada panjang yang berasal dari india kuno digunakan untuk masakan dan juga tujuan pengobatan dan lada panjang ini yang dibanderol USD 416 per pound atau setara dengan 6.197.547.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis rempah termahal di dunia yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

rempahrempah termahal