Pusing Terus Mungkin Ini Tanda Darah Rendah! Simak Cara Mengatasinya

Pernahkah kalian merasa pusing terus-menerus dan bingung apa penyebabnya? Mungkin itu bisa jadi tanda tekanan darah rendah. Di sini, kami akan membahas Pusing Terus Mungkin Ini Tanda Darah Rendah! Simak Cara Mengatasinya, langsung saja diketahui kali ini apa saja lebih detailnya. 

Tentunya kalian pastinya juga pernah untuk menemukan berbagai macam gejala yang sering muncul dan mungkin kalian ingin tau seperti apa saja penyebab atau solusinya. Seperti misalnya dengan darah rendah yang pusing terus menerus kali ini kalian bisa coba mengetahuinya..

Tentu saja kali ini kalian bisa mengetahuinya dan kalian juga bisa untuk langsung saja mencobanya seperti apa saja nanti cara mengatasinya. Semua detail tentang hal tersebut kalian bisa mengerti dan kalian juga bisa memahaminya seperti apa saja di artikel.

Advertisment

Disini nantinya kalian bisa juga mengetahui seperti apa itu Darah Rendah untuk penyebab, gejala ataupun cara mengatasinya nanti. Simak saja disini untuk bisa kalian mengerti nantinya dan juga kalian bisa mencoba mengetahuinya lebih lanjut.

Pusing Terus Mungkin Ini Tanda Darah Rendah! Simak Cara Mengatasinya

Advertisment

Mungkin kalian pernah mengalami pusing karena darah rendah namun perlu diketahui juga hal tersebut beda halnya dengan kurang darah. Dimana untuk darah rendah merupakan tekanan darah yang dibawah normal sementara itu kurang darah adalah kondisi ketika tubuh kekurangan hemoblogin.

Untuk normalnya memang darah memiliki tekanan yaitu sekitar 90/60 mmHg – 140/90 mmHg sesuai dengan umur pastinya. Jelas jika dibawah dari jumlah tersebut tentunya merupakan salah satu pertanda kurang darah yang bisa kalian ketahui. 

Kali ini kita akan memberikan pembahasan untuk gejala, penyebab ataupun cara mengatasinya untuk bisa dimengerti. Langsung saja kalian coba simak disini agar nantinya kalian bisa memahaminya lebih lanjut seperti apa hal tersebut.

Gejala & Penyebab Darah Rendah

Ketika darah kita rendah, biasanya kita merasa beberapa gejalanya seperti berikut ini:

  • Pusing
  • Pandangan Kabur
  • Sulit Berkonsentrasi
  • Badan Lemas
  • Kulit Pucat dan Dingin
  • Nafas Pendek
  • Denyut Nadi Lemah
  • Mudah Pingsan

Darah rendah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  1. Kehamilan: Selama hamil, pembuluh darah melebar dan menurunkan tekanan darah. Ini biasanya terjadi pada awal kehamilan dan kembali normal setelah melahirkan.
  2. Masalah Jantung: Penyakit jantung atau denyut jantung yang sangat lambat bisa menurunkan tekanan darah.
  3. Gangguan Hormon: Masalah dengan kelenjar hormon atau gula darah rendah dapat menyebabkan tekanan darah turun.
  4. Dehidrasi: Kurangnya cairan dalam tubuh dari kurang minum, demam, muntah, atau diare bisa menurunkan tekanan darah.
  5. Kehilangan Darah: Cedera atau pendarahan yang banyak dapat mengurangi volume darah dan menurunkan tekanan darah.
  6. Infeksi Parah: Infeksi yang masuk ke aliran darah bisa menyebabkan tekanan darah sangat rendah dan berbahaya.

Beberapa hal tersebut memang menjadi salah satu alasan mengapa kalian mungkin mengalami namanya darah rendah. Tentu dengan begitu kalian bisa untuk mengetahui apa saja penyebab dan juga gejala terjadinya yang bisa diketahui.

Cara Mengatasi Darah Rendah

Tentunya kalian bisa untuk coba mengatasi darah rendah tersebut dengan beberapa hal seperti yang akan kita jelaskan kali ini. Langsung saja kalian coba ketahui kali ini apa saja yang perlu kalian coba nantinya disana:

  1. Penggunaan Garam Diperbanyak
    Makan lebih banyak garam bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Tapi, hati-hati jika kalian sudah punya tekanan darah tinggi.
  2. Minum Lebih Banyak Air
    Air membantu meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi, jadi pastikan kalian cukup minum.
  3. Gunakan Stoking Kompresi
    Stoking kompresi membantu aliran darah dari kaki ke jantung, yang bisa mengurangi gejala darah rendah. Stoking ini sering digunakan untuk meredakan pembengkakan pada kaki.
  4. Obat-obatan
    Jika darah rendah kalian terjadi saat berdiri, obat seperti fludrokortison atau midodrine bisa membantu. Konsultasikan dengan dokter untuk obat yang tepat.

Untuk tekanan darah sendiri memang kalian bisa untuk ceknya menggunakan alat namu tidak semua bisa mendapatkan hasil yang sesuai dan akurat jika tidak sesuai dengan anjurannya. Kali ini kalian bisa tau seperti apa saja cara mengukur tekanan darah tersebut:

  • Hindari Kafein dan Rokok: Jangan minum kopi atau merokok 30 menit sebelum tes.
  • Tenang Sebentar: Duduk dengan tenang selama 15 menit sebelum pengukuran.
  • Posisi yang Benar: Duduk dengan kaki di lantai dan lengan sejajar dengan jantung saat mengukur.
  • Letakkan Manset dengan Benar: Manset harus menutupi 80% lengan atas dan diletakkan di kulit telanjang, bukan di atas baju.
  • Diam Saat Pengukuran: Jangan berbicara selama tes.
  • Pengukuran Berulang: Lakukan tes dua kali dengan jeda singkat. Jika hasil berbeda lebih dari lima poin, ulangi tes sekali lagi.
  • Periksa di Posisi Berbeda: Jika merasa pusing saat berdiri, ukur tekanan darah saat duduk dan berdiri untuk melihat perubahan.
  • Tekanan Darah Tinggi: Jika hasil lebih dari 180/110 mmHg, segera cari bantuan medis.
  • Periksa Kedua Tangan: Ukur tekanan darah di kedua tangan, karena hasil bisa berbeda antara lengan kanan dan kiri.

Begitu tadi beberapa hal yang bisa kalian ketahui tentang darah rendah kali ini untuk gejala, penyebab, cara mengatasi dan semacamnya. Semoga dengan begitu kalian bisa mengerti dan gimana menurut kalian topik yang dibahas kali ini?

kesehatan