Posisi Tidur Saat Program Hamil

Nesiaverse.com – Ternyata jangan salah memilih posisi tidur karena posisi tidur yang dianggap memiliki peran penting selama program hamil, sehingga dengan begitu kamu yang ingin menjalankan program hamil perlu mengetahui posisi tidur yang baik untuk promil.

Untuk kebanyakan orang tua dengan hadirnya si kecil atau buah hati yang menjadi salah satu impian untuk bisa membentuk keluarga menjadi lebih lengkap, walaupun untuk sebagian pasangan suami istri yang diberikan kemudahan dalam mempunyai momongan dan ada juga yang sebagian membutuhkan berbagai cara dilakukan yang cukup sulit untuk bisa mendapatkan momongan.

Sehingga tidak jarang ada beberapa pasangan suami istri yang rela melakukan berbagai cara program hamil, untuk salah satu cara melakukan promil atau program hamil yaitu dengan memperhatikan dan menerapkan posisi tidur yang baik yang diduga dapat membantu agar cepat hamil.

Advertisment

Posisi Tidur Saat Program Hamil

Advertisment

Lalu bagaimana untuk posisi tidur yang baik pada saat program hamil? Di bawah ini ada beberapa posisi tidur yang akan membantu kamu agar bisa cepat hamil, untuk mengetahui lebih jelasnya maka bisa dengan simak penjelasannya mengenai posisi tidur saat program hamil disini.

Berbaring Terlentang

Untuk posisi tidur saat program hamil yang pertama yaitu badan berbaring terlentang, dimana menurut dr. Christopher Williams yang merupakan ahli endokrinologi reproduksi di Virginia yang menyatakan bahwa berbaring terlentang setelah melakukan hubungan seksual yang memungkinkan sperma untuk berkumpul pada area bawah, sehingga dengan begitu akan memudahkan sperma menuju sel telur.

Menurut sebuah studi yang telah dipublikasikan di British Medical Journal bahwa wanita setelah berhubungan seks tidak bergerak selama 15 menit yang memiliki peluang sekitar 27% untuk hamil dalam satu siklus, tentu saja hal tersebut jika dibandingkan dengan mereka yang segera bangun setelah melakukan hubungan seksual.

Posisi Tidur Saat Program Hamil

Terdapat berbagai cara  yang bisa dilakukan agar program hamil yang dilakukannya bisa berhasil, hal ini karena memang hamil menjadi salah satu impian oleh setiap orang tua yang menginginkan kehadiran buah hati.

Salah satu cara agar promil atau program hamil berjalan dengan lancar dan berhasil yaitu ibu yang harus memperhatikan posisi tidur terutama setelah melakukan hubungan intim, menurut dr. Arina Heidyana yang menyatakan bahwa beberapa posisi tidur saat program hamil ini yang dilakukan setelah berhubungan seksual.

Adapun untuk beberapa posisi tidur saat program hamil yaitu sebagai berikut:

Mengangkatkan Kaki ke Atas Dinding

Posisi tidur saat program hamil yang disarankan oleh dr. Arina yaitu tubuh berbaring dengan kedua kaki yang diangkat ke atas dinding, dengan posisi seperti ini yang dipercaya bisa membantu untuk mengantarkan sperma ke dalam sel telur sehingga dapat terjadinya pembuahan.

Berbaring pada Bagian Punggung Bawah Diganjal

Dr. Arina menyatakan bahwa “Biasanya setelah melakukan hubungan seksual pada bagian punggung bawah atau bokong yang diganjal dengan menggunakan bantal terlebih dahulu, kemudian berbaring sekitar 15 hingga 30 menit”, dan ini menjadi salah satu posisi tidur saat program hamil yang dapat dicoba.

Hal ini juga yang sama dengan pendapat dari dr. James Goldfarb yang merupakan dokter spesialis kandungan dan juga kebidanan Cleveland Clinic dari Amerika Serikat, dia mengungkapkan bahwa “Pada saat berbaring sekitar 10 hingga 15 menit, akan membuat sperma akan berada di leher rahim”.

Dimana selain dengan posisi tidur ibu juga yang perlu mengetahui bahwa tidur juga yang memiliki peran besar dalam proses kesuburan yang dimulai dari menstruasi, sampai pembuahan, dimana dengan kurangnya tidur yang bisa mengurangi tingkat kesuburan pada wanita dan ini yang bisa mempengaruhi Follicle-stimulating hormone (FSH) yang bisa menentukan tingkat kesuburan.

Jika kadar FSH ini yang terlalu rendah atau tinggi  yang kemungkinan wanita kana mengalami kesulitan untuk bisa mencapai kehamilan, hal ini dikarenakan hormon ini  yang memiliki peran dalam siklus menstruasi dan juga ovulasi, sehingga dengan begitu untuk kamu yang menjalankan program hamil yang penting memperhatikan tidur dan posisi tidur yang baik untuk kesuburan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa jenis posisi tidur saat program hamil yang perlu ibu perhatikan dan tidak ada salahnya untuk mencoba, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

program hamilpromil