Porsi Ubi Jalar Untuk Diet

Nesiaverse.com – Ubi jalar sudah terkenal dengan manfaatnya mampu menurunkan berat badan dan sudah banyak orang masyarakat memilih untuk diet ubi jalar ini, agar hasil dietnya maksimal kamu perlu mengetahui porsi ubi jalar untuk diet.

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan ubi jalar dan ubi jalar ini yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dengan harga yang terjangkau juga, bahkan masyarakat Indonesia memilih untuk menanamnya di kebunnya atau di halaman rumahnya karena mudah di tumbuh juga.

Ubi jalar sendiri merupakan salah satu tanaman umbi-umbian semusim yang tumbuh dimana saja yang terdiri dari daun, batang, akar, biji dan juga umbi buahnya yang aman dimakan, ubi jalar ini yaitu sumber energi yang sangat baik dalam bentuk karbohidrat.

Advertisment

Terdapat sekitar 11 warna kulit ubi jalar yang bervariasi dan semuanya tidak selalu sama dengan warna umbi, masyarakat Indonesia yang biasanya ubi jalar ini yang dijadikan sebagai salah satu makanan pokok yang menjadi pilihan makanan alternatif pengganti nasi.

Selain itu ubi menjadi salah satu sumber karbohidrat yang kerap dikonsumsi sebagai pilihan menu diet harian, tetapi sebelum memutuskan untuk konsumsi ubi jalar sebaiknya kamu mengetahui jumlah kandungan nutrisi dan kalori dalam ubi tersebut.

Advertisment

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ubi setiap porsi 100 gram yaitu:

  • 86 kalori
  • 20 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • 1,6 gram protein
  • 0,1 gram lemak
  • 337 miligram potasium
  • 55 miligram sodium
  • 30 miligram kalsium

Selain diatas ubi jalar juga yang mengandung berbagai vitamin yaitu ada vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, ada beta karoten dan juga zat antioksidan yang tinggi, dengan beragam kandungan nutrisi ini memberikan manfaat untuk kesehatan salah satunya menurunkan berat badan cocok untuk diet.

Nah untuk kamu yang berencana diet dengan memanfaatkan ubi jalar, maka sebaiknya mengetahui dengan porsi ubi jalar untuk diet agar bisa mendapatkan hasil maksimal dan dibawah ini kita akan membahasnya secara bersama-sama untuk itu yuk simak.

Porsi Ubi Jalar Untuk Diet

Kenapa ubi jalar dikatakan baik untuk diet? Karena dengan mengkonsumsi ubi yang akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga dengan begitu dapat menekan dorongan untuk ngemil makanan yang manis berlebihan.

Manfaat ini tentu saja berasal dari kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya, pada umumnya saat menjalankan program diet kamu perlu mengurangi sekitar 500 kalori dari jumlah kalori dianjurkan per harinya dan untuk orang dewasa yaitu sekitar 2100 hingga 2600 kkal.

Dimana dalam artian dengan semakin sedikit kalori didapatkan diikuti juga dengan peningkatan aktivitas yang dapat membantu menurunkan berat badan, dari efek mengenyangkan ubi jalar ini yang dapat membantu kamu untuk mengurangi jumlah kalori harian.

Sehingga ubi jalar ini yang sangat cocok dikonsumsi pada saat diet dan manfaat ini yang disebutkan juga dalam hasil penelitian diterbitkan oleh jurnal Nutrients tahun 2019, pada studi ini terdapat sebanyak 58 pekerja kantor yang mengganti satu kali makan per harinya dengan makanan terbuat dari 132 gram ubi jalar.

Hasilnya selama 8 minggu yang menunjukan bahwa terjadinya penurunan berat badan, pengurangan lemak pada tubuh dan juga lingkar lengan yaitu sebesar 5 %, untuk kamu yang ingin dietnya berhasil maksimal maka jangan konsumsi ubi jalar berlebihan.

Adapun porsi ubi jalar untuk diet yaitu cukup dengan konsumsi 1 hingga 2 buah ubi jalar dalam sekali makannya, ubi bisa dijadikan menu sarapan, menu makan siang maupun makan malam sesuai dengan selera.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan porsi ubi jalar untuk diet yaitu bisa mengkonsumsi 1 sampai 2 biji buah ubi jalar dalam sekali makannya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

dietubi