Olahraga Plank Untuk Melatih Otot Apa Saja?

Nesiaverse.com – Plank merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat, kemudian apakah manfaat untuk melatih bagian otot tubuh ? mengingat plank sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang terlihat ringan dan simpel. Sehingga banyak yang mencoba mempertahankan jenis olahraga satu ini, karena plank sendiri diklaim memiliki banyak manfaat meskipun gerakannya yang sangat sederhana dan ringan. 

Plank sendiri merupakan jenis gerakan olahraga yang mirip dengan push up, dimana menggunakan lengan bagian bawah dan ujung kaki sebagai tumpuannya. Kamu bisa melakukan gerakan plank dimana saja, dan tentunya tidak membutuhkan peralatan atau pelengkap lainnya. Cukup melakukannya di lantai yang datar saja. Kemudahaan pengaplikasian gerakan plank ini membuatnya digemari banyak orang. 

Olahraga Plank Untuk Melatih Otot Apa Saja?

Advertisment

Meskipun olahraga plank ini dilakukan secara diam di tempat, namun banyak sekali manfaat dari gerakan plank ini. Umumnya gerakan plank sendiri dapat melatih dan memperkuat seluruh otot di area tubuh. Otot yang akan terbentuk paling kuat dengan gerakan planks sendiri adalah otot core.

Advertisment

Dalam melakukan gerakan plank, kamu harus memperhatikan frekuensi atau waktunya, tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Frekuensi dna wkatu yangs ederhana untuk melakukan olanka dalam 10 detik dengan repetisi total hingga 2 menit lamanya. Ketika kamu melakukan plank secara berlebihan, nantinya bukan manfaat yang kamu dapatkan justru kamu akan terancam berbagi bahaya. 

Plank merupakan jenis olahraga yang memiliki pose latihan dengan kekuatan untuk melatih otot perut utama, diantaranya dada, leher, gluten dan paha depan. Selain itu pada area otot punggung dikenal juga sebagai salah satu latihan isometrik kamu akan mendapatkan manfaat yang mampu mengontraksi area otot dengan mempertahankan satu sisi saja. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa manfaat plank dan otot apa saja yang dilatih oleh gerakan Plank ini. 

Memperkuat Otot Inti

Manfaat plank adalah dapat memperkuat otot inti pada tubuh. Sehingga dpaat membnagu kekauan inti, pose plank adalah yang terbaik karena fungsi dna kemampuannya yang dapat melatih kelompok otot di area perut. Plank sendiri dapat memperkuat bagian otot berikut ini.

  • Otot Visual atu Six pack
  • Otot penstabil inti dalam atau dikenal dengan transverse abdominis
  • Otot penggerak pinggul dan punggung, yaitu obliques internal dan obliques external

Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan plank ini dengan baik dan melatih otot-otot tersebut. 

Meningkatkan Definisi Otot

Selain melatih otot, plank sendiri memiliki manfaat untuk membantu memperkuat otot yang bersamaan dengan perut kamu. Plank dapat memperkuat bagian otot-otot pada area bahu, punggung, dada dan kaki. Sehingga nantinya akan terbentuk tubuh atas yang baik.

Fungsi plank sendiri dapat dikombinasikan dengan pegangan isometrik, dengan demikian dapat membantu untuk memeprkuat dan memebangu otot tanpa adanya lemak untuk meningkatkan defisit otot secara penuh pada tubuh. Maka, lakukan kegiatan plank secara rutin juga. Selain untuk melatih otot namun kamu juga dapat menjaga massa dan definisi otot dalam tubuh. 

Meningkatkan Mood dan Mereda Stress

Tidak hanya bermanfaat untuk melatih otot saja, namun plank juga memiliki manfaat bagi kesehatan psikis atau kesehatan mental seseorang. Aktivitas fisik seperti plank sendiri akan membantu kamu untuk melepaskan zat kimia saraf di otak yang bernama endorfin. Hormon ini dikenal dapat membantu meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi perasaan stres yang menumpuk karena kerjaan. 

Plank dapat emmenatu kamu untuk meredakan ketegangan, karena tubuh kamu akan didorong untuk gerakan peregangan dan memanaja secara terus-menerus. Plank memiliki manfaat bagi pengendalian mood baik ketika selesai melakukannya. 

Meningkatkan Kesehatan Sendi dan Tulang

Salah satu manfaat dari melakukan gerakan plank adalah mampu meningkatkan kesehatan sendiri dna tulang. Planks endiri akan emmeungkinakan kamu untuk terlibat dengan berbagai aktivitas fisik yang mampu menahan beban secara sekaligus, sehingga dapat mengurangi efek samping yang menimbulkan rasa nyeri. Misalnya dari kegiatan atau latihan yang mengharuskan kamu melompat dan berlari. 

Ketika kamu melakukan gerakan plank sendiri, jaringan tulang baru akan dibuat dan mampu menghasilkan tulang yang lebih kuat dan kokoh. Aktivitas olahraga yang kamu lakukan seperti plank ini akan memeungkinkan tulang bergerak dengan cara yang jauh lebih mulus lagi. 

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Plank bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan pada tubuh. Hal ini disebabkan adalah pelatihan penahanan isometrik yang diterapkan selama melakukan gerakan plank dengan mendorong tubuh untuk menciptakan stabilitas secara keseluruhan.

Sehingga akan menciptakan peningkatan keseimbangan serta koordinasi secara keseluruhan dalam tubuh. Maka, dengan melakukan gerakan plank yang juga melatih pinggul sebagai salah satu ukuran keseimbangan tubuh, kamu layak mencoba plank setiap harinya. 

Mengurangi Rasa Nyeri Punggung

Manfaat melakukan plank lainnya adalah mengurangi rasa nyeri punggung. ketika bagian otot pada perut kamu menjadi lebih kuat karena sudah terlatih, maka tubuh juga akan menjadi kurang bergantung pada penggunaan otot punggung yang berlebih. Sehingga tubuh akan mneggunakna inti yang lebih kuat untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Dengan begitu dapat mengurangi rasa sakit di area punggung bawah karenanya. 

Mengecilkan Perut

Jika kamu sedang dalam programa diet dan ingin mengecilkan perut, maka kamu wajib mencoba olahraga dengan gerakan plank ini. Dengan melakukan gerakan plank secara rutin setiap harinya, kamu dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Sehingga kamu akan mendapatkan badan ideal yang kamu impikan. Hal ini dikarenakan saat melakukan plank akan terjadi proses penarikan otot di area perut hingga ke bahu atas. Sehingga mampu melatih otot sekitar menjadi lebih baik lagi. 

Berikut beberapa tips melakukan plank yang dapat melatih otot dengan baik dan benar, sehingga hasilnya akan maksimal. 

Lakukan Secara Perlahan Namun Pasti

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan gerakan plank secara perlahan namun pasti. Konsistensi dibutuhkan untuk melakukan kegiatan olahraga plank secara rutin. Seseorang akan kesulitan untuk melakukan plank secara rutin sekaligus. Namun, jika kamu melakukannya secara perlahan, maka sedikit demi sedikit kamu bisa beradaptasi dan membangung kosistensi latihan yang baik juga. 

Perhatikan Durasi Plank

Dalam melakukan gerakan plank, jangan melakukannya dengan durasi yang lama. Kamu tidak harus melakukan plank pertama kali selama 1 hingga 5 menit. Kamu dapat mencobanya dengan melakukan plank selama 10 detik, 30 detik, 40 detik hingga 1 menit dan seterusnya. Lakukan peningkatan durasi secara perlahan. Dengan begitu badan kamu akan keterbatasan dan tidak kaget lagi. 

Lakukan 2 Kali sehari

Jika sebelumnya adalah durasi, maka kamu bisa mulai memperhatikan frekuensinya. Lakukan gerakan plank sebanyak 2 kali sehari, kamu bisa melakukannya pagi hari selama 30 detik hingga 1 menit. Kemudian untuk frekuensi keduanya, kamu bisa melakukan gerakan plank selama 30 detik pada malam hari sebelum tidur. Kamu bisa meningkatkan durasi gerakan olahraga plank secara bertahap dengan begitu kamu dapat menyesuaikannya dengan kemampuan kamu. 

Melakukan Plank Kombinasi

Terakhir, kamu bisa melakukan plank kombinasi, hal ini dilakukan agar kamu tidak jenuh. Kombinasi gerakan plank sendiri bisa kamu aplikasikan secara bertahap, dengan referensi melihat tutorial di youtube. Pastikan kamu menyesuaikan dengan kemampuan kamu, sehingga tidak memaksa dna menimbulkan cedera. 

Demikian pembahasan mengenai plank yang mampu melatih bagian otot pada tubuh. Selain itu kamu juga bisa mulai memperhatikan tips dalam melakukan gerakan plank sehingga mendapatkan manfaat bagi tubuh secara maksimal. Plank memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, maka lakukanlah secara bertahap dan jangan langsung melakukan dengan frekuensi dan durasi yang lama karena akan membuat tubuh kaget dan terbebani.

plank