Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan

Nesiaverse.com – Ketika kamu sedang dalam masa mengandung dan sebentar lagi akan segera melahirkan, penting sekali untuk menyiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan nanti. Supaya kamu tidak kerepotan dan semua kebutuhan sudah tersedia.

Seringkali orang-orang selalu melupakan perlengkapan untuk para ibu hamil yang akan segera melahirkan. Seharusnya sebelum dibawa ke dokter atau bidan, penting sekali menyiapkan barang apa saja yang akan diperlukan nantinya  untuk si ibu ataupun untuk bayinya nanti.

Karena di bidan tidak menyediakan begitu banyak keperluan atau perlengkapan untuk ibu melahirkan dan si bayi. Makanya kita sebagai keluarganya harus selalu mengingatkan hal itu, atau untuk diri kamu sendiri harus banyak prepare dalam segala hal selama masa kehamilan.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi terkait perlengkapan yang harus kamu bawa saat melahirkan di bidan. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan di Bidan

Advertisment

Sederet pengalaman melahirkan yang dibagikan orang-orang melalui internet, seperti halnya dalam sosial media, forum, website, dan sebagainya. Kerap menggugah begitu banyak rasa penasaran dari para pasutri baru yang masih belum paham dan mengetahui seperti apa sih rasanya mengandung lalu melahirkan, dan apa saja yang perlu dipersiapkan pada saat itu.

Pertanyaan mengenai kualitas pelayanan rumah sakit tertentu, biaya penangan dan perawatan, sakit atau tidaknya melahirkan, hingga hal kecil seperti apa saja yang harus dibawa saat melahirkan di tempat, menjadi topik yang cukup menarik untuk dibahas secara tuntas.

Berharap informasi yang dibagikan nantinya akan dapat membantu pasutri baru yang hendak bersalin di suatu tempat, seperti bidan. Proses bersalin sendiri tidak memiliki standar tertentu, seperti harus bersalin di tempat mana, secara apa, dan bagaimana. Namun, tentu setiap suami istri menginginkan persiapan bersalin dengan perawatan yang baik dan normal.

Setidaknya pasutri harus mengetahui terlebih dahulu, proses sebelum melahirkan yang perlu kamu persiapkan dan lakukan terlebih dahulu yaitu meliputi:

  • Lakukan riset kecil dalam memilih tempat bersalin, bisa bertempat di bidan terdekat dengan rumah agar waktu tempuh tidak terlalu lama ketika dalam keadaan darurat, atau pilihan tempat dengan kriteria lain seperti kualitas pelayanan yang lebih baik dan murah.
  • Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dibarengi olahraga yang cukup, seperti senam untuk ibu hamil dapat membantu mempersiapkan tubuh menjadi lebih bugar untuk menghadapi proses persalinan.
  • Dalam mengurangi risiko terjadinya infeksi, jagalah kebersihan diri sebaik mungkin sebagai persiapan melahirkan normal. Ketika waktu persalinan sudah dekat, ada baiknya ibu hamil mencukur bulu kemaluan terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan penjahitan apabila ada robekan jalan saat proses melahirkan. Ibu hamil penting untuk mempelajari apa saja yang dialami saat proses persalin tengah dilakukan, hal ini diperuntukan untuk mencegah terjadinya situasi tidak terduga.
  • Pilihlah dokter maupun bidan kandungan yang dapat mendukung proses persalinan secara normal, serta dapat diajak bekerjasama dengan ibu hamil.
  • Fisik dan mental, baik dari istri maupun suami harus dipersiapkan sebaik mungkin. Secara, proses persalinan memerlukan upaya yang tidak sedikit dan harus diperhatikan dengan baik.

Setelah mengetahui beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum proses persalinan atau melahirkan, selanjutnya kamu harus mengetahui apa saja perlengkapan yang diperlukan nantinya saat ingin melahirkan. Jika kamu dan pasanganmu memilih untuk melakukan persalinan di bidan, berikut ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan. Diantaranya adalah:

Perlengkapan Untuk si Bayi

Teruntuk si bayi yang akan segera terlahir, pastinya kamu harus membawa perlengkapan untuknya sebelum melahirkan di bidan. Hal ini dilakukan supaya saat bayi terlahir dapat langsung diberi berpelengkapan sesuai apa yang dibutuhkan nantinya pada saat itu. Seperti berikut di bawah ini:

  • Kamu bisa siapkan popok ukuran newborn, biasanya menggunakan popok kain atau disposable diapers agar lebih praktis. Karena bidan perlu memantau volume pipis si bayi, jadi ada baiknya kamu membawa kedua jenis popok tersebut.
  • Baju lengan pendek atau panjang 2 – 3 potong untuk berganti selama 3 hari di bidan. Pastikan memilih baju dengan kualitas kain yang bagus dan lembut agar lebih nyaman.
  • Kaus kaki 1 pasang, dan sarung tangan bayi 1 pasang, karena bayi baru lahir memiliki kuku yang cukup tajam jadinya kamu harus menyiapkan sarung tangan dan kaki supaya tidak melukai kulitnya sendiri saat bayi mulai bergerak-gerak.
  • Bedong atau kain bedong yang nantinya digunakan untuk membungkus si bayi agar tubuhnya tetap hangat dan tidak kedinginan.
  • Selimut, karena di bidan tidak menyediakan selimut untuk bayi ada bagusnya kamu membawa selimut untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan untuk si bayi.
  • Tisu basah adalah perlengkapan yang harus dibawa dan tersedia juga di rumah, karena nantinya tisu basah digunakan untuk membersihkan feses dan pipis si bayi.
  • Penutup kepala juga perlu dipersiapkan, agar menjaga bagian kepala si bayi tetap hangat.
  • Kain gendongan untuk nantinya menggendong si bayi ketika sudah boleh pulang ke rumah.
  • Perlengkapan mandi untuk si bayi, karena bayi juga perlu dimandikan sehabis lahir dan sediakan juga handuk lembut untuk mengeringkan si bayi.

Perlengkapan Untuk si Ibu

Selain untuk si bayi, jangan lupa juga menyiapkan perlengkapan untuk sang ibu ketika akan segera melahirkan di bidan. Nah, berikut adalah perlengkapannya yaitu:

  • Bra menyusui 2 buah, supaya lebih mudah saat hendak ingin menyusui si bayi.
  • Breast pad 2 buah supaya ASI yang keluar dari payudara kamu tidak rembes keluar, terutama bagi kamu yang produksi ASInya sangat lancar dan banyak.
  • Softex satu bungkus, karena pastinya kamu memerlukan softex agar darah tidak rembes keluar setelah melahirkan.
  • Pompa ASI digunakan untuk kamu yang kesulitan atau kurangnya produksi ASI.
  • Baju ganti atau daster 3 – 4 potong untuk berganti selama di bidan.
  • Kaus kaki 1 pasang, dan sandal 1 pasang, agar melindungi kaki kamu dari hawa dingin serta dengan adanya sendal dapat mempermudah kamu kesana-kemari tanpa khawatir kaki kotor. Karena di bidan tidak selalu menyediakan begitu banyak perlengkapan.
  • Perlengkapan mandi seperti sikat gigi dan odol 1 pasang, shampoo 1 botol, sabun 1 batang atau botol, dan handuk. Selama kamu di bidan pastinya memerlukan alat mandi yang memadai agar dapat membersihkan tubuh dengan nyaman.
  • Celana dalam 3 – 4 potong, untuk pergantian selama berada di bidan.
  • serta gurita 1 – 2 buah, untuk membungkus bagian perut kamu setelah melahirkan.

Mempersiapkan segala sesuatu menjelang persalinan akan sangat membantu proses persalinan secara pra maupun pasca. Jadi, pastikan para calon ayah dan calon ibu memahami pentingnya melakukan proses persalinan yang normal, melalui persiapan yang matang dan terencana.

Itulah beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Siapa tau bagi kamu yang belum mengetahui apa saja perlengkapan yang harus dibawa nantinya saat ingin melahirkan di bidan, supaya berjalan dengan lancar.

Apabila memerlukan perlengkapan lain sebagai pelengkap kenyamanan dan keamanan saat pra maupun pasca melahirkan, usahakan tidak membawa barang yang terlalu memberatkan untuk dibawa. Cukup yang penting-pentingnya saja dan diperlukan. Good Luck semoga membantu.

bidanmelahirkan