5 Perbedaan Kucing Jantan dan Betina

Nesiaverse.com – Apa saja perbedaan kucing jantan dan betina? Dari segi apa saja sih yang membedakan keduanya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait perbedaan dari kucing jantan dan betina yang dapat kamu bedakan.

Semua makhluk hidup diciptakan dengan dua jenis kelamin yang berbeda atau sering disebut dengan pria dan wanita sebagai sebutan untuk membedakannya, begitupun dengan hewan seperti kucing. Mereka juga diciptakan dengan dua jenis berbeda, yaitu betina dan jantan.

Walaupun memang untuk membedakan jenis kelamin hewan akan sangat sulit dan berbeda sekali dengan manusia. Karena dari kelihatannya atau secara kasat mata, kucing itu seperti sama saja dan tidak ada perbedaan menonjol untuk kedua nya kalau bukan alat kelaminnya.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa sih perbedaan kucing jantan dan betina? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang perbedaan kucing jantan dan betina secara menyeluruh, agar dapat kamu kenali dengan baik. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina

Advertisment

Kenapa kucing harus diciptakan dengan dua jenis kelamin yang berbeda? Terkadang sering kali terpikir di benak, kenapa hewan juga harus ada jantan dan betina. Sama halnya seperti manusia hewan juga yang diciptakan dengan dua gender yang berbeda untuk melengkapi satu sama lain.

Memangnya untuk apa sih? Tentu saja untuk berkembang biak dan menciptakan spesies mereka sendiri agar tidak punah. Hewan juga perlu berkembang biak, lalu melahirkan anak sebagai keturunannya. Sehingga spesies mereka akan terus berkembang dan tumbuh banyak.

Kucing diketahui memiliki banyak jenis atau rasnya kurang lebih ada sebanyak 30 ras dan itu belum termasuk semua ras lainnya dari hasil perkawinan silang yang menghasilkan ras baru. Mungkin diperkirakan kurang lebih ada 142 jenis ras kucing yang ada di seluruh dunia ini.

Semua itu hasil dari perkembang biakan mereka sampai menghasilkan banyak ras dan jenisnya dan seperti itulah gunanya terdapat perbedaan gender. Entah itu menghasilkan generasi baru, ras baru, atau jenis baru, semua itu tujuannya hanya untuk mempertahankan spesies mereka.

Namun, memang kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan setiap jenis kelamin atau gender hewan. Makanya banyak sekali yang masih keliru dalam membedakan kucing jantan dan betina itu seperti apa saja. Buat kamu yang belum tau, berikut adalah perbedaannya:

Alat Reproduksi

Hal yang paling utama dalam menentukan kucing itu jantan atau betina, pastinya hal yang dilakukan pertama kali adalah dengan melihat langsung alat reproduksi atau kelaminnya. Pasti kamu akan langsung melihat ke bagian belakang tubuh si kucing, tepatnya dekat ekor mereka.

Mungkin untuk orang yang masih awam, masih sedikit bingung nih perbedaannya gimana. Biasanya kalau kucing jantan itu terdapat biji testis berbentuk bulat seperti bola-bola dan ada penis di bagian bawah perutnya. Sedangkan betina hanya terdapat anus dan saluran urine saja.

Bentuk Wajah

Mungkin melihat dari segi bentuk wajah atau kontur wajah pada kucing akan cukup sulit menentukan mana yang jantan dan betina. Walaupun begitu ternyata kucing memiliki bentuk wajah yang berbeda sesuai dengan jenis kelamin mereka, baik kucing jantan maupun betina.

Biasanya kucing jantan lebih tegas dalam kontur atau bentuk wajahnya dibandingkan betina. Bagian pipi kucing jantan cenderung lebih besar dan lebar serta bentuk wajahnya lebih bulat daripada kucing betina, hal ini terjadi karena testosteron pada kucing jantan dan betina beda.

Sebaliknya kucing betina wajahnya lebih ramping atau tirus, hal itu menunjukkan adanya perbedaan aura atau karisma yang ditunjukkan antara pejantan dan betina. Sebagai pejantan bentuk pipi yang besar menandakan bahwa mereka lebih kuat untuk menarik perhatian betina.

Sedangkan pada betina bentuk wajah yang tirus itu menunjukkan keeleganan, kecantikan dan menebar pesona untuk menarik perhatian para pejantan. Layaknya manusia yang memang memperindah diri dan tubuhnya dengan maksud ingin menarik perhatian lawan jenisnya.

Ukuran Tubuh dan Berat

Mungkin jika dilihat sekilas ukuran tubuh mereka akan terlihat sama saja dan tidak ada perbedaan signifikan. Namun, nyatanya kucing jantan itu ukuran tubuhnya lebih besar dan berbobot dibandingkan tubuh kucing betina yang ramping dan cenderung terlihat kurus.

Berat badannya pun lebih berat kucing jantan daripada kucing betina, karena pastinya kucing jantan memiliki bobot tubuh yang lebih besar apalagi untuk para pejantan tidak dikebiri sampai kematangan seksualnya terpenuhi serta kesehatan tubuhnya yang terjaga, punya otot.

Sedangkan betina lebih ringan dan tidak terdapat otot atau bobot yang lebih berat dari jantan. Memang akan terlihat lebih kurus, tapi itu bukan karena kurus hanya saja memang bentuk tubuh si betina itu ramping. Sama halnya seperti manusia yang memiliki tubuh ideal langsing.

Perilaku atau Kepribadian

Selain pada ciri fisik, ternyata kucing juga memiliki perbedaan yang menonjol dari sikap, perilaku, ataupun kepribadian yang beragam. Biasanya kucing memang memiliki perilaku yang random, entah itu kucing jantan atau betina keduanya sama-sama punya ciri khas perilakunya.

Sebenarnya untuk perilaku atau kepribadian kucing itu akan berbeda-beda mulai dari setiap ras kucing atau jenis kucing itu tersendiri. Bahkan ada juga kucing jantan yang memiliki kepribadian yang penakut dibandingkan kucing betina yang lebih berani ataupun agresif.

Semua itu tergantung pada konteks atau dalam kondisi yang berbeda-beda, soalnya perilaku itu akan berubah sesuai kondisi entah itu memiliki trauma ataupun ketakutan. Walaupun begitu secara naluri atau sudah kodratnya kucing betina dan jantan itu punya perilaku yang berbeda.

Biasanya kucing jantan itu lebih agresif, apalagi kucing jantan yang tidak dikebiri. Sebaliknya buat kucing jantan yang sudah dikebiri akan lebih kalem, dan bahkan cenderung lebih ramah, penyayang, manja, serta dapat menjalin ikatan erat atau persahabatan dengan pemiliknya.

Sedangkan kucing betina cenderung lebih menyendiri dan agresif jika didekati oleh kamu, terkadang akan mencakar atau menggigit orang yang tidak mereka kenali. Bahkan banyak juga kucing jantan yang takut pada kucing betina, walaupun begitu kucing betina juga penyayang.

Kebiasaan Pipis

Perbedaan dari kebiasaan mereka dalam melakukan spraying pun berbeda, lho! Biasanya kucing jantan yang sedang birahi akan menandai wilayah mereka dengan bau urine, sehingga suka pipis sembarangan dan lebih agresif dalam mencari kucing betina untuk diajak kawin.

Sedangkan kucing betina saat mereka sedang birahi, akan melakukan hal yang sama juga yaitu spraying. Hanya saja perbedaannya, kucing betina akan spraying guna mengeluarkan bau urine yang tidak biasa untuk menarik perhatian atau memancing si jantan ketika mengendusnya.

Itulah beberapa perbedaan kucing jantan dan betina yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa membedakan mana yang betina dan mana yang jantan dengan baik. Untuk lebih mudahnya mungkin kamu bisa lihat langsung di bagian alat kelaminnya jelas sangat berbeda.

Mungkin ada beberapa kucing yang terlahir cacat di bagian alat reproduksinya yang mungkin cukup sulit untuk membedakan keduanya. Walaupun begitu dilihat dari segi fisiknya pun tidak begitu sulit,kok! Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing betinakucing jantan