11 Perawatan 40 Hari Setelah Melahirkan

Nesiaverse.com – perawatan setelah melahirkan atau perawatan selama nifas yang menjadi salah satu yang sangat -penting perlu ibu ketahui, sehingga untuk ibu yang masih pemula dan belum tahu dengan cara perawatannya maka bisa dengan simak penjelasannya disini mengenai perawatan 40 hari setelah melahirkan.

Dimana dengan memiliki bayi tentu saja menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu dan dapat mengubah hidup, tetapi di balik bahagia dengan hadirnya buah hati lahir namun ibu jangan lupa untuk melakukan berbagai perawatan selama 40 hari atau biasa disebut dengan masa nifas dengan baik dan benar di rumah.

Apa pun untuk proses persalinan yang dijalani baik secara normal maupun secara caesar tentu saja ibu yang akan mengalami pengalaman fisik dan juga emosional sangat instan, untuk hal ini agar bisa pulih dan kembali seperti sebelumnya atau normal yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Advertisment

Sehingga dengan begitu agar proses pemulihan kembali normal ibu yang perlu mengetahui dan memahami dengan perawatan 40 hari setelah melahirkan atau nifas, nah untuk mengetahui lebih jelasnya simak penjelasannya disini.

Perawatan 40 Hari Setelah Melahirkan

Advertisment

Dimana ibu yang setelah melahirkan yang akan memasuki masa nifas yang merupakan rentang waktu sejak keluarnya plasenta pada saat persalinan sampai 6 minggu setelahnya, untuk lama masa nifas ini yaitu sekitar 40 hingga 42 hari sejak setelah proses persalinan dan untuk selama ini pada sebagian besar kondisi tubuh ibu yang akan kembali pulih seperti semula.

Dalam melewati pada masa nifas ini yang baik dan benar sangat penting untuk ibu mengetahui segala hal yang harus dilakukan, mungkin untuk keluarga dekat yang biasanya memberikan banyak nasihat mengenai tentang merawat bayi yang baru lahir tetapi sedikit perhatian yang diberikan untuk perawatan selama nifas 40 hari ini.

Apalagi yang kebanyakan ibu yang masih baru tidak akan merasa cukup siap untuk pengalaman pasca persalinan, karena selain kesehatan fisik namun kesehatan mental ibu yang sudah melahirkan juga menjadi salah satu yang penting perlu dijaga apalagi setelah melahirkan yang dimana hormon estrogen  yang akan menurun secara drastis.

Hal ini yang akan membuat ibu menjadi lebih mudah sedih, tersinggung dan juga cemas, dengan berbagai kecamuk perasaan ini yang nantinya akan hilang dalam beberapa hari dan biasanya akan hilang dalam 2 minggu, tetapi ada juga yang sebagian ibu mengalami kecamuk perasaan ini yang secara berkelanjutan dan akhirnya hal ini yang berkembang menjadi baby blues atau bahkan depresi postpartum.

Sehingga dengan demikian untuk mengenai perawatan 40 hari setelah melahirkan ini yang perlu diketahui agar ibu dapat puluh  yang secara fisik dan juga mental, hal ini yang bisa mencegah terjadinya risiko baby blues dan juga depresi postpartum tersebut, apalagi menyesuaikan diri pada kehidupan sehari-hari setelah proses melahirkan yang merupakan tantangan tersendiri apalagi untuk kamu yang masih terbilang baru.

Setelah melahirkan ibu  yang tidak hanya harus merawat bayi yang baru lahir namun ibu juga  yang harus menjaga kesehatan diri sendiri baik secara fisik maupun mental, selain itu juga ibu yang harus membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru.

Dengan berbagai hal tersebut dapat membuat ibu menjadi mudah lelah dan bahkan frustasi terutama jika kondisi mental dan fisik yang masih belum pulih, adapun untuk beberapa perawatan 40 hari setelah melahirkan yang dapat kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

Harus Istirahat yang Cukup

Biasanya kebanyakan ibu yang baru melahirkan akan kekurangan waktu untuk tidur pada malam hari hal ini karena harus menjaga bayi, sehingga ibu yang bisa berupaya untuk bisa tidur sebanyak mungkin pada saat siang hari dan ibu juga bisa tidur pada saat bayi sedang tidur untuk memastikan jika ibu cukup istirahat, namun jika ibu kewalahan maka ibu bisa dengan meminta kepada suami atau keluarga untuk bergantian menjaga bayi agar ibu dapat istirahat dengan optimal.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman dan Longgar

Sebagian ibu yang setelah melahirkan mengalami keringat malam atau disebut dengan hot flashes pada bulan pertama setelah proses melahirkan, kondisi ini yang disebabkan oleh perubahan hormon dan juga kebutuhan tubuh untuk mengeluarkan sisa cairan dari masa kehamilan sebelumnya.

Dimana keringat malam ini yang tentu saja sangat tidak nyaman untuk ibu tetapi hal ini masih normal dan biasanya kondisi seperti ini yang akan hilang dalam beberapa hari atau minggu, sehingga dengan begitu ibu sebaiknya untuk menggunakan pakaian yang besar dan nyaman terutama di malam hari.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Dimana selama perawatan 40 hari setelah melahirkan ini ibu perlu mempertahankan pola makan yang sehat bertujuan agar proses pemulihan dapat berjalan dengan cepat, dimana ibu bisa dengan meningkatkan asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan juga protein selain itu juga meningkatkan asupan cairan agar tetap terhidrasi terutama pada saat menyusui.

Jangan Ragu untuk Minta Bantuan

Untuk menangani semuanya ibu yang tidak perlu memaksakan sehingga ibu tidak boleh ragu untuk mencoba meminta bantuan kepada suami atau keluarga selama perawatan perawatan 40 hari atau nifas setelah melahirkan, agar ibu bisa pulih dengan cepat maka isa dengan meminta bantuan kepada orang terdekat yang akan membantu pemulihan yang cukup cepat seperti bantuan menyiapkan makanan, merawat bayi dan juga mengerjakan pekerjaan rumah.

Melakukan Senam Kegel

Dimana untuk membantu memulihkan pada area perineum setelah melahirkan ini ibu yang bisa dengan melakukan senam kegel, dimana senam kegel ini yang bisa membantu untuk mengembalikan otot pada sekitar organ intim kembali menjadi kencang dan ini menjadi salah satu perawatan 40 hari setelah melahirkan yang bisa ibu lakukan.

Membatasi Kunjungan dari Orang Luar

Hal yang penting untuk perawatan 40 hari setelah melahirkan yaitu membatasi kunjungan dari orang luar, memang biasanya banyak orang yang datang untuk menjenguk ibu pasca melahirkan tetapi hal ini bukan waktu yang tepat untuk menjamu tamu dan ibu juga yang bisa membatasi kunjungan terlalu banyak agar ibu bisa istirahat lebih cukup.

Tidak ada salahnya juga ibu untuk membatasi atau mengatakannya tidak sepenuhnya kepada kunjungan orang lain, dimana selama  waktu ini ibu yang perlu menyesuaikan diri dengan kehidupan yang baru dan juga perlu penyembuhan yang sepenuhnya baik untuk ibu hamil atau bayinya.

Menemui Pakar Psikolog

Untuk ibu yang mengalami mood swing, kelelahan yang sangat luar biasa dan juga kehilangan nafsu makan hal ini mungkin ibu yang sedang mengalami depresi pasca persalinan, sehingga untuk mengatasi hal tersebut ibu bisa dengan menghubungi atau berkonsultasi ke psikolog jika memang ibu mengalami stres yang berlebihan.

Selain itu juga jika ibu sudah mengetahui bahwa ibu mengalami stres berlebihan atau depresi pasca persalinan jangan berdiam diri saja, jangan membebani pikiran ibu sendiri yang bisa membuat ibu menjadi hilang arah pada saat merawat bayi.

Selalu Menjaga Kebersihan Vagina

Perawatan 40 hari setelah melahirkan yang sangat penting yaitu selalu menjaga kebersihan vagina dimana biasanya setelah melahirkan ibu yang akan mengalami pendarahan atau nifas selama 4 hingga 6 minggu, agar ibu tetap nyaman dan terhindar dari berbagai masalah sehingga sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan vagina.

Adapun untuk menjaga kebersihan vagina ibu bisa dengan rutin mengganti pembalut dan juga pastikan pada area vagina tidak lembab, pada saat membasuh vagina lakukan dari arah depan ke belakang dan selain itu juga ibu yang perlu menghindari menggunakan produk douching tanpa rekomendasi dari dokter.

Lakukan Pompa ASI Secara Rutin

Untuk beberapa hari ibu setelah melahirkan yang mungkin mengalami payudara yang bengkak, kencang dan penuh sehingga dengan begitu ibu perlu sering-sering menyusui kepada kedua payudara tersebut untuk menghindari pembengkakan, namun jika bayi sudah cukup menyusui maka ibu bisa dengan memompa ASI secara rutin untuk membantu meredakan rasa yang tidak nyaman.

Dimana pada proses memompa ASI ibu bisa dengan menggunakan waslap hangat atau mandi dengan air hangat sebelum menyusui atau memompa, untuk cara ini bertujuan agar membuat aliran ASI keluar menjadi lebih mudah dan lancar, untuk sela waktu menyusui ibu yang bisa meletakkan waslap dingin pada payudara,

Hindari Naik Turun Tangga

Pada minggu pertama setelah ibu melahirkan ibu yang harus menghindari naik turun tangga dan batasi juga pergerakan yang dilakukan berkaitan dengan tangga, walaupun memang naik turun tangga ini  yang memberikan manfaat untuk kesehatan tetapi untuk ibu yang baru melahirkan sebaiknya menghindari hal ini dan biarkan tubuh kembali normal sehingga stamina ibu yang menjadi cepat penuh.

Melakukan Olahraga Ringan

Perawatan 40 hari setelah melahirkan yang bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai, namun jika masih takut ibu bisa dengan menanyakannya kepada dokter kapan waktu yang tepat agar bisa berolahraga kembali jika ibu diperbolehkan maka bisa dengan melakukan olahraga ringan dulu untuk membantu meningkatkan energi ibu dan juga mengelola stres.

Mengatasi Nyeri di Perineum dan Vagina

Untuk ibu yang melahirkan secara normal dimana biasanya dokter yang akan melakukan pengguntingan dan menjahit pada bagian area perineum kembali, dimana perineum ini yang merupakan area antara vagina dan anus, setelah melewati proses tersebut ibu yang mungkin akan merasa nyeri pada area perineum dan vagina selama beberapa minggu kedepan.

Untuk membantu mengurangi nyeri pada bagian perineum dan vagina ini ibu bisa dengan mencoba melakukan beberapa cara dibawah ini yaitu:

  • Kompres menggunakan es batu yang dililit dengan handuk pada bagian perineum.
  • Duduk di atas bantal yang empuk.
  • Minum obat pereda nyeri.

Mungkin hanya itu saja beberapa perawatan 40 hari setelah melahirkan yang perlu ibu ketahui untuk membantu mempercepat proses pemulihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencobanya.

ibu melahirkanmelahirkan