Perasaan Gelisah Pertanda Apa?

Nesiaverse.com – Pernahkah kamu merasa gelisah secara tiba-tiba? Sebenarnya perasaan gelisah pertanda apa? Pasti dari kamu ada yang pernah mengalami atau berada di fase tiba-tiba merasa begitu gelisah, perasaan kita jadi tidak karuan dan tidak tau dari apa penyebabnya.

Pada dasarnya perasaan gelisah ini sering muncul karena ada pemicunya, dan itu normal. Namun, terkadang perasaan gelisah juga dapat muncul tanpa diketahui apa penyebab lebih jelasnya atau secara spesifik. Diri kita sendiri pun kadang dibuat bingung dengan perasaan itu.

Perasaan gelisah yang muncul secara tiba-tiba ini pertanda apa? Itulah yang sering orang-orang pikirkan disaat merasa gelisah secara tiba-tiba. Bahkan perasaan ini seringkali dihubungkan dengan mitos, seperti pertanda ada orang terdekat yang berada dalam musibah atau sakit.

Advertisment

Lalu kalau begitu perasaan gelisah pertanda apa sih sebenarnya? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan dan mengupas tuntas mengenai perasaan gelisah itu pertanda apa saja, secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Perasaan Gelisah Pertanda Apa?

Advertisment

Perasaan gelisah pertanda apa sih? Jika kamu merasa gelisah tanpa sebab dan secara tiba-tiba, bisa saja itu pertanda kamu mengalami agitasi. Agitasi merupakan kondisi dimana kita merasa gelisah, jengkel, dan gugup yang membuat seseorang sering bergerak mondar-mandir atau meremas-remas tangan tanpa henti. Lalu apakah kondisi seperti ini normal? Tentu, normal.

Jika terjadi dalam situasi atau kondisi tertentu yang mengharuskan kamu jadi gelisah karena alasan yang spesifik, tentu saja itu normal. Namun, ada juga agitasi yang menjadi pertanda bahwa kamu mengalami gangguan kesehatan mental, jika agitasi muncul tanpa sebab. Seperti anxiety disorder, stress karena pikiran, atau depresi.

Menurut psikologi, perasaan gelisah muncul secara tiba-tiba merupakan respons tubuh terhadap stress yang berasal dari diri sendiri maupun dari lingkungan. Perasaan gelisah tanpa sebab atau agitasi, dapat muncul tanpa pemicu apapun. Kemunculannya bisa perlahan ataupun mendadak secara tiba-tiba. Gejalanya sering ditandai dengan rasa gelisah, cemas, khawatir, dan takut secara berlebihan, serta perubahan mood atau suasana hati.

Adapun terjadinya kegelisahan secara intens, pertanda bahwa mental kamu sedang tidak baik-baik saja. Menurut seorang Psikolog Ikhsan, bisa jadi itu salah satu gejala mental serius seperti skizofrenia atau bipolar disorder. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kelangsungan hidup kita.

Melansir dari WebMD, ada beberapa dampak buruk atau efek dari agitasi (gelisah tanpa sebab), yaitu:

  • Suasana hati jadi tidak karuan, tidak enak dan tidak nyaman
  • Lebih sensitif dan mudah tersinggung
  • Menjadi tidak sabaran
  • Memicu pribadi menjadi kasar, baik perbuatan atau perkataan
  • Rasa gugup yang intens
  • Perilaku jadi lebih agresif dan keras kepala

Menurut Asosiasi Psikiatri Amerika di dalam DSM-IV-TR, Agitasi adalah sebagian aktivitas motorik yang berlebihan terkait dengan perasaan ketegangan dari dalam diri. Sehingga menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan mental seperti muncul perasaan gelisah dan gugup berlebihan, gangguan kecemasan dan bahkan seringkali disertai dengan serangan panik.

Tapi, ada faktor lain yang memicu terjadinya agitasi ini adalah faktor hormon. Dimana terjadi ketidakseimbangan hormon, seperti hipotiroidisme atau tubuh mengalami kekurangan hormon tiroid sehingga tak dan organ tubuh kita tidak dapat bekerja secara efektif seperti biasanya.

Selain itu ada juga beberapa kondisi kesehatan yang menjadi pemicu agitasi atau gelisah tanpa sebab, yaitu salah satunya adalah autisme. Mereka yang mengidap autisme cenderung memiliki kontrol emosi yang buruk, bahkan hampir tidak dapat di kontrol sama sekali. Di Suatu waktu mereka bisa mengalami kegelisahan tanpa sebab, cemas, marah-marah, dan takut berlebihan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perasaan gelisah pertanda apa, yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Supaya kamu dapat memahami lebih baik tentang diri kamu sendiri, kemungkinan tanpa kamu sadari ternyata ada masalah kesehatan pada mental kamu.

Maka dari itu cobalah untuk konsultasi ke psikiater untuk di tes, apakah kamu mengalami mengidap agitasi atau gangguan mental lainnya. Dengan begitu, kamu pun akan dengan mudah mengatasinya, jangan ragu dan malu untuk cek mental kamu. Good Luck semoga membantu.

gelisah