8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Dekat Tulang Rusuk

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak orang yang belum tahu dengan apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk, nah untuk bisa mengetahui hal tersebut maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Sakit perut yang merupakan salah satu hal yang umum terjadi dan juga dalam kebanyakan kasus hal ini tidak membahayakan, tetapi jika sakit perut sebelah kiri atas yang dikenal dengan nama LUQ atau nyeri kuadran kiri atas dan tentu saja untuk kondisi seperti ini yang bisa dipengaruhi dengan berbagai faktor penyebabnya.

Hal ini dikarenakan pada area tersebut yang terdapat sejumlah organ tubuh yang penting yaitu seperti ginjal, limpa, paru-paru, perut, usus besar, dan juga pankreas, namun untuk sensasi sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk juga yang dapat menjadi salah satu gejala serangan jantung walaupun posisi jantung yang tidak berada di bagian perut kiri atas.

Advertisment

Namun sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk ini untuk beberapa kasus kondisi ini yang dapat hilang dengan sendirinya dan bahkan tidak perlu dikhawatirkan, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja penyebabnya yang bisa membuat kondisi ini terjadi.

Untuk itu dibawah ini ada beberapa faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk yang dapat kamu ketahui dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Dekat Tulang Rusuk

Sakit perut yang memang sudah menjadi salah satu hal yang biasa terjadi pada siapa saja, tetapi ternyata untuk sakitnya ini yang bisa menggambarkan kondisi penyakit yang tertentu karena memang berbagai penyakit yang dapat menjadi penyebabnya.

Apalagi pada bagian perut sebelah kiri yang menjadi tempat berkumpulnya organ-organ penting, namun kebanyakan kasus untuk sakit perut sebelah kiri atas yang tidak berbahaya hal ini dikarenakan masalah ringan seperti perut kembung apalagi tidak disertai dengan gejala yang lainnya tetapi ada kemungkinan juga kondisi ini yang berhubungan dengan organ-organ penting pada bagian perut sebelah kiri.

Untuk masalah kesehatan ini yang bisa tidak nyaman dan juga dapat menghambat dan mengganggu aktivitas harian, terdapat beberapa kemungkinan tanda jika penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk ini yang merupakan gejala dari sebuah penyakit yang tertentu.

Nah berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk yaitu sebagai berikut:

Kondisi Maag

Maag sendiri merupakan kondisi yang umum terjadi bisa menyebabkan rasa nyeri ringan dan bahkan berat di dada dna kondisi ini yang biasanya terjadi pada saat zat asam naik kembali dari perut ke kerongkongan, kondisi ini yang bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk.

Dimana rasa sakit maag ini yang bahkan dapat terasa tajam atau terbakar dan bahkan bisa menimbulkan sensasi sesak, untuk beberapa orang yang mungkin menggambarkan rasa mulas yang akibat maag sebagai salah satu sensasi terbakar menjalar ke atas hingga pada sekitar leher dan juga  tenggorokan atau mungkin ada nya rasa yang tidak nyaman di belakang tulang dada.

Kondisi Patah Tulang Rusuk

Patah tulang rusuk yang biasanya terjadi disebabkan oleh adanya cedera yang sangat parah atau bisa juga kejadian traumatis, bahkan selain itu juga osteoporosis dan juga cedera yang ringan dapat memicu terjadinya patah tulang yang tidak segera ditangani dan kondisi ini yang bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk.

Adapun untuk tanda dan juga gejala mengalami patah tulang rusuk yaitu diantaranya adanya rasa sakit yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan bahkan terkadang hingga berminggu-minggu, terdapat rasa sakit yang bisa menyebabkan sulit untuk menarik napas penuh dan juga rasa sakit yang begitu bertambah semakin parah pada saat bernapas.

Kondisi Perut Kembung

Kembung menjadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk  yang dimana kondisi gas yang terjebak di dalam usus yang bisa menyebabkan sakit perut dan dalam proses pencernaan yang akan menghasilkan gas, namun jika gas tersebut yang bergerak terlalu lambat atau tidak bergerak dan ini terjebak dalam usus sehingga akan mengakibatkan  mengalami gangguan perut melilit, kentut berlebihan dan juga perut begah.

Untuk kondisi penumpukan gas ini yang dapat kamu tangan secara mandiri dari rumah, namun kondisi ini yang dapat disebabkan oleh oleh kondisi pencernaan atau makanan yang kemudian menimbulkan gejala yaitu seperti perut melilit, perut kembung dna juga kram yang sangat menyakitkan.

Kondisi Perikarditis

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk yaitu bisa disebabkan perikarditis yang dimana kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan selaput pada sekitar jantung, selaput ini yang teriritasi atau biasa disebut dengan perikardium dan kondisi ini yang terdapat 4 jenis perikarditis yang ditentukan dari durasi gejala yang berlangsung yaitu:

  • Akut, gejala yang akan berlangsung kurang dari 3 minggu.
  • Gencar, gejala yang terus menerus dan berlangsung dalam 4 hingga 6 minggu.
  • Berulang, gejala yang muncul kembali 4 hingga 6 minggu kemudian tanpa adanya gejala antara episode sebelumnya.
  • Kronis, gejala yang biasanya berlangsung lebih dari 3 bulan.

Pada setiap jenis perikarditis ini yang memiliki gejala khasnya masing-masing tetapi secara umumnya yaitu batuk, demam, palpitasi jantung, pembengkakan pada kaki atau perut, sesak napas saat berbaring, dan juga rasa sakit yang tajam bagian tengah atau kiri dada yang bisa memburuk pada saat menarik napas.

Kondisi Serangan Jantung

Jika kamu mengalami masalah yaitu adanya sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk ini yang bisa disebabkan oleh faktor penyebabnya karena kondisi serangan jantung, jika kamu mengalami hal ini maka segera untuk langsung hubungi pihak dokter agar bisa mendapatkan penangan yang tepat.

Untuk salah satu gejala serangan jantung paling umum terjadi yaitu seperti nyeri, sesak, sakit, tertekan atau diremas pada bagian dada atau lengan, gejala ini yang kemungkinan dapat menyebar ke leher, punggung dan rahang dan untuk ciri-ciri serangan jantung yang umum terjadi yaitu seperti pusing mendadak, kelelahan, keringat dingin, sesak napas, mual, gangguan pencernaan, mulas atau nyeri pada perut.

Kondisi Angina

Angina yang merupakan kondisi masalah yang berhubungan dengan jantung yang bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk, untuk kondisi ini yang terjadi pada saat darah mengalir ke jantung yang ternyata tidak mengandung oksigen yang cukup sehingga menyebabkan pengetatan atau nyeri pada dada, punggung, rahang, lengan dan juga bahu.

Untuk gejala angina yang lainnya seperti sesak napas, mual, berkeringat, pusing dan juga kelelahan, angina ini  yang bukan penyakit jantung tetapi masalah ini yang lebih merujuk ke gejala berhubungan dengan masalah jantung yang tidak terdiagnosis seperti penyakit mikrovaskuler koroner atau penyakit jantung koroner.

Kondisi Asam Lambung atau Gastroesophageal Reflux disease (GERD)

Salah satu faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk ini yaitu karena kondisi asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), dimana gastroesophageal reflux disease (GERD) atau biasanya disebut dengan acid reflux yaitu kondisi tubuh yang mengalami sakit maag yang lebih dari dua kali pada setiap minggu.

Untuk gejala gastroesophageal reflux disease ini yang ditandai dengan adanya batu, kesulitan dalam menelan, bau mulut, sakit dada, asam regurgitas, sesak tenggorokan dna juga suara serak, sehingga dengan begitu yang kemungkinan kondisi ini menjadi penyebabnya dari sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk.

Kondisi Sembelit

Untuk salah satu faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk yaitu bisa dikarenakan mengalami sembelit, hal ini dikarenakan pada saat mengalami sembelit ini yang bisa membuat perut menjadi sakit dan juga akan lebih sering buang air besar.

Mengalami sembelit yang dimana buang air besar lebih dari tiga kali per minggunya atau memiliki tinja yang cenderung keras dan juga sulit untuk dikeluarkan, untuk anak-anak  sembelit yang paling sering yaitu menyebabkan sakit perut dengan tanda dan gejalanya seperti untuk buang air besar yang harus menekan perut, feses keras, merasa tidak bisa BAB, adanya penyumbatan pada saat BAB dan juga harus mengejan pada saat akan BAB.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk, maka penting juga untuk mengetahui cara mengobati sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk dan untuk caranya sendiri yang bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung dengan penyebabnya.

Sehingga dengan begitu sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum kamu memulai pengobatannya, adapun dibawah ini ada berbagai cara mengatasi masalah ini sesuai dengan penyebabnya yaitu sebagai berikut:

  • Maag, dengan mengurangi berat badan, menghindari makan pedas, asam dan berlemak, dan juga berhenti merokok.
  • Patah tulang, dengan minum obat pereda, rawat inap, batuk untuk hindari pneumonia dan latihan pernapasan dalam.
  • Perut kembung, dengan mengubah pola makan yang sehat, lebih pelan dan juga mengambil porsi sedikit namun sering,
  •  mengurangi makanan tinggi serat, gorengan, produk susu dan juga minuman berkarbonasi.
  • Perikarditis, dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti colchicine, aspirin dan kortikosteroid, pericardium, perikardiosentesis dan juga perikardiektomi.
  • Serangan jantung, dengan minum obat nyeri, operasi bypass jantung, pengencer darah, nitrogliserin, beta blocker, stent ditanam melalui pembedahan dan juga inhibitor angiotensin converting enzyme (ACE).
  • Angina, dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti pengencer darah dan juga beta blocker, mencoba merubah gaya hidup yang sehat serta melakukan prosedur bedah.
  • GERD, dengan mengurangi berat badan, berhenti merokok, makan dalam porsi kecil, membatasi minum alkohol, mengangkat kepala pada saat tidur dan tidak langsung berbaring setelah makan.
  • Sembelit, dengan melakukan olahraga secara rutin, minum obat pencahar jika perlu, tidak menunda untuk BAB, mengkonsumsi makanan lebih banyak serat atau suplemen, dan juga terapi mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai faktor penyebab sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk yang bisa kamu ketahui dan juga ada beberapa cara mengatasinya diatas yang bisa kamu coba, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

sakit perut