10 Penyebab Perut Terasa Keras dan Sakit Jika Ditekan

Nesiaverse.com – Mungkin tidak sedikit orang juga yang mengalami perut terasa keras dan sakit jika ditekan dan bahkan mungkin sering mengalami masalah yang satu ini baik anak-anak hingga orang dewasa, nah jika kamu mengalami masalah tersebut maka harus mengetahui juga dengan faktor penyebab kondisi tersebut terjadi dan untuk mengetahui hal tersebut maka bisa simak penjelasannya disini.

Memang kondisi perut terasa keras dan sakit jika ditekan ini yang bukan hal yang aneh lagi karena sudah banyak orang mengalaminya secara berulang dan juga biasanya tidak perlu dikhawatirkan, karena memang biasanya kondisi ini yang akan kembali sembuh dengan sendirinya namun mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit atau jam.

Dengan mengalami kondisi perut terasa keras dan sakit jika ditekan ini tentu saja akan membuat kamu menjadi merasa kurang nyaman dan bahkan mungkin bisa mengganggu aktivitas harian, dimana kondisi ini yang merupakan adanya tekanan, sesak dan juga kepenuhan yang dirasakan di perut.

Advertisment

Biasanya gejala ini juga yang diikuti dengan perut yang terlihat bengkak, sakit dan juga rasa yang tidak nyaman, sudah dibilang sebelumnya bahwa perut terasa keras dan sakit jika ditekan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya untuk sebagian orang dan kondisi ini yang merupakan siklus berulang.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan faktor penyebab perut terasa keras dan sakit jika ditekan agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat, maka berikut dibawah ini alasannya yang bisa kamu simak dengan seksama.

Advertisment

Penyebab Perut Terasa Keras dan Sakit Jika Ditekan

Kondisi sakit atau nyeri perut dan juga perut yang terasa keras yang menjadi salah satu keluhan atau masalah kesehatan yang kerap dialami oleh kebanyakan orang, kondisi ini yang bisa disebabkan oleh berbagai gangguan pada saluran cerna, saluran reproduksi dan juga saluran kemih.

Dengan perut terasa keras dan sakit jika ditekan yang terus-menerus dan juga tidak membaik yang tentu saja akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan juga yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari, adapun untuk beberapa faktor penyebab yang bisa membuat perut menjadi terasa keras dan juga sakit pada saat ditekan yaitu diantaranya:

  1. Konstipasi atau sembelit
  2. Sindrom iritasi usus besar
  3. Keracunan makanan
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tertentu seperti makanan bergas, minuman alkohol, bersoda, makan dalam jumlah yang besar dan juga tidak pelan-pelan.
  5. Kegemukan
  6. Intoleransi atau alergi makanan
  7. Kehamilan
  8. Asites
  9. Gastritis
  10. Pembesaran organ seperti limpa atau hati.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa faktor penyebab yang mungkin menyebabkan perut terasa keras dan sakit jika ditekan, untuk selanjutnya kamu perlu mengetahui dengan cara mengatasi masalah perut yang terasa keras dan juga sakit pada saat ditekan untuk cara mengatasinya sebagai berikut:

  1. Memperbanyak minum air putih.
  2. Mengkompres hangat bagian perut yang terasa sakit.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  4. Melakukan olahraga secara rutin setiap harinya.
  5. Konsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering.
  6. Menghindari menggunakan baju terlalu ketat.
  7. Dengan menghindari makan dalam porsi yang besar dalam waktu yang cepat.
  8. Menghindari untuk mengkonsumsi makanan bergas seperti permen karet, kembang kol, kacang, apel, susu, pit dan juga minuman bersoda.

Setelah kamu mencoba dengan menerapkan beberapa cara mengatasi atau saran diatas tetapi masalah perut terasa keras dan sakit jika ditekan ini yang tidak berkurang, atau mungkin disertai dengan nyeri yang cukup hebat, buang air besar berdarah, mual dan juga muntah.

Maka jika mengalami hal tersebut yang sebaiknya untuk berkonsultasi langsung pada dokter untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam, hal ini bertujuan untuk bisa mendapatkan penangan yang tepat sesuai dengan keluhan dan kondisi badan kamu.

Mungkin hanya itu saja dengan beberapa faktor penyebab perut terasa keras dan sakit jika ditekan yang bisa kamu ketahui dan juga bisa kamu atasi dengan menerapkan beberapa cara diatas secara mandiri, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

perutperut keras