8 Penyebab Perut Bagian Atas Keras dan Membesar

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang mengalami perut pada bagian atas yang keras dan membesar dan kondisi ini yang bisa dialami baik wanita maupun pria, jika kamu mengalami kondisi maka kamu perlu mengetahui dengan apa saja faktor penyebabnya dan untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Kondisi perut bagian atas keras dan membesar ini yang bukan hal yang aneh lagi karena sudah banyak orang mengalaminya dan kebanyakan orang yang biasanya tidak terlalu mengkhawatirkannya, tetapi kondisi ini yang akan membuat orang yang mengalaminya menjadi merasa tidak nyaman.

Namun ternyata untuk gejala perut bagian atas keras dan membesar ini juga yang bisa menandakan suatu kondisi atau bahkan hingga penyakit yang tertentu, lalu apa saja kemungkinan penyebab kondisi atau gejala ini terjadi? Untuk bisa mengetahui tentang penyebab perut bagian atas keras dan membesar maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Advertisment

Penyebab Perut Bagian Atas Keras dan Membesar

Advertisment

Dengan perut yang membesar pada umumnya biasanya menandakan bahwa adanya penumpukan lemak pada bagian perut yang berlebih, untuk kondisi ini juga yang kemungkinan dapat memicu obesitas abdominal atau biasa dikenal dengan sebutan obesitas perut.

Dimana sebuah penelitian International Diabetes Federation yang telah menemukan untuk seseorang yang memiliki obesitas abdominal jika memiliki lingkar perut yang lebih besar dari 90 cm untuk para pria dan juga lebih dari 80 cm untuk para wanita.

Walaupun demikian untuk perut bagian atas keras dan membesar yang tidak hanya tanda-tanda mengalami obesitas saja, tetapi dibawah ini ada beberapa faktor penyebab yang lainnya mungkin dapat muncul adapun untuk beberapa faktor penyebab perut bagian atas keras dan membesar yaitu diantaranya:

Kondisi Perubahan Hormonal

Kondisi perut bagian atas keras dan membesar yang akan lebih rentan terjadi pada kaum wanita hal ini dikarenakan kondisi ini yang menjadi salah satu faktor penyebabnya yaitu perubahan hormonal pada siklus menstruasi atau haid, karena memang pada saat haid dan masa subur yang akan membuat kadar hormon estrogen dalam tubuh tinggi dan ini bisa membuat air dalam tubuh menumpuk dan membuat perut menjadi kembung.

Bahkan selain itu juga volume rahim yang meningkat sebelum menstruasi sehingga akan membuat perut terlihat lebih besar, untuk hormon progesteron dan estrogen yang juga akan mempengaruhi gerakan lambung dan juga usus dalam proses mencerna makanan sehingga hal ini yang akan membuat gas menumpuk di perut dan akan menyebabkan kembung dan sistem pencernaan yang akan turut menerima perintah khusus dari estrogen sehingga bisa membuat perut menjadi lebih sensitif.

Efek Samping Minum Obat

Memang obat-obatan yang bisa membantu untuk menangani berbagai penyakit dan juga meredakan gejala yang terjadi, tetapi hal ini yang ternyata bisa menimbulkan efek sampingnya dan ini menjadi salah satu penyebab perut bagian atas keras dan membesar.

Untuk beberapa obat yang bisa menyebabkan perut pada bagian atas yang membesar dan juga mengeras yaitu obat golongan anti inflamasi non steroid yaitu seperti aspirin, diklofenak, naproxen dan juga ibuprofen, selain itu obat prostaglandin yang berfungsi menjaga lapisan pelindung lambung dikarenakan menghambat prostaglandin maka lapisan pelindung lambung yang terganggu dan bisa menyebabkan gejala atau kondisi seperti ini.

Kondisi Stres

Ternyata stres juga yang bisa membuat perut bagian atas keras dan membesar, hal ini yang mengutip dari hasil studi Journal of Physiology and Pharmacology pada tahun 2011 yang menyatakan bahwa stres yang akan membuat hormon dan senyawa pada otak yang menjadi tidak seimbang, dan ini yang akan mengganggu kinerja otak berkaitan dengan perut.

Kondisi ini yang bisa membuat perut menjadi lebih rentan terhadap rasa sakit dan juga tidak bisa mencerna makanan dengan baik dan bahkan bisa meningkatkan risiko peradangan pada lambung, bahkan selain itu stres juga yang bisa meningkat risiko penyakit pencernaan seperti radang usus, GERD dan juga sindrom iritasi usus besar dan kondisi ini yang bisa membuat perut bagian atas keras dan membesar.

Kondisi PPOK

PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis yang merupakan penyakit paru-paru disebabkan peradangan kronis mengganggu saluran udara dalam paru-paru, untuk kondisi ini yang menjadi salah satu penyebab perut bagian atas keras dan membesar dan memang ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi pada pasien PPOK.

Mereka yang PPOK biasanya memiliki kondisi sleep apnea menyebabkan napas yang berhenti beberapa kali pada saat tertidur, memiliki kondisi seperti ini kamu yang akan kesulitan bernapas sehingga menelan udara terlalu banyak pada saat menarik napas dan akan membuat perut menjadi kembung dan juga udara yang terjebak dalam paru-paru yang menekan tulang rusuk sehingga perut bagian atas keras dan membesar.

Kondisi Lordosis

Salah satu penyebab perut bagian atas keras dan membesar ini yang biasanya muncul diakibatkan tulang belakang pada bagian bawah terlalu melengkung ke bagian dalam dan untuk kondisi ini yang disebut dengan lordosis, dimana mereka yang memiliki tulang belakang normal akan memiliki lekukan alami.

Tetapi untuk mereka yang memiliki tulang belakang terlalu membengkok ke dalam yang dapat menyebabkan postur tubuh yang berubah, pada bagian panggul yang menjadi terlihat terlalu naik dan juga bagian perut yang menjadi lebih menonjol sehingga dengan begitu perut bagian atas yang akan terlihat keras dan membesar.

Tumor dalam Perut

Salah satu penyebab perut bagian atas keras dan membesar yaitu dikarenakan adanya tumor di dalam perut dan tumor sendiri merupakan jaringan abnormal terbentuk karena sel yang membelah lebih banyak dari jumlah seharusnya, untuk tumor yang tumbuh ini yang dapat bersifat jinak atau ganas dan untuk perbedaannya dari keduanya yaitu tumor jika dapat membesar tetapi tidak menyebar dan juga menyerang pada jaringan sekitarnya.

Sedangkan untuk tumor ganas yang dapat berkembang menjadi kanker jika tumor terdapat pada organ tubuh di dalam perut maka tumor ini yang akan membuat perut menjadi membesar dikarenakan ada jaringan tambahan, beberapa organ yang dapat ditumbuhi tumor dan juga memicu perut bagian atas keras dan membesar yaitu lambung, ginjal, ovarium, usus, diafragma, pankreas dan juga liver.

Kondisi Aneurisma Aorta Abdominalis

Kondisi aneurisma aorta abdominalis ini merupakan penggelembungan pembuluh darah besar bagian perut sehingga membuat perut terlihat membesar, untuk penyakit ini ditandai dengan adanya rasa sakit berdenyut pada daerah pusar, untuk penyebab  utamanya yaitu masalah pada jantung dan untuk beberapa kondisi kardiovaskular memicu aneurisma aorta abdominalis ini yaitu sebagai berikut:

  • Tekanan darah tinggi
  • Aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri
  • Benturan keras pada bagian perut
  • Peradangan pembuluh darah

Masalah Saluran Pencernaan

Dengan adanya masalah atau penyakit pada bagian saluran pencernaan yang tentu saja sangat berperan besar pada masalah perut dan untuk kondisi ini yang memicu gejala umum seperti perut mengeras dan juga kembung, adanya kondisi masalah pada saluran pencernaan yang menjadi salah satu faktor penyebab perut bagian atas keras dan membesar.

Untuk beberapa penyakit yang dapat membuat perut pada bagian atas yang keras dan juga membesar yaitu sebagai berikut:

  • Asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan dan bisa mengiritasi lapisan kerongkongan.
  • Sindrom iritasi usus besar yaitu berkumpulan gejala pada usus besar yang dapat muncul secara bersamaan seperti sakit perut, sembelit diare dan juga kembung.
  • Pankreatitis dan kolangitis yaitu radang pankreas dan juga radang saluran empedu yang dapat menimbulkan penumpukan cairan dan pseudokista atau kantung berisi cairan dan juga akan membuat perut membesar, kembung dan keras.
  • Gastritis yaitu melemahnya bagian lapisan pelindung lambung yang menyebabkan peradangan dan juga luka.
  • Kanker lambung yaitu adanya pertumbuhan sel ganas memperbesar ukuran perut dan juga dapat memicu perut kembung.
  • Radang usus yaitu penyakit autoimun menyerang dan akan membuat kekebalan tubuh, usus hingga meradang.
  • Tukak saluran pencernaan yaitu adanya luka dan juga radang pada bagian lapisan usus, kerongkongan dan juga lambung.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa penyebab perut bagian atas keras dan membesar yang bisa kamu ketahui dan jika kamu mengalami kondisi seperti itu yang terus menerus sebaiknya untuk langsung berkonsultasi kepada dokter, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

perutperut besar