7 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari Setelah Sarapan

Nesiaverse.com – Penyebab ngantuk di pagi hari setelah sarapan memang harus diketahui, sehingga dapat menghindari risiko ngantuk di sela waktu kerja dan menghambat aktivitas harian. Salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat, dan tidak sedikit orang yang mengalami permasalahan serupa ini. Tentunya kebiasaan langsung tidur setelah makan juga masuk kategori penyebab lainnya. 

Rasa ngantuk setelah makan merupakan salah satu respon tubuh yang terjadi terhadap perubahan kimia, hal ini disebabkan oleh pencernaannya. Tentunya menjadi suatu hal yang normal terjadi, dimana merupakan salah satu respon tubuh. Naun, jika kamu rasa kantuk yang muncul setiap kamu makan atau setelah sarapan, harus menjadi perhatian khusus.

Penyebab Ngantuk di Pagi Hari Setelah Sarapan 

Advertisment

Penyebab ngantuk di pagi haris telat makan dapat kamu hindari dengan memulai menerapkan pola hidup sehat yang baru. Pola hidup sehat yang baru itu meliputi pola tidur, pola makan hingga lingkungan. Terkait kondisi kesehatan terabaikan, padahal kondisi kesehatan benar-benar menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan, guna terhindar dari kebiasaan yang dapat menimbulkan penyakit terkait ini. 

Advertisment

Jika kamu adalah termasuk orang yang sering kali merengsa ngantuk setelah makan, khususnya setelah sarapan di pagi hari maka kamu harus mewaspadainya. Perasaan ngantuk setelah makan ini bisa mengganggu aktivitas kamu, bahkan dapat menyebabkan resiko atau ancaman kesehatan. Sehingga kamu harus tahu cara untuk mengatasinya, namun sebelum itu kamu harus mengetahui penyebab ngantuk di pagi hari setelah sarapan. 

Dengan demikian, kamu sudah merangkum beberapa penyebab ngantuk di pagi hari setelah makan sarapan, yang mana bisa kamu jadikan perhatian untuk kemudian dipelajari. 

Pola Pencernaan

Penyebab pertama yang membuat ngantuk di pagi hari setelah makanan adalah pola pencernaan. Tubuh membutuhkan energi untuk mendukung organ dalam tubuh melakukan fungsi atau manfaatnya secara optimal. Yang mana energi tersebut bisa kamu peroleh dari makanan yang dikonsumsi. Tubuh nantinya akan memecahkan zat gizi dari makanan tersebut. 

Pemecahan zat gizi ini akan mengubah makanan yang dikonsumsi untuk melepaskan hormon, diantaranya glukagon, kolesistokinin, amilin. Hormon-hormon tersebut memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan kadar gula darah, yang mana membuat kamu dapat merasa kenyang lebih lama lagi. Kemudian akan membantu produksi insulin yang akan disebarkan ke dalam sel guna menyediakan energi dalam sel juga.

Mengonsumsi Makanan Kaya Protein dan Karbohidrat

Ketika kamu mengonsumsi atau makanan, maka makanan tersebut akan dicerna, tetapi ada beberapa jenis makanan yang memiliki pengaruhnya tersendiri terhadap tubuh. Karena ada beberapa jenis asupan yang mampu menyebabkan ngantuk khususnya setelah sarapan di pagi hari, jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. 

Makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi misalnya ayam, daging merah, telur, bayam, ikan, keju, tahu, kedelai adalah yang mengandung asam amino triptofan. Dikutip dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Tryptophan Research , asam amino triptofan dapat digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin. 

Sehingga nantinya, serotonin inilah yang bertanggung jawab untuk membantu meningkatkan hormon melatonin, sehingga nantinya akan memicu rasa kantuk. 

Sama halnya dengan kamu yang mengonsumsi makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Hal ini dikarenakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin membuat asam trotoar tersedia di otak. Hal inilah penyebab ngantuk di pagi hari setelah sarapan. 

Selain itu kombinasi asupan dari makanan dengan kandungan asam triptofan, karbohidrat dan protein yang tinggi menjadi salah satu penyebab rasa ngantuk di pagi hari,setelah sarapan. 

Makan Dalam Jumlah Besar

Bagi kamu yang terbiasa makan dengan jumlah porsi yang besar, maka kamu harus berhati-hati. Jika kamu terlalu banyak makan dalam satu waktu hal ini dapat mencium rasa kantuk berlebihan. Setelah makan, tubuh akan lebih banyak mengalirkan darah ke sistem pencernaan, guna untuk mencerna makanan dengan jumlah yang banyak. Selain itu hal inilah yang akan menyebabkan otak, akan mengalami kekurangan darah sehingga at gizi sementara, karena inilah guru akan mengalami ngantuk setelah makan di pagi harinya. 

Pola Tidur Yang Buruk

Pola tidur yang buruk menjadi salah satu penyebab ngantuk di pagi hari setelah sarapan. Kebiasaan tidur di malam hari yang buruk ini menjadi suatu kebiasaan buruk. Setelah makan, tubuh nantinya akan terasa kenyang dan rilek. Hal inilah yang nantinya membuat tubuh akan merasa sedang beristirahat sehingga timbullah perasaan mengantuk yang berat. 

Rasa ngantuk akan semakin intens, jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup pada malam sebelumnya. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka sebaiknya kamu dianjurkan untuk mulai memperbaiki dulu pola tidur yang berantakan dan tidak jelas. Hal ini dilakukan guna menghindari stres. Selain itu dengan melakukan olahraga secara teratur, dapat membantu kamu untuk mendapatkan waktu tidur malam yang jauh lebih baik. 

Kondisi Kesehatan Tertentu

Jika kamu sering merasakan kantuk secara berlebihan, setiap kali habis makan bisa jadi hal ini dikarenakan kamu memiliki beberapa kondisi kesehatan tertentu. Nah, berikut beberapa tanda-tanda dari penyakit tertentu yang membuat penderitanya mengalami gangguan ngantuk di pagi hari setelah sarapan :

  • Penyakit Celiac
  • Anemia
  • Intoleransi makanan
  • Diabetes
  • Alergi
  • Sleep Apnea
  • Tiroid yang kurang active

Kurang Olahraga

Tahukah kamu? Dalam sebuah penelitian dikatakan, jika malas olahraga dapat menyebabkan tubuh kamu mudah kelelahan. Begitupun bagi kamu yang kurang olahraga, hal ini dapat menyebabkan kamu ngantuk setelah sarapan atau makan. Namun, jika kamu mulai terbiasa menjalani aktivitas olahraga secara teratur, hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan sekaligus sistem daya tahan tubuh. 

Dengan berolahraga secara rutin, maka akan membuat sistem kardiovaskular dalam tubuh bekerja secara optimal dan jauh lebih efisien lagi. Kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas dengan semangat yang membuat tubuh dan mata fit dan terjaga di pagi harinya. Olahraga memiliki banyak manfaat,salah satu mengatasi kebiasaan mengantuk setelah makan.

Konsumsi Alkohol

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, maka tahukah kamu, jika penyebab ngantuk di pagi hari setelah makan salah satunya karena konsumsi alkohol berlebihan. Alkohol sendiri merupakan jenis minuman keras yang memiliki efek penginduksi waktu tidur, sehingga mengkonsumsi alkohol ketika makan dapat memberikan efek lesu setelahnya. 

Meskipun alkohol dapat membuat seseorang mudah tidur, namun dalam satu waktu juga dapat memperburuk kualitas tidur, bahkan hingga kesehatan seseorang. Maka, hentikanlah kebiasaan mengkonsumsi alkohol, selain dapat menyebabkan ngantuk di pagi hari hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat kondisi kesehatanmu menurun secara drastis. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa penyebab ngantuk di pagi hari setelah makan atau sarapan. Dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan produktivitas harian kamu terganggu karena ngantuk, kini kamu dapat memperbaikinya. Hindarilah aktivitas dan kebiasaan atau pola hidup buruk, sehingga gangguan ngantuk di pagi hari tidak akan muncul lagi.

ngantuksarapan