10 Penyebab Menguap Mengeluarkan Air Mata

Nesiaverse.com – Kapan kamu menyadari bahwa mata akan secara otomatis mengeluarkan air ketika seperti sedang menangis setiap kali kamu menguap? Hal tersebut bukanlah suatu kondisi yang disebut menangis, meskipun keluar air mata. Ketika kamu sedang menguap maka air mata akan keluar sendiri sebagai salah satu bentuk sinyal untuk aktivitas menguap seseorang.

Sebagian orang memang kerap kali mengeluarkan air mata seperti menangis tiap kali menguap, kondisi ini memang merupakan kondisi umum yang banyak dialami dan bersifat normal tentunya. Namun, kamu juga harus waspada karena ada beberapa penyebab menguap yang mengeluarkan air mata, bisa jadi hal tersebut dipicu oleh menguap yang menjadi lebih parah dari sebelumnya. 

Penyebab Menguap Mengeluarkan Air Mata

Advertisment

Seseorang akan secara otomatis mengeluarkan air mata ketika tengah menguap, meskipun aktivitas ini merupakan suatu hal yang aklami kamu harus mengetahui juga beberapa alasan dan penyebabnya. Sehingga tidak akan bingung lagi jika bertemu dengan pertanyaan serupa. 

Advertisment

Dalam proses atau aktivitas menguap, secara otomatis mulut seseorang akan terbuka dan menarik nafas. Nantinya ketika seseorang menarik nafas maka akan langsung mengisi penuh paru-paru dengan udara. Selain itu mata juga akan otomatis mengeluarkan air mata berlebih ketika otot-otot di wajah di area mata menegang dan mata mengkerut.

Namun, dalam beberapa kondisi seperti mata berair sangat banyak padahal kondisi mata kering, bisa jadi hal tersebut dikarenakan alergi. Berikut kami telah merangkum beberapa hal yang mampu menyebabkan air mata keluar ketika menguap. 

Pendinginan Otak

Dilansir Healthline pendinginan otak menjadi salah satu penyebab mata mudah mengeluarkan air mata ketika menguap. Sebuah studi tahun 2013 mencatat bahwa para peneliti masih belum memiliki jawaban yang pasti mengapa seseorang menguap. Namun, para peneliti mengeksplorasi dengan berbagai macam hipotesis yang mana salah satunya menguap mendinginkan suhu otak. Maka, mereka berteori bahwa robekan dari mata berperan untuk menghilangkan panas dari tengkorak hingga keluarlah air mata. 

Mata Kering

Mata yang selalu berair bisa dalam kondisi kering juga, hal ini merupakan sindrom mata kering yang terjadi pada beberapa orang. Umumnya mata kering terjadi ketika mata tidak menghasilkan cukup pelumas yang memiliki kualitas yang baik untuk melindungi mata secara optimal. Meskipun terdengarnya mustahil, tapi mata memang bisa dalam kondisi kering. 

Dengan kondisi mata yang kering inilah mendorong produksi air mata encer dari kelenjar secara berlebihan. Bahkan jika kamu memiliki sindrom mata kering, maka mata kamu akan dengan mudah mengeluarkan cairan yang disebut air mata hanya dengan menguap saja.

Tekanan Pada Wajah

Salah satu penyebab mata mengeluarkan air secara berlebih bisa dikarenakan kontraksi otot-otot wajah yang berada disekitar area mata. Sehingga akan menerima tekanan di area mata hingga kelenjar air mata. Sehingga nantinya mata akan dipenuhi oleh air mata. Jika kamu adalah orang yang cenderung memiliki mata berair atau tidak kering, maka tidak heran jika tengah menguap keluar air mata atau mudah menangis. 

Kurang Tidur

Menguap sendiri memang menjadi saah satu ciri seseorang yang di rudung rasa kantuk dan gelisah yang cukup berat. Sehingga hal ini kerap kali terjadi pada mereka yang memiliki waktu beristirahat atau tidur yang kurang. Ketika seseorang merasa lelah karena kurangnya jam istirahat maka akan memberikan beberapa tanda atau gejala seperti menguap. 

Ketika mata lelah dan tubuh kurang istirahat pun begitu, nantinya mata akan memberikan sinyal kelelahan, mulai dari rasa gatal hingga mata kering. Sehingga tubuh secara alami akan mengeluarkan air mata dari kelenjarnya untuk melembabkan mata. Aktivitas melembabkan mata yang kering secara alami itu adalah untuk menghidrasi bagian kornea mata. Hal ini terjadi ketika seseorang menguap. 

Sinyal Gangguan Kesehatan

Ketika menguap dan mengeluarkan air mata hal tersebut adalah kejadian alami tubuh, namun ketika air mata yang keluar berlebihan maka hal tersebut memang mesti diwaspadai. Karena dalam beberapa kasus terdapat orang yang menguap dengan air mata yang cukup banyak dan berlebih dan sulit berhenti layaknya menangis. Maka, jika mengalami kondisi atau gejala serupa kamu harus segera melakukan pemeriksaan. Kondisi ini bisa menjadi sinyal bahwa kelenjar lakrimal mengalami gangguan.

Sebagai Penenang

Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang kerap kali menguap sebelum peristiwa yang membuat stres, hal tersebut seperti kompetisi maupun lomba. Karena menangis sendiri memberikan efek pada perasaan menjadi lebih tenang sebelum menghadapi perlombaan atau stres di depan mata.

Membersihkan Saluran Eustachius

Penyebab lainnya adalah terjadinya penyumbatan di bagian saluran Eutashius seseorang, sehingga hal inilah yang membuat aktivitas menguap akan bekerja secara alamai dibarengi dengan air mata. Penyumbatan saluran eustachius sendiri sering terjadi ketika seseorang berada di ketinggian dari dataran biasanya. Menguap sendiri menjadi salah satu bentuk efektif pembersihan penyumbatan saluran eustachius secara alami. 

Kurangnya Kadar Oksigen

Seseorang akan menguap hingga mengeluarkan air mata ketika kadar oksigen di tubuhnya berkurang. Maka nantinya akan secara otomatis menguap dan mengambil nafas dalam-dalam dalam prosesnya. Hal ini tentunya akan membantu orang untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan kadar Oksigen di dalam tubuhnya. 

Meningkatkan Kewasapadaan Diri

Ketika seseorang merasa lelah, maka salah satu refleks yang kerap kali terjadi adalah menguap. Ketika menguap maka akan mengeluarkan air mata karena dibutuhkannya relaksasi tubuh dan otot di sekitar area wajah.

Makan Berlebihan Sehingga Kekenyangan

Pada sebuah riset mengatakan bahwa kegiatan menguap memiliki tujuan untuk meningkatkan kadar atau jumlah oksigen dalam tubuh, yang mana sebagai sistem termoregulasi pada otak. Selain itu menguap juga menjadi salah satu bentuk dan sinyal tubuh ketika kelelahan dan rasa bosan terhadap sesuatu. 

Ketika kamu mengkonsumsi makanan dengan jumlah banyak hingga kekenyangan, maka kamu akan menguap berkali-kali. Kamu juga nantinya akan mengeluarkan air mata ketika menguap. Dimana tubuh akan meminta oksigen dalam tubuh karena terlalu penuh di dalamnya. 

Menguap juga akan membuat badan menjadi berat dan kadar oksigen berkurang, sehingga tubuh mudah mengantuk dan menguap menjadi salah satu hal yang biasa terjadi menuju kantuk. 

Cara Menghentikan Air Mata Saat Menguap

Jika kamu mencari cara untuk menghentikan air mata ketika menguap tentunya tidak ada cara yang bisa dilakukan. Hal tersebut merupakan bentuk alami tubuh dalam berbagai macam hal. Kamu juga tidak bisa menahan diri untuk tidak menguap. Tapi kamu bisa dengan mudah untuk mengurangi frekuensi menguap dengan cara memenuhi kebutuhan oksigen dan istirahat yang baik. Kamu bisa melakukan atraksi dengan melakukan kegiatan lain sehingga kamu tidak merasakan bosan hingga lesu. 

Jika kamu mengalami masalah tersebut alangkah baiknya untuk langsung mengunjungi ahli dan melakukan konsultasi. Karena jika berhubungan langsung dengan ahlinya kamu bisa dengan mudah mengetahui permasalahan yang terjadi pada tubuhmu dan langkah langkah untuk mengatasinya, 

air matamenguap