12 Penyebab Mata Kucing Juling

Nesiaverse.com – Mungkin kamu pernah melihat mata kucing menjadi juling dan kamu pastinya akan bertanya penyebab mata kucing juling? Pertanyaan ini yang memang banyak dibahas di kalangan pecinta kucing, mata kucing juling bisa diakibatkan oleh beberapa faktor penyebabnya dan untuk mengetahuinya bisa simak ulasan dibawah ini.

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan dengan memiliki banyak penggemarnya terutama di Indonesia yang banyak sekali masyarakat memilih untuk memelihara kucing di rumah sebagai teman atau sahabat berceritanya dan hal ini menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Namun terkadang kucing mengalami masalah kesehatan salah satunya mata kucing yang menjadi kucing, dimana kondisi mata kucing terlihat juling yang tak tidak jarang membuat pemilik kucingnya menjadi khawatir dengan adanya perubahan mata kucing yang menjadi kucing bisa jadi menjadi tanda adanya masalah kesehatan dialami oleh kucing.

Advertisment

Kondisi mata kucing menjadi juling ini bisa dikarenakan adanya kondisi mata kucing menjadi juling bisa disebabkan oleh beberapa hal dan salah satunya dikarenakan adanya infeksi, bahkan selain adanya infeksi yang dialami kucing terdapat juga beberapa alasan lainnya mengapa mata kucing yang menjadi juling.

Tentunya masing-masing penyebab mata kucing juling ini membutuhkan tindak lanjut khusus untuk mengobatinya segera, lalu apa penyebab mata kucing juling? Untuk kamu yang penasaran dengan jawabannya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Advertisment

Penyebab Mata Kucing Juling

Mata kucing juling menjadi sebuah penyakit biasa diakibatkan oleh beberapa faktor penyebabnya, bahkan seringkali orang yang bertanya-tanya mengenai penyebab terjadinya hal tersebut dan istilah dari penyakit tersebut yaitu third eyelid atau mata kucing yang tertutup oleh selaput putih.

Dimana mata kucing juling merupakan gejala dari sebuah masalah sekunder, hal ini yang mungkin sudah terjadi pada beberapa kucing lainnya tanpa sepengetahuan dari pemilik hewan peliharaannya, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai mata kucing juling berikut gejalanya yaitu:

  • Salah satu atau kedua mata yang menghadap ke arah yang tidak normal
  • Gerakan mata yang tidak terkoordinasi dengan baik
  • Nistagmus yaitu gerakan mata cepat yang tidak disengaja
  • Kurangnya gerakan pada salah satu mata
  • Kepala kucing sering miring-miring
  • Perbedaan ukuran pupil kedua mata
  • Terkadang mengalami kejang-kejang
  • Mengalami kesulitan berjalan
  • Perlahan kehilangan selera atau nafsu makan
  • Kucing sering mengalami kelesuan

Adapun untuk beberapa faktor penyebab mata kucing juling sebagai berikut:

Mengalami Dehidrasi

Untuk kucing yang mengalami mata juling bisa disebabkan oleh kondisi dehidrasi akut yang sedang dialami oleh kucing, pada saat kucing mengalami kehausan sangat parah atau dehidrasi yang akan membuat selaput tertia palpebra pada kucing bisa timbul.

Hal ini yang akan membuat mata kucing menjadi cenderung juling, sehingga oleh karena itu pada saat masalah ini yang tidak mendapatkan perhatian secara khusus maka akan terjadi menjadi lebih parah lagi,

Adanya Konjungtivitis

Konjungtivitis sendiri yaitu keadaan yang dimana selaput putih yang sudah menutupi mata kucing, baik itu satu sis maupun kedua sisi, hal ini penyebab utamanya yaitu terjadinya infeksi pada tubuh kucingnya dan bahkan tidak hanya itu saja infeksi juga dapat menimbulkan masalah lain seperti lakrimasi, bola mata bengkak dan juga sebagainya.

Dimana mengutip dari buku berjudul Hidup Sehat Bersama kucing Kesayangan yang disusun oleh Nurheti Yuliarti (18:2013), menyatakan perubahan yang terjadi seperti mata juling, mata berair banyak dan kemerahan, mata menjadi bengkak, ataupun adanya leleran yang menandakan adanya infeksi pada tubuh kucing.

Terdapat Luka atau Trauma di Bagian Tubuh Kucing

Pada saat kucing yang sedang mengalami trauma diakibatkan oleh adanya pukulan keras, maka kucing yang bisa mengalami mata juling dan luka muncul akibat trauma tersebut yang umumnya diawali dengan munculnya selaput putih pada mata kucing dan mengakibatkan mata kucing menjadi juling.

Sindrom Haw

Sindrom haw adalah penyakit yang akan menyerang usus kucing penyebab utamanya yaitu adanya parasit, untuk gejala utama yang ditimbulkannya yaitu adanya diare parah dan juga selaput putih pada mata membuat mata kucing menjadi juling, dan jika selaput putih tersebut tidak segera diatasi maka akan menjadi semakin membengkak dan menjadi parah.

Kemasukan Benda Asing pada Mata

Selanjutnya untuk faktor penyebab mata kucing juling yaitu bisa dikarenakan mata kucing yang kemasukan benda asing sehingga membuat kucing mengalami mata juling, dimana benda asing pada umumnya masuk ke dalam mata kucing yaitu berupa kotoran seperti debu atau benda yang lainnya sehingga bisa memicu munculnya selaput putih.

Bisa jadi tanpa kita sadari biasanya kucing kemasukan benda asing dalam matanya yang dapat memicu timbulnya atau munculnya selaput putih, sebenarnya selaput tersebut yang memiliki fungsi untuk membantu melindungi mata agar kotoran tidak masuk lebih dalam lagi.

Biasanya ada kalanya pada saat kemasukan benda asing tersebut yang ternyata sekalian membawa virus atau bakteri sehingga bisa membuat mata menjadi belekan, dan jika hal itu terjadi maka nantinya akan terus menjadi semakin parah jika tidak langsung diobati seperti mata kucing juling.

Kanker

Terakhir penyebab mata kucing juling yaitu bisa diakibatkan kanker, dan hal ini yang harus patut diwaspadai karena adanya selaput putih pada mata kucing merupakan terjadinya kanker.

Tetap untuk mengatasi hal ini yang sebaiknya untuk konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, karena jika terus dibiarkan begitu saja maka bisa mengakibatkan permasalahan yang lebih serius pada kucing kesayangan kamu.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa faktor penyebab mata kucing juling, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui cara mengobati mata kucing juling, adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata kucing juling yaitu sebagai berikut:

Dengan Membasuh Mata dengan Air Hangat

Cara mengatasi penyebab mata kucing juling yaitu dengan cara pembasahan pada mata dengan konjungtivitis adalah merupakan pengobatan alami yang aman dilakukan, adapun caranya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu ambil kain yang bersih dan lembut atau bisa juga menggunakan tisu.
  • Kemudian sediakan air hangat dalam wadah atau baskom.
  • Celupkan kain tadi lalu peras sedikit, biakan ada sedikit air tertinggi pada kain tersebut.
  • Lalu usapkan pada mata kucing yang sedang mengalami gangguan selaput putih atau mata juling.

Dengan Memberikan Obat Tetes Mata

Penanganan pertama yang bisa dilakukan dengan pergi ke apotik atau dokter hewan untuk minta obat tetes mata kucing, dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa membuat mata kucing juling sembuh dan tentunya bersyukur jika mata juling kucing bisa sembuh hanya dengan menggunakan tetes mata tersebut.

Dengan Membuat Ramuan Daun Binahong

Untuk kamu yang kerap melakukan pengobatan secara alami ternyata daun binahong tersebut termasuk ke dalam jenis daun cukup ampuh untuk membantu mengatasi atau pengobatan mata, khasiat dari memanfaatkan daun binahong yang telah teruji secara turun temurun dari nenek moyang.

Dengan Melakukan Operasi Bedah

Jika kucing yang mengalami trauma karena luka telah menyebabkan kerusakan pada otot mata, maka cara yang paling tepat dengan melakukan pengobatan yaitu pembedahan, proses pembedahan mata tersebut perlu dilakukan untuk membantu memperbaiki panjang atau kekuatan otot mata telah mengalami abnormal.

Hal ini yang bisa membantu untuk menyetel kembali mata, dan anestesi umum yang diperlukan untuk prosedur ini.

Dengan Pemberian Antibiotik

Antibiotik yang akan diperlukan jika infeksi bakteri yang telah mempengaruhi sistem vestibular, kamu bisa menggunakan resep dokter untuk menemukan antibiotik yang pas dan tepat dalam pemberian antibiotik yang biasanya terjadi setelah pasca operasi untuk mencegah penyakit tersebut tumbuh lagi.

Dengan Melakukan Operasi Pengangkatan

Jika faktor penyebab mata kucing juling yang terjadi karena tumor maka kamu sebaiknya untuk melakukan operasi pengangkatan tumor dan hal ini tentunya sangat diperlukan agar tumor tidak menyebar ke kucing, hal tersebut mungkin sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk penanganan terbaiknya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa faktor penyebab mata kucing juling, gejala dan juga cara mengatasinya yang bisa kamu ketahui dan coba terapkan agar tidak semakin parah penyakitnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kucingmata kucingmata kucing juling