10 Penyebab Darah Haid Tidak Keluar

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang mengalami masalah darah haid yang tidak lancar bahkan tidak keluar, ternyata hal tersebut yang terdapat beberapa faktor penyebabnya yang perlu kamu ketahui.

Dimana pada setiap wanita yang akan mengalami haid berulang setiap bulannya dan biasanya sedikit atau banyaknya darah haid yang keluar dari waktu ke waktunya yang akan berbeda-beda pada setiap wanita, pada beberapa periode haid yang merasakan darah haidnya yang relatif sedikit jika dibandingkan haid sebelumnya.

Tetapi terdapat juga beberapa wanita yang mengalami darah haid yang keluar sedikit atau bahkan tidak keluar selama beberapa waktu haid terakhir, nah untuk kamu yang mengalami hal tersebut maka kamu perlu mengetahui beberapa penyebab darah haid tidak keluar di bawah ini.

Advertisment

Penyebab Darah Haid Tidak Keluar

Advertisment

Kondisi darah haid yang sedikit merupakan salah satu kondisi umum terjadi pada saat awal atau akhir siklus haid, tetapi jika kamu mengalami kondisi tersebut tetap perlu untuk waspada karena dengan keluar darah haid yang sedikit atau bahkan tidak keluar yang dapat menjadi tanda dari penyakit tertentu.

Untuk siklus haid pada setiap wanita yang berbeda-beda umumnya terdapat sebagian wanita yang mengalami pendarahan haid yang lebih sedikit daripada biasanya, kondisi seperti ini yang biasanya disebut hypomenorrhea dan ini yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya.

Walaupun kondisi seperti ini yang umum terjadi namun sebaiknya untuk mengetahui faktor penyebab darah haid yang keluar sedikit atau bahkan tidak keluar, untuk itu di bawah ini ada beberapa faktor penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Sindrom Asherman

Sindrom asherman ini yang dapat menyebabkan wanita darah haid yang lebih sedikit atau bahkan tidak ada dan ini menjadi salah satu penyebab darah haid tidak keluar, dimana pada beberapa wanita yang mengalami rasa sakit pada saat haid namun tidak mengalami pendarahan.

Faktor Usia

Faktor usia menjadi salah satu penyebab darah haid sedikit atau tidak keluar biasanya terjadi pada anak remaja yang mengalami pubertas dan juga wanita yang memasuki masa menopause, dengan kondisi seperti ini yang bisa terjadi karena ketidakseimbangan kadar hormon berperan di dalam siklus haid atau menstruasi.

Komplikasi Kuretase

Untuk wanita yang sedang menjalani kuretase setelah mengalami keguguran yang biasanya mengalami komplikasi dengan adanya jaringan parut, sehingga akan membuat dinding rahim yang saling menempel dengan kondisi seperti ini yang akan membuat darah haid sedikit atau bahkan tidak keluar.

Faktor Genetik

Penyebab darah haid sedikit atau tidak keluar yang disebabkan oleh faktor genetik, dimana untuk kamu yang mengalami kondisi periode haid lebih singkat atau darah haidnya keluar sedikit maka kamu bisa memastikannya kepada ibu atau saudara perempuan untuk menanyakan kondisi seperti ini apakah mereka mengalaminya atau tidak.

Kehamilan

Darah haid yang sedikit atau tidak keluar juga yang bisa menjadi salah satu pendarahan implantasi atau tanda kehamilan dan ini menjadi salah satu penyebab darah haid tidak keluar, dalam kondisi sel telur dibuahi sperma berkembang menjadi embrio kemudian menempel pada bagian lapisan rahim dan proses ini yang akan menyebabkan keluar bercak darah.

Gangguan Serviks

Gangguan serviks yang mengalami penyempitan atau tertutup atau stenosis serviks ini yang biasanya terjadi setelah wanita yang menjalani proses operasi rahim atau serviks, dengan kondisi menurunnya kadar estrogen ini yang bisa menyebabkan darah haid yang keluar sedikit  atau bahkan tidak keluar namun mengalami kram perut yang cukup parah.

Menggunakan Alat Kontrasepsi

Untuk kamu yang menggunakan alat kontrasepsi seperti KB susuk, pill KB atau suntik KB maka ini menjadi salah satu faktor penyebab darah haid tidak keluar, dimana beberapa penggunaan alat kontrasepsi ini yang akan menyebabkan volume darah haid yang menjadi lebih sedikit dan periode haid menjadi singkat.

Alat kontrasepsi ini yang bisa menyebabkan penipisan pada lapisan rahim sehingga dengan begitu kehamilan yang bisa ditunda, maka dari itu kamu bisa untuk menghindari penggunaan alat kontrasepsi yang berlebihan.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab darah haid tidak keluar yaitu kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, stres dan juga olahraga secara berlebihan, hal ini yang dapat mempengaruhi siklus haid atau menstruasi dan juga menyebabkan kenaikan atau penurunan berat badan yang secara drastis.

Jika memang gaya hidup kamu yang tidak sehat maka sebaiknya untuk menghindari hal tersebut, jika darah haid sedikit atau tidak keluar yang disebabkan oleh stres maka kamu bisa untuk mengatasi stres tersebut dengan melakukan terapi relaksasi, jalan-jalan atau melakukan berbagai aktivitas yang kamu sukai.

Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab darah haid tidak keluar yaitu sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon dan juga menghentikan proses terjadinya ovulasi, dengan kondisi seperti ini yang akan menyebabkan penderita memiliki periode haid yang lebih ringan.

Kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS) ini selain ditandai dengan darah haid yang sedikit, namun ditandai juga dengan gejala lainnya yaitu seperti tumbuh rambut yang berlebihan pada area wajah, mudah lelah bahkan penurunan fertilitas atau tingkat kesuburan.

Hipertiroid

Untuk penyebab darah haid tidak keluar yang terakhir yaitu hipertiroid atau kelenjar tiroid terlalu aktif, dimana kondisi ini yang bisa mempengaruhi pada kinerja jantung, otot, tekanan darah dan bahkan haid menjadi lebih singkat atau darah haid yang keluar sedikit.

Mungkin hanya itu saja beberapa faktor penyebab darah haid tidak keluar yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut nya kamu bisa dengan berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang baik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

darah haidhaid