8 Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu

Nesiaverse.com – Ada beberapa faktor penyebab diamana bayi rewel dan tidak mau menyusu. Sebagai orang tua kamu harus mengetahuinya, sehingga tahu cara mengatasi yang tepat.

Seorang ibu memang tidak jarang merasakan khawatir, khususnya ketika si kecil tidak mau menyusu. Menurut Dokter Spesialis Anak dari Mayapada Hospital Kuningan atau MHKN, dr, Nadia Qoriah Firdausy, M.Sc.Sp. A, ada sejumlah penyebab kenapa bayi tidak mau menyusu. 

Nah, degan mengetahui penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu, maka menjadi sinyal bagi orang tua khususnya ibu untuk mengetahui kondisi dari sang bayi. 

Advertisment

Untuk mengetahui informasi jelasnya, maka kamu dapat menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel kami berikut ini. 

Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu 

Advertisment

Selesai melahirkan si kecil, maka fase selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang ibu adalah menyusui sang bayi. 

Menyusui memberikan berbagai jenis pengalaman yang cukup berharga bagi sang ibu dan di kecil. 

Sayangnya tidak semua fase atau proses menyusui bayi ini berjalan dengan lancar, karena terkadang ada kejadian di mana si kecil rewel dan tidak mau menyusu. 

Ketika di tempat makan dalam situasi dimana bayi tidak mau menyusu, maka sang ibu tidak jarang merasakan khawatir sehingga takut jika sang bayi tidak dapat tercukupi kebutuhan nutrisinya. 

Selain itu sang ibu akan mempertanyakan apakah alasan atau faktor penyebab si kecil tiba-tiba rewel dan tidak mau menyusu?

Bayi yang tidak mau menyusu atau mogok menyusu ini memiliki berbagai macam penyebab. 

Bayi tidak mau minum ASI umumnya akan berlangsung selama beberapa hari, namun ada juga yang bisa sampai melebihi 1 minggu lamanya. 

Tentunya hal ini akan membuat ibu merasa khawatir kesal dan takut ketika sang bayi mulai ebr paling dari payudara. 

Khususnya ketika ibu tidak tahu faktor penyebab kenapa si kecil tidak ingin menyusu. 

Bayi tidak mau menyusu merupakan salah satu cara si kecil memberi tahu atau memberikan sinyal. bahwa ada sesuatu yang salah. 

Sehingga, penting bagi sang ibu untuk memahami berbagai penyebab bayi mogok atau menolak menyusu. 

Nah, berikut kami telah merangkum bergia jenis penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu. 

Aliran ASI yang Terlalu Cepat

Penyebab pertama bayi rewel dan tidak mau menyusu adalah karena aliran ASI yang terlalu cepat. 

Penyebab satu ini akan membuat sang bayi dalam posisi kesulitan dan munculnya rasa tidak nyaman ketika akan menyusu pada sang ibu. 

Sang bayi akan mengalami rasa kesal, sehingga akan mulai menolak untuk menyusu pada sang ibu.

Sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah ibu bisa mulai memerah ASI, sebelum mulai menyusui si kecil, hal ini guna membantu si kecil untuk mengikuti aliran dari ASI.

Bayi Tumbuh Gigi

Bayi yang sedang mengalami masa tumbuh gigi, umumnya merupakan salah satu faktor penyebab dimana dirinya tidak ingin menyusu. 

Ketika tumbuh gigi, bayi kadang tidak sengaja menggigit puting sang ibu. Dimana disusul oleh reaksi sang ibu yang kesakitan.

Hal ini tidak jarang membuat sang bayi merasa ketakutan untuk menyusu lagi, setelah melihat reaksi sang ibu. 

Sehingga untuk mengatasinya, sang ibu dapat menawarkan ASI perah beku yang aman telah dibalut kain bersih, sehingga dapat dihisap ataupun dikunyah sang bayi. 

Selain itu langkah satu ini dapat membantu si kecil untuk tidak merasa nyeri lagi sebelum menyusui.

Aroma Tubuh yang Berbeda

Selanjutnya, penyebab bayi tidak mau menyusu ini dikarenakan si kecil tidak menyukai rasa atau bau dari produk wewangian yang digunakan sang ibu. 

Karena apa dasarnya, sang bayi menyukai aroma alami dari tubuh sang ibu. Sehingga diusahakan untuk tidak menggunakan produk yang memiliki aroma yang menyengat, karena dapat memengaruhi si kecil ketika akan menyusu. 

Produksi ASI Berkurang

Selanjutnya, penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusui bisa jadi karena produksi ASI yang mengalami penurunan. 

Bayi yang merasa kurang puas dengan ASI ini sudah tidak terlalu banyak, sehingga dirinya akan mogok menyusu. 

Selain itu, salah satu kemungkinan karena pasokan dari ASI berkurang, dimana bayi sudah mulai mengenal makanan padat juga. 

Rasa ASI yang Berubah

Salah satu penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu bisa ketika dirinya menyadari adanya perubahan pada rasa ASI yang dikonsumsinya. 

Rasa ASI dapat berubah ketika sang ibu mengkonsumsi jenis vitamin hingga obat-obatan yang dikonsumsi sama ibu. 

Selain itu, mastitis atau peradangan pada payudara merupakan salah satu hal yang dapat membuat ASI memiliki rasa yang cenderung asin dari normalnya. 

Sehingga untuk mengatasi permasalahan satu ini, ibu bisa memerah ASI agar rasa asin pada ASI bisa berkurang dan bayi dapat menerima ASI dengan baik tanpa rewel dan tidak mau menyusu. 

Bayi Semakin Aktif

Penyebab lain bayi rewel dan tidak mau menyusu adalah karena kondisi bayi yang semakin aktif dari sebelumnya. 

Sudah menjadi salah satu hal lumrah, dimana bayi usia 2 bulan hingga 9 bulan akan melakukan mogok menyusu. 

Hal ini bisa dikarenakan pada manusia tersebut bayi mulai mengalami perubahan dan semakin besar disertai tingkat aktif yang meningkat. 

Sehingga mudah untuk bayi mulai teralihkan perhatiannya. Selain itu, waktunya juga mulai dihabiskan untuk bermain dan mulai mengenal jenis makanan padat yang dikenal dengan MPASI. 

Suasana yang Kurang Nyaman

Suasana yang tidak kondusif juga menjadi salah satu penyebab dimana bayi mulai rewel dan tidak mau menyusu. 

Nah, agar si kecil dapat menyusui dengan baik, maka diperlukan suasana yang dibangung senayaman mungkin. 

terlalu banyak gangguan di area sekitarnya membuat si kecil tidak nyaman, misalnya suara bising dapat membuat bayi tidak terbaik untuk menyusu. 

Ketika menyusui si kecil, ibu juga harus fokus dan mulai tenang. Kamu dianjurkan untuk menghindari kondisi menyusui bayi ketika sang ibu tengah marah atau frustasi. 

Hal ini dikarenakan bayi dapat merasakan emosi sang ibu, sehingga dapat mengganggu proses menyusui nantinya. 

Bayi Sedang Sakit

Salah satu faktor penyebab lainnya di mana bayi rewel dan tidak mau menyusu adalah kondisi bayi yang sedang merasakan sakit. 

Sama seperti orang dewasa lainnya, bayi juga dapat merasa tidak nyaman untuk makan atau menyusu ketika dirinya tengah sakit. 

Ada beberapa jenis penyakit yang memungkinkan bayi mulai merasa malas untuk menyusu, misalnya adalah sariawan, adanya luka kecil di area mulut bayi hingga bayi yang sedang mengalami flu. 

Ketika flu, maka hidung bayi akan tersumbat dan membuat si kecil mengalami kesulitan untuk bisa bernafas ketika menyusui.

Selain itu infeksi telinga akan membuat sang bayi malas untuk menyusu juga. Sebab, ketika menyusu posisi si kecil akan miring dan akan ada tekanan pada telinga nya. Tentunya hal satu ini akan membuat sang bayi tidak merasa nyaman dan mogok untuk menyusu. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa faktor penyebab dimana bayi rewel dan tidak mau menyusu. Dengan begitu maka mudah bayi sang ibu untuk melakukan pemeriksaan dan mengatasi permasalahan satu ini.

bayibayi rewel