8 Peluang Usaha Dari Hobi Menulis Untuk Hasulkan Uang

Nesiaverse.com – Ada berbagai peluang bisnis bagi kamu yang memiliki hobi menulis, dari mulai bisnis kecil hingga bisnis yang menghasilkan uang yang cukup besar. Memiliki kemampuan untuk menulis, merupakan salah satu modal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang, tanpa modal dan mengandalkan internet. Sehingga skill bisa menjadi salah satu peluang usaha terbesar bagi kamu yang hobi menulis. 

Saat ini banyak sekali orang yang memiliki hobi menulis dan berpenghasilan baik juga. Bahkan banyak orang yang membuat blog, tetapi tidak memiliki waktu untuk menulis,sehingga mereka akan menyewa penulis untuk mengisi blognya. Ada juga berbagai jenis perusahaan yang memiliki website yang harus diisi mengenai bisnisnya. Hal ini merupakan bagian kecil yang menjadi salah satu peluang bagi kamu yang memiliki hobi menulis. 

Peluang Usaha Dari Hobi Menulis Untuk Hasulkan Uang

Advertisment

Dalam buku 55 Surefire Home Based Business You Can Start for Under $5,000, dikatakan bahwa banyak peluang usaha bagi yang ingin bekerja di rumah. Khusunay adri 55 peluang bisnis tersebut, seorang penulis atau kamu yang hobi menuli berada di urutan kesebelas. Dimana kamu bisa mengerjakan hobi menulis kamu dari rumah. Tanpa harus meninggalkan karir yang masih bisa kamu pertahankan. 

Advertisment

Jika kamu sudah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sebelumnya pun, kamu tak perlu khawatir. Apalagi jika kamu memiliki basic baka dalam bidang menulis. Kamu dapat bekerja dari rumah dan mengandalkan kemampuan bisnis kamu tersebut. Kamu tidak perlu khawatir mengenai penghasilan yang akan menurun. 

Asalkan kamu dapat memastikan jaringan dan menjalin hubungan dengan rekan yang rutin mengerjakan proyek tulisan. Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa jenis peluang usaha dari hobi menulis yang dapat kamu lakukan. Nah, langsung saja berikut beberapa rekomendasi dari usaha di bidang menulis yang dapat kamu lakukan bahkan dari rumah sekalipun. 

Copy Editing

Copy editing atau disebut juga sebagai editor banyak dibutuhkan oleh banyak penerbit, media sehingga perusahaan yang memiliki divisi penerbitan internal. Sehingga kebutuhan editor sebagai freelancer ini semakin terbuka lebar dan banyak dibutuhkan. 

Nah, bagi kamu yang memiliki hobi menulis, dan suka melakukan editing, maka kamu bisa membawa bahan tulisan yang harus di edit ke rumah. Kemudian mulai menentukan tenggat waktu yang disepakati bersama. Selanjutnya, kamu bebas mengatur waktu kerja asalkan memenuhi target dan waktu tepatnya. Selain itu gaji yang didapat juga cukup memuaskan, khususnya jika kamu mengambil banyak project copyediting ini. 

Ghostwriting

Ghost witing merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan, khususnya bagi kamu yang memiliki hobi menulis. Banyak profesional yang memiliki ilmu khusus, namun tidak memiliki kemampuan menulis. Sehingga dirinya membutuhkan seorang penulis buku, yang aman bertujuan untuk menuangkan isi pikiran dalam tulisan. 

Namun, penulis buku ini tidak akan mencantumkan nama kamu sebagai seorang penulis buku tersebut. Karena ide dan konsep buku adalah milik profesional yang menjalankan proyek tersebut. Inilah yang disebut ghost writer . Tugas kamu hanya perlu melakukan riset, menjalani wawancara dan mulai menulis sesuai pesanan si pengarang tersebut, yang nantinya namanyalah yang tercantum di buku. 

Hal ini tidak akan membuat kamu populer, namun tetapi menjadi relasi yang akan mengasah kemampuan atau skill kamu dalam menulis. Selain itu hal ini bisa menjadi salah satu pekerjaan untuk menambah portofolio kamu juga. 

Copywriting

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan copywriting, yang mana merupakan salah satu peluang usaha dari seseorang yang hobi menulis. Pengerjaan copywriting sendiri sangatlah luas, dimana kamu hanya perlu menulis sebuah laporan tahunan dalam perusahaan, penulisan untuk promosi sebuah produk hingga jasa. 

Tim kreatif dari advertising agency, pernah mempekerjakan seorang copywriter untuk membuat sebuah iklan yang menarik. Maka, meski semua pekerjaan menulis menuntut kreativitas, untuk satu hal ini membutuhkan keahlian khusus. Namun, memang sepadan dengan gajinya, maka tidak sedikit yang memiliki hobi menulis melirik indutsri satu ini. 

Book Writing

Berikutnya, kamu dapat mencoba peluang pekerjaan sebagai book writing. Penulisan yang satu ini memang berawal dari ide dan keahlian kamu sendiri, yang mana nantinya kamu menjual die tersebut ke sebuah penerbitan. Selain itu kamu dapat menerima pesanan dari penerbitnya langsung, seperti buk bisnis, interior,keuangan dan masih banyak lagi. 

Dengan begitu kamu tidak perlu memiliki skill khusus secara profesional. Kamu dapat mewawancarai profesional untuk kemudian dijadikan tulisan dalam sebuah bentuk media utama.

Menulis Artikel Untuk Majalah

Selain book writing, kamu dapat bekerja sebagai seorang penulis artikel di majalah. Mirip seperti sebelumnya, dimana kamu hanya menggunakan media yang berbeda saja, yaitu masalah. Umumnya sangat editor majalah akan menugaskan apa yang kamu tulis, tentunya sesuai dengan tema yang disediakan setiap periodenya. 

Jika kamu memiliki banyak stok tulisan, maka kamu dapat menarik seperti cerpen apapun juga catatan perjalanan. Sehingga kamu dapat menawarkan pada perusahaan media di luar saja. Bahkan jika kamu tekun dan terus mengirimnya pada media, bisa menjadi salah satu hal yang baik kedepannya. 

Web Page Content Provider

Bagi penulis konten website pun kamu membutuhkan skill khusus dalam menulis. Kamu bisa mendapatkan penghasilan uang dari ini, khususnya jika media elektronik yang sudah menghasilkan uang sendiri. Apalagi jika media tersebut sangat menguntungkan disaat kondisi percetakan mulai tersisihkan, karen harga ekstra saat ini sangat mahal. Kamu dapat mencoba terjun ke usaha dari seseorang yang menyukai menulis ini. 

Menjual Jasa Penulisan Konten

Bagi kamu yang hobi menulis, bisa memanfaatkan banyak platform seperti fiverr untuk membuat jasa penulisan konten. Jika kamu membuka jasa penulisan konten, maka buatlah video yang memiliki narasi yang tepat. Selain itu kamu dapat menjual karya secara utuh ke situ jual beli artikel juga. 

Diketahui ada beberapa situs yang baik untuk melakukan jual beli artikel yang cukup populer, misalnya Fastworld dan fiverr yang kamu jelaskan diatas. Adapun langkah baik yang dapat dilakukan dengan mulai mendaftar diri ke situs tersebut.

Melakukan Kolaborasi Dengan Komikus

Terakhir, kamu dapat memulai usaha yang berbasi dari hobi menulis, dimana kamu dapat melakukan kolaborasi dengan seseorang komikus atau pembuat komik. Bagi mereka yang memiliki kemampuan menggambar, terkadang mereka kesulitan untuk segi ceritanya. Maka, tidak jarang para komikus atau creator mencari rekan kerja seperti seorang penulis. Bahkan tidak segan untuk mengeluarkan uang yang cukup besar untuk melakukan commission dalam pembuatan script atau narasi dalam komiknya. Nah, tidak ada salahnya kamu mencoba peluang usaha satu ini. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa peluang dari kamu yang memiliki hobi menulis. Sehingga akan mempermudah kamu untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Dengan giat dan tekun, maka tidak mustahil untuk melakukan pekerjaan yang berdasarkan pada hobi kamu.

hobipeluang usahausaha