10 Pantangan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Lambung 

Nesiaverse.com – Jika kamu penderita asam lambung, maka wajib bagimu untuk mengetahui pantangan yang harus dihindari, baik makanan maupun minuman. Kamu harus berhati-hati dan tidak sembarangan mengkonsumsi makanan sehari-hari. Hal ini guna untuk menghindari pemicu dan gejala asam lambung naik karena akan berakibat fatal. 

Asam lambung juga biasa disebut gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, dimana penderitanya akan mengalami rasa tidak nyaman ketika sama lambung naik. Bahkan dalam beberapa kasus mampu menimbulkan rasa sakit pada bagian ulu hati dan sesak. Penyebab asam lambung naik umumnya dikarenakan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka perlu bagi kamu mengetahui pantangan makanan yang harus dihindari. 

Pantangan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Lambung 

Advertisment

Masalah kesehatan seperti asam lambung bisa dirasakan oleh siapa saja, dari segala umur juga. Bagi penderita asam lambung penting untuk memperhatikan pola hidup dan makan yang baik dan benar, sehingga mencegah gejala asam lambung naik. Ketika asam lambung naik dan kambuh hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga lemas berlebihan.

Advertisment

Ketika asam lambung naik nantinya akan memberikan dampak dan rasa tidak nyaman yang mampu menghambat aktivitas sehari-hari. Maka, alangkah baiknya untuk melakukan tindakan pencegahan, diantaranya mengetahui pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung.

Dengan mengetahui pantangan makanan dan minuman, hal ini mampu mencegah terjadinya asam lambung naik dan mampu menurunkan gejalanya hingga mengurangi keparahan dari gejala yang dialami. Berikut beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung yang telah kami rangkum. 

Makanan Pedas

Salah satu pantangan makanan bagi penderita asam lambung adalah makanan yang pedas. Bukan rahasia lagi jika makan makanan yang pedas merupakan salah satu pemicu ampuh terjadinya asam lambung naik dan bersifat kronis juga. Bahkan makanan pedas menjadi penyebab utama penderita asam lambung hingga titik terparahnya. 

Makanan pedas memiliki kandungan zat bernama capsaicin yang mana akan menghambat sistem kerja pencernaan. Hal inilah yang mampu meningkatkan resiko terjadinya asam lambung. Dalam beberapa kasus makanan pedas mampu memperparah kondisi lambung hingga iritasi. Maka, hindarilah makanan pedas. 

Buah Citrus

Memiliki sumber vitamin C, buah buahan citrus bisa memicu terjadinya asam lambung naik, misalnya jeruk dan lemon. Buah citrus menjadi salah satu pantangan bagi orang yang memiliki masalah asam lambung. Pasanya dengan kandungan vitamin C yang asam ini memiliki kemampuan untuk melemahkan otot otot pada esofagus. 

Melemasnya otot esofagus karena kandungan asam pada buah citrus mampu membuat asam lambung mudah naik hingga ke kerongkongan. Jika asam lambung naik karena buah citrus akan memberikan gejala sesak nafas hingga nyeri pada ulu hati. Maka, hindarilah buah-buahan citrus seperti jeruk. 

Makanan Dengan Kandungan Lemak Yang Tinggi

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi juga merupakan salah satu pantangan makanan bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan makanan yang tinggi lemak mampu merangsang kolesistokinin atau hormon yang bisa memicu mengendurnya bagian katup kerongkongan atau esofagus pada bagian bawah.

Ketika otot esofagus mengendur hal ini akan membuat asam lambung naik ke area kerongkongan. Maka, akan terjadi gejala heartburn atau sensasi nyeri pada bagian ulu hati dan rasa terbakar yang menimbulkan sesak bagi penderita asam lambung. Beberapa makanan yang tinggi lemak diantaranya, gorengan, susu full cream, daging merah hingga ice cream. 

Kafein

Jika kamu memiliki keluhan asam lambung, maka kopi merupakan minuman yang harus kamu hindari. Kafein sama dengan coklat dan alkohol dimana jika kamu mengonsumsi minuman tersebut bagian otot esofagus akan melemah, hal ini dikarenakan kafein memiliki efek melemaskan atau relaksasi, sehingga otot disekitar esofagus melemah. 

Ketika otot esofagus melemah, maka hal inilah yang akan menyebabkan peningkatan hormon gastrin yang akan memproduksi asam lambung berlebihan dan naik hingga ke tenggorokan. Adapun beberapa minuman yang mengandung kafein, diantaranya kopi, teh, minuman bersoda, minuman berenergi hingga coklat. 

Bawang

Siapa sangka jika bawang menjadi salah atau rempah-rempahan atau kandungan dalam makanan yang mampu melemahkan kerongkongan pada bagian bawah. Dengan melemahnya kerongkongan bagian bawah inilah yang mampu memicu asam lambung naik, bahkan dalam beberapa kasus mampu mengiritasi lambung juga.

Maka, pastikan dalam mengkonsumsi bawang tidak secara berlebihan hingga porsi besar. Jika bawang menjadi bagian atau sekedar rempah dan tidak terlalu terasa maka itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun, jika bawang menjadi bahan utama dengan komposisi yang besar dalam sebuah hidangan, maka hal inilah yang mampu memicu asam lambung naik dengan cepat. 

Tomat

Tomat termasuk salah satu pantangan yang harus dihindari oleh pengidap asam lambung. hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat dan asam malat dalam tomat. Kedua kanaungan dalam amatlah yang mampu memicu naiknya asam lambung. Dalam beberapa kasus penderita asam lambung yang mengkonsumsi buah tomat dalam porsi besar akan mengalami gangguan sehingga rasa nyeri dan mual secara bersamaan. Maka, hindari konsumsi buah tomat secara berlebihan. 

Selain makan dan minum, adalah beberapa hal yang menjadi pantangan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung, sehingga akan mencegah naiknya asam lambung. 

Makan Terlalu Cepat

Jika kamu memiliki kebiasaan makan terlalu cepat maka hentikan sejak dini. Makan terlalu cepat mampu mengganggu kinerja sistem pencernaan sehingga tidak akan berfungsi dengan baik. Pencernaan yang buruk mampu menyebabkan naiknya asam lambung dan menyebabkan heartburn atau rasa panas dan terbakar pada ulu hati. 

Maka, kamu harus menghindari makan terlalu cepat, kunyalah dengan benar sebanyak 20 hingga 30 kali dalam mulut, kemudian telan. Sehingga nantinya usus tidak bekerja terlalu keras begitupun dengan lambung. Nantinya kamu akan terhindar dari ancaman asam lambung yang naik. 

Menggunakan Pakaian Yang Ketat

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah penggunaan pakaian yang terlampau ketat, khususnya di area perut. Ketika kamu menggunakan pakaian yang ketat khususnya di area perut hal ini mampu membuat sisi perut tertekan ke bagian atas. Maka, tidak heran jika asam lambung naik. 

Selain pakaian yang ketat, penggunaan ikat pinggang yang terlalu kencang juga bisa mempengaruhi naiknya asam lambung seseorang. Maka, selain makan dan kebiasan salah satu pantangan bagi penderita asam lambung yang harus dihindari adlha penggunaan pakaian yang ketat, dimana menekan bagian perut adalah suatu hal yang harus dihindari. 

Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, namun bagi orang lainnya juga. Merokok merupakan pantangan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa terdapat jumlah kandungan pada rokok yang mampu meningkatkan produksi asam lambung, sehingga hal ini mampu menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Maka, hindarilah merokok jika kamu memiliki permasalahan asam lambung. 

Stress

Stress seringkali mengganggu pikiran dan rutinitas sehari-hari, pikiran mampu mempengaruhi kondisi kesehatan dan tubuh seseorang. Maka, kamu harus memperhatikan kesehatan psikis kamu terlebih dahulu guna menghindari asam lambung yang naik. Lakukanlah meditasi untuk menghindari stress berlebih yang dapat memicu asam lambung naik dan menimbulkan gejala tidak mengenakan lainnya.

Itulah beberapa pantangan yang harus kamu hindari jika memiliki permasalahan pada lambung. Dengan begitu kamu akan terhindar dari ancaman asam lambung naik yang bisa memicu berbagai gejala bahkan komplikasi. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi, perhatikan kebiasaan dan pola hidup kamu jangan lupa kesehatan psikis memiliki peranan yang penting untuk kesehatan tubuh juga.

asam lambungpantangan asam lambung