4 Pantangan Makanan Golongan Darah A, B, AB dan O

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi seseorang dengan golongan darah A, B, AB dan O. Hal ini berdasarkan jenis dari golongan makanan maupun jenis minuman yang sebaiknya dihindari oleh orang dengan jenis golongan darah tertentu. Sehingga akan menghindari berbagai kemungkinan gejala yang ditimbulkan yang bersifat negatif. Sehingga penting untuk mengetahuinya sebagai pengetahuan dasar. 

Setiap golongan darah seseorang membawa bersamanya identitas dan keunikannya masing-masing. Kemudian dari golongan darah inilah setiap individu juga memiliki kesamaan dengan nenek moyangnya terdahulu. Baik secara karakteristik yang membentuk kelompok darah kemudian diturunkan dari generasi ke generasi. Begitupun dengan berbagai jenis hidangan dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam golongan yang dianjurkan dan harus dihindari atau pantangan. 

Pantangan Makanan Golongan Darah A, B, AB dan O

Advertisment

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus dilakukan sedari dini. Kamu bisa meningkatkan kualitas hidup yang berdampak baik bagi kesehatan dengan memperbaiki pola hidup dan pola makanan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk memulai perubahan ke arah yang baik adalah dengan mulai memperhatikan jenis pantangan makanan berdasarkan golongan darah A, B , AB dan O. 

Advertisment

Sehingga dengan mengetahui jenis pantangan makanan berdasarkan golongan darah dapat membantu kamu meningkatkan kualitas hidup lebih baik lagi. Disisi lain bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani program diet, maka penting untuk mengetahui jenis makanan yang masuk ke daftar pantangan sesuai dengan golongan darah tertentu. 

Mengubah pola makan dengan menghindari pantangan berdasarkan golongan darah, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan tubuh. Dengan melakukan diet golongan darah kamu dapat terhindar dari berbagai macam ancaman dari risiko penyakit yang mengintai. 

Bahkan kamu bisa dengan mudah menurunkan berat badan secara sekaligus. Sayangnya tidak semua orang memahami dan tahu beragam pantangan makanan untuk golongan darah A, B, AB dan O yang harus kamu ketahui. Namun, dikutip dari Qoala yang mana sudah kami rangkum ada beberapa jenis pantangan makanan berdasarkan golongan darah A, B, AB dan O.

 Pantangan Makanan Golongan Darah A

Pertama, kamu akan menjelaskan mengenai jenis pantangan makanan untuk seseorang dengan golongan darah A. Sebagian besar pantangan untuk seseorang yang menjalani program diet atau memantau pola makannya dari golongan darah A adalah daging. Kamu harus menghindari asupan daging yang mana kamu dianjurkan untuk mengusung prinsip vegetarian untuk menu makanan sehari-hari dan minim makanan berdaging. 

Buka berarti kamu dilarang untuk mengkonsumsi semua daging. Namun, ada beberapa jenis daging yang harus kamu hindari hal ini dikarenakan sumber maupun kandungan didalamnya yang tidak baik bagi seseorang bergolongan darah A. Beirut kami merangkum beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan menjadi pantangan bagi golongan darah A. 

  • Daging sapi
  • Daging domba
  • Daging bebek
  • Cumi-cumi
  • Udang
  • Kepiting
  • Gurita
  • Kentang
  • Ubi
  • Terong
  • Kubis
  • Tomat
  • Buah melon
  • Buah jeruk
  • Buah strawberry
  • Biji-bijian seperti gandum
  • Karbohidrat olahan yang meliputi roti tawar, gula halus hingga kacang merah. 

 Pantangan Makanan Golongan Darah B

Berikutnya ada golongan darah B, yang mana golongan darah B merupakan salah satu yang dikenal fleksibilitasnya. Dimana seseorang dengan golongan darah B ini memiliki sifat yang aman mengonsumsi makanan atau jenis minuman apa saja. Karena tidak akan memberikan efek buruk seperti alergi. Namun, tetap saja memiliki jenis makanan yang minim manfaat namun tinggi menyebabkan berbagi risiko kesehatan terancam. 

Seseorang dengan golongan darah B disarankan untuk menghindari konsumsi daging ayam,. kacang tanah, gandum, hafid dan wijen. Selain itu kamu harus menghindari konsumsi berbagai jenis daging asap ataupun daging yang diawetkan. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan resiko kanker pada perut yang dapat mengganggu kamu. Hal ini dikarenakan akan berdampak buruk pada proses metabolisme tubuh seseorang dengan golongan darah B, karena dapat mengakibatkan kamu mudah kelelahan, hipoglikemik hingga retensi cairan dalam tubuh. 

Pantangan Makanan Golongan Darah AB

Kemudian bagi seseorang dengan golongan darah AB, kamu tidak memiliki terlalu banyak jenis makanan yang harus dihindari. Hal ini menyebabkan kamu dapat mengonsumsi jenis makanan apapun dengan aman dan nyaman. Hanya saja kamu harus memperhatikan jenis makanan berikut ini, yaitu daging merah, kacang jagung dan daging ayam

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kamu dari berbagai macam kemungkinan atau risiko kesehatan yang terancam. Sehingga alangkah lebih baiknya kamu mengonsumsi jenis makanan lainnya yang bermanfaat banyak bagi tubuh dan kesehatan. Namun, kamu tetap dapat mengkonsumsinya dalam porsi yang sedikit dan frekuensi yang jarang. 

Pantangan Makanan Golongan Darah O

Terakhir ada golongan darah O, yang mana golongan satu ini ternyata memiliki sejumlah pantangan makanan. Hal ini ditulis dalam buku oleh D’Adamo, seseorang dengan golongan darah O ini memiliki jenis pantangan makanan yang harus dihindari. Diantaranya makanan seperti jagung, kacang almond, kenari, kentang putih, blueberry, pisang, pepaya, terong dan masih banyak lainnya yang masuk ke dalam kelompok golongan dara O-positif. 

Meskipun begitu pada dasarnya karena menitik beratkan pada protein, maka golongan darah O disarankan untuk mengonsumsi jenis ikan-ikanan atau daging apa saja, kecuali jenis daging atau gurita seperti ham, ikan lele, salmon asap, kaviar, cumi-cumi, gurita, belut dan masih banyak lagi jenis makanan yang harus dihindari oleh seseorang dengan golongan darah O.

Selain pantangan, kamu dapat mengkonsumsi jenis makanan yang akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan kamu dan produktivita akan semakin baik lagi performanya. 

Golongan Darah A : Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak menu vegetarian atau flexitarian atau semi-vegetarian. Hal ini dikarenakan bagi seseorang dengan golongan darah A memiliki sistem imunitas tubuh yang jauh lebih sensitif. Dengan begitu membutuhkan dukungan makanan yang tepat dan memberikan energi tambahan yang baik bagi tubuh. 

Golongan Darah B : Seseorang dengan golongan darah B merupakan orang yang cukup bebas mengonsumsi jenis makanan apapun. Hal ini dikarenakan kamu dapat mengonsumsi jenis makanan yang baik, khususnya yang memiliki kandungan protein hewani yang baik bagi tubuh. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein hewani yang tinggi sehingga tubuh tidak akan mudah jatuh sakit.

Golongan Darah AB : Golongan yang penuh teka-teki ini merupakan golongan darah yang memiliki kemungkinan alergi dari makanan yang sangat kecil. Sehingga membuat jenis pantangannya terhitung sedikit. Pada dasarnya golongan darah AB dapat mengonsumsi jenis makanan apapun. Karena dirinya memiliki sistem imunitas yang baik. Kamu disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang ditiru dari golongan darah A atau B sendiri dengan membuat kombinasi baru. 

Golongan Darah O :

Terakhir, golongan darah O yang mana golongan darah satu ini dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang tinggi protein hewaninya. Kamu bisa mendapatkan asupan protein hewani yang baik dari daging sapi, daging unggas hingga sayur dan buah-buahan tertentu. 

Demikian pembahasan mengenai pantangan makanan berdasarkan golongan darah A, B, AB dan O. Dengan mengetahui jenis pantangan atau makanan yang harus dihindari maka akan mudah bagi kamu untuk menghindari berbagai ancaman risiko penyakit dan gangguan pada tubuh karena mengkonsumsi jenis makanan sembarangan.

dietgolongan darahmakanan