8 Pahala Memberi Makan Kucing

Nesiaverse.com – Mungkin kamu pernah berpikir atau memikirkan seperti apa manfaat atau pahala dari memberikan makan kepada kucing dalam islam, apalagi sebagian dari kita kemungkinan tidak mudah untuk mengenali manfaat dan pahala dari memberi makan kucing.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, kucing adalah salah satu jenis hewan yang dijadikan sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan dan juga menyenangkan untuk di pelihara di rumah.

Bahkan selain itu juga kucing yang tidak hanya menjadi teman setia saja namun kucing juga yang dianggap sakral oleh berbagai kepercayaan di seluruh dunia, kucing termasuk salah satu jenis hewan peliharaan dan  kesayangan Rasulullah.

Advertisment

Tetapi untuk sebagian umat muslim yang percaya bahwa dengan memberikan  makan kepada kucing maka mereka yang akan mendapatkan berkah atau pahala dari Allah SWT, tentu saja hal ini akan menjadi salah satu amalan kecil dengan mendapatkan pahala besar dalam Islam dapat dilakukan.

Bahkan terkadang kita yang menemukan beberapa kucing sedang berkeliaran di sekitar rumah yang tanpa kita mengetahui apa yang sedang mereka butuhkan dan salah satunya bisa dengan memberikan makan kucing tetapi yang lain mungkin tidak melakukannya.

Advertisment

Untuk orang yang suka memberikan makanan kepada kucing terutama pada kucing liar yang ternyata terdapat keistimewaan dan juga pahala atau bekah yang tidak dapat diabaikan, nah untuk kamu yang penasaran dengan pahala memberi makan kucing bisa simak ulasan di bawah ini.

Pahala Memberi Makan Kucing

Dimana umat muslim yang diperintahkan untuk senantiasa menyayangi dan juga mencintai makhluk ciptaan Allah SWT, tidak hanya manusia saja melainkan juga terhadap hewan yang ada di dunia termasuk kucing sebagaimana yang telah tertulis dalam hadist berikut dibawah ini:

“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR.Bukhari).

Dari banyaknya hewan yang ada di dunia Rasulullah SAW yang sangat menyukai kucing, pada suatu hari kucing yang tertidur dalam jubah yang akan digunakan atau dipakai Nabi untuk shalat, namun dia memilih untuk memakai jubah yang lain agar kucing tersebut tidak dibangunkan.

Apalagi kucing merupakan hewan yang sangat bersih dan juga murni, menurut riwayat shahih, seseorang boleh berwudhu untuk sholat dengan air yang sama dengan air yang diminum oleh kucing dengan syarat tidak terdapat kotoran terlihat pada mulut kucing tersebut.

Berikut dibawah ini pahala memberi makan kucing yang bisa kamu ketahui sebagai berikut:

Membuka Pintu Surga

Dengan memberi makan kucing yang dianggap sebagai ujian kecil yang telah diturunkan oleh Allah SWT, orang yang melaluinya dengan ketulusan hati dan keikhlasan akan memperoleh kebaikan serta keberkahan dan tindakan sederhana ini merupakan bentuk ujian kecil dalam menjalankan kehidupan beragama dan orang yang selalu melaluinya dengan baik maka akan mendapatkan pintu sedekah surga.

Mendapatkan Berkah Rezeki

Untuk orang yang selalu memberi makan kepada kucing walaupun hanya sisa makan mereka yang dianggap melakukan sedekah, dan menurut hukum alam semesta orang yang telah memberi makan akan mendapatkan lebih banyak lagi.

Pada saat kita berbagi rezeki dengan kucing maka rezeki kita yang akan dilipat gandakan dan prinsip ini yang mengajarkan bahwa kebaikan yang selalu akan dibalas dengan kebaikan juga, sehingga pahala memberi makan kucing yaitu bisa mendapatkan berkah rezeki.

Dapat Menghapus Dosa

Menurut ajaran agama dengan bersedekah dapat menghapuskan dosa termasuk juga memberikan makan kepada kucing adalah bentuk sedekah dianggap sebagai perbuatan mulia, dengan melakukan tindakan ini dengan niat yang baik maka kita akan mendapatkan pengampunan dosa dan juga akan dihindari dari siksa api neraka.

Terhindar dari Bencana dan Malapetaka

Kucing yang menurut kepercayaan bisa membawa keberuntungan untuk pemiliknya atau mereka yang selalu memberinya makan, walaupun mereka diyakini akan mendoakan orang yang berbuat baik kepada kucing tersebut dan orang yang telah memberikan makan pada kucing akan mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari berbagai bencana serta kesialan.

Dimana tindakan kecil ini yang akan membuka jalan menuju kebahagiaan dan juga keselamatan kepada mereka yang telah berbuat baik kepada kucing dengan memberinya sedikit makan yang bisa mendapatkan pahala.

Diberikan Kesehatan dan Panjang Umur

Dengan memberi makan kepada kucing yang tidak hanya baik untuk kucing saja namun juga akan membawa keberkahan bagi orang yang melakukannya, keberkahan tersebut yang mencakup kesehatan dan juga panjang umur.

Di Dalam kepercayaan spiritual yang telah memberi makan kucing yang dianggap sebagai bentuk kepedulian terhadap makhluk hidup lainnya, hal ini pada gilirannya dapat membawa kedamaian batin dan juga kesehatan bagi pemiliknya atau orang yang memberinya makan.

Menjadi Orang Bertakwa

Memberi makan kepada kucing merupakan bentuk ibadah kecil yang mencerminkan kebaikan hati dan juga kasih sayang, sehingga dengan melakukannya secara ikhlas yang akan kita menunjukan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dimana bertakwa merupakan sebuah perjalanan spiritual dan memberi makan kucing yang menjadi salah satu langkah dari perjalanan tersebut, sehingga kamu bisa dengan memberikan makan kucing terutama kucing yang berkeliaran dimana-mana atau kucing liar.

Membuat Hati Menjadi Ikhlas

Pahala memberi makan kucing tanpa imbalan yang akan membuat hatinya menjadi ikhlas, kebiasaan seperti ini yang mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan menjalankan hidup dengan penuh kesederhanaan, ikhlas dalam memberi makan kucing juga merupakan bentuk kebaikan yang tulus serta tindakan diakui oleh Allah SWT.

Dikasihani Oleh Penghuni Langit

Terakhir untuk pahala memberi makan kucing yaitu dapat dikasihani oleh para penghuni langit, untuk mereka yang memiliki kasih sayang terhadap makhluk hidup termasuk juga kucing yang akan mendapatkan rahmat dan juga simpati dari Allah dan juga malaikatnya.

Memberikan makan kepada kucing merupakan perbuatan baik yang mengajarkan kita untuk menghargai makhluk hidup dan memupuk rasa empati, dengan mengasuh atau merawat kucing yang akan membuat kita menjauhkan dari sifat kikir dan serakah pada gilirannya membuat harta menjadi lebih berkah.

Dengan memberi makan kucing yaitu salah satu tindakan kecil memiliki dampak yang besar, baik untuk kucing itu sendiri maupun untuk orang yang melakukannya, dan pahala atau keistimewaan ini yang akan mencakup dari berkah rezeki, perlindungan dari bencana atau malapetaka, panjang umur, kesehatan serta pembukaan pintu sedekah surga.

Sehingga oleh karena itu sebaiknya mari kita jadikan kebaikan kepada kucing sebagai salah satu amal kebaikan yang mendekatkan kita kepada Allah SWT dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk semua makhluk hidup.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan pahala memberi makan kucing yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan jika memberikan makan kepada kucing dengan ikhlas, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kucingpahala