5 Oli Motor yang Bikin Suara Mesin Halus

Nesiaverse.com – Oli motor yang bikin suara mesin halus tentu saja banyak orang yang mencarinya dan mungkin kamu salah satunya, jika memang benar maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Hampir semua orang sudah memiliki sepeda motor yang digunakan untuk bekerja atau keperluannya aktivitas lain setiap harinya, namun jika setiap hari motor sepeda terus digunakan yang tentunya akan mengalami penurunan performa yaitu salah satunya disebabkan karena oli mesin yang perlu diganti.

Dalam melakukan pergantian oli mesin ini  yang ternyata kamu perlu mengetahui beberapa hal yang dilakukan agar mesin motor yang kamu gunakan tetap terawat, memberikan performa dengan baik dan suara mesin yang tetap halus sehingga nyaman digunakan.

Advertisment

Sehingga dengan begitu sangat penting dalam memilih oli motor yang terbaik sesuai dengan jenis motor yang digunakan, dengan begitu jika kamu salah satunya yang ingin tahu dengan oli motor yang bikin suara mesin halus bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Memilih Oli Yang Bagus

Advertisment

Oli sendiri merupakan salah satu cairan peluma yang sangat penting dalam menunjang kelancaran pada mesin motor serta komponen yang lainnya, dimana oli ini yang akan dialirkan ke seluruh komponen mesin supaya motor tersebut dapat berjalan dengan baik dan mulus.

Dimana oli yang memiliki 4 fungsi utama yaitu untuk melumasi, mendinginkan, membersihkan dan juga melindungi, dengan memilih oli yang terbaik untuk motor yang akan kita gunakan tentu saja akan mendapatkan performa yang baik juga dan tentunya akan membuat mesin motor yang terawat dengan baik.

Untuk memilih oli sistem motor yang baik dan benar tentu saja menjadi salah satu hal sangat penting agar dapat mengoptimalkan kinerja mesin dengan baik, dimana terdapat beberapa jenis oli mesin yang telah dikhususkan untuk kondisi dan jenis motor yang tertentu.

Sehingga jangan sampai kamu salah memilih oli karena hal ini yang akan berpengaruh dengan kualitas dan juga memperpanjang usia mesin pada motor tersebut, jika kamu masih bingung dengan cara memilih oli motor yang benar maka kamu bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini:

Tingkat Keenceran Sesuai Dengan Kondisi Lingkungan

Dalam memilih oli motor yang benar yaitu memperhatikan tingkat keenceran atau kekentalannya (viskositas) dimana untuk kode keenceran oli yang biasanya diawali dengan SAE lalu dilanjutkan dengan angka, di mana untuk kode ini kamu bisa melihatnya pada kemasan produk oli dan skala tingkat keenceran pada oli yang telah dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SEA).

Tingkat Keenceran Rendah

Untuk tingkat keenceran rendah yang digunakan untuk penggunaan motor pada daerah dengan memiliki suhu yang panas, jika kamu menggunakan motor yang lebih banyak pada daerah yang bersuhu panas maka bisa dengan menggunakan oli dengan label SAE 15W- 40 hingga SAE 20W-40 yang berarti tingkat keencerannya mencapai 40 dan untuk jenis oli ini yang cocok digunakan untuk motor berumur 5 tahun kebawah.

Tingkat Keenceran Tinggi

Untuk tingkat keenceran tinggi yang digunakan untuk kamu yang menggunakan motor lebih banyak di daerah yang bersuhu dingin dengan memiliki label SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50, dimana pada oli dengan label SAE 10W-30 yang tingkat keencerannya mencapai 30 dengan ketahanan oli dapat mencapai suhu sampai -10° dan untuk jenis oli ini yang cocok digunakan untuk motor berumur 5 tahun keatas.

Oli Dengan Api Tinggi Jika Kinerja Motor yang Lebih Berat

Selanjutnya yaitu perlu memperhatikan pada saat memilih oli yaitu dengan nilai API dimana kode API ini yang digunakan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan pada gesekan komponen mesin, pada setiap mesin yang berbahan bakar bensin serta diesel yang mempunyai kode API berbeda.

Ada beberapa jenis kode API yaitu SA, SB, SC, SD serta SE dimana semakin tinggi abjad yang mengikuti label S maka akan semakin tinggi juga kemampuan oli dalam menahan gesekan pada komponen mesin, sehingga jika kamu menggunakan motor untuk sehari-hari maka bisa dengan menggunakan oli dengan label API SA sampai SE namun jika menggunakan motor dengan aktivitas mesin berat maka bisa menggunakan kode API yang abjadnya besar.

Menyesuaikan Jenis Oli Dengan Jenis Motor dan Kopling

Untuk berdasarkan dengan koping kendaran motor yang dibedakan menjadi dua jenis yaitu kopling badan dan jua kopling kering, dan kamu perlu untuk memperhatikan pada kode JASO yang terdapat pada kemasan oli yaitu terdapat dua jenis yakni JASO MA dan juga JASO MB.

JASO MA

Untuk kopling basah yang diartikan dengan kopling terendam dengan oli dan untuk jenis motor kopling basah maka bisa dengan menggunakan oli dengan kode JASO MA, dengan motor jenis kopling basah yang kualitas oli mesin sangat berpengaruh dan kopling ini yang banyak diaplikasikan untuk sepeda motor jenis motor sport dan bebek.

JASO MB

Sedangkan untuk kopling kering berarti tidak diselimuti oleh oli dan biasanya kopling jenis ini yang digunakan pada motor tipe skuter matik dan tipe motor ini akan menggunakan transmisi secara otomatis pada saat perpindahan gigi, jika kamu menggunakan motor dengan jenis skuter matik menggunakan oli yang memiliki kode JASO MB.

Oli Motor yang Bikin Suara Mesin Halus

Setelah kamu mengetahui cara untuk memilih oli motor yang baik maka selanjutnya dibawah ini ada beberapa rekomendasi oli motor yang bikin suara mesin halus yaitu diantaranya sebagai berikut:

AHM Oil MPX-1

Oli motor yang bikin suara mesin halus yaitu ada oli merk AHM MPX-1 untuk motor Honda tipe kopling basah yang memiliki keunggulannya yaitu penguapannya yang minum dan ini akan berpengaruh dengan usia oli menjadi lebih panjang, selain harganya yang pas di kantong keawetan pada oli juga yang akan membantu dalam mengurangi limbah pencemaran lingkungan.

Kelebihan:

  • Dapat meningkatkan performa pada mesin motor.
  • Untuk masa penggantian yang lama sehingga dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan.
  • Diformulasikan dengan lubrikasi  yang andal agar sepeda motor menjadi lebih bertenaga dan irit.

Kekurangan:

  • Untuk produk jenis ini yang lebih disarankan untuk tipe motor keluaran Honda.

Eni i-Ride Motor 4T Matic ID

Jenis oli Eni i-Ride 4T Matic ID ini yang khusus keluaran dari Yamaha dan Suzuki dan produk ini yang pernah menjadi salah satu oli resmi untuk motor skuter yang berasal dari Italia, dimana dengan menggunakan oli ini yang mendukung dalam berkendara motor matic yang berkat dengan kombinasi teknologi adiktif yang baru dan juga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Kelebihan:

  • Membuat mesin motor menjadi tidak mudah cepat panas.
  • Dapat mengurangi gesekan internal mesin menjadi lebih irit bahan bakar.
  • Mendukung motor untuk menghasilkan  tenaga dengan maksimal sehingga bekerja lebih kencang.

Kekurangan:

  • Jenis oli ini yang hanya direkomendasikan untuk motor matic saja.

Yamaha Matic Motor Oil

Yamaha Matic Motor Oil ini yang diformulasikan khusus untuk mesin motor matic 4-Tak generasi yang pertama Yamaha, dengan menggunakan oli ini yang akan menjaga mesin matic lebih tahan lama dengan aditif anti karat dan juga korosinya dengan mengandung molybdenum berfungsi dalam memberikan gesekan sangat rendah.

Selain itu juga untuk oli jenis ini yang akan memberikan performa dan juga proteksi terbaik pada mesin motor matic, dan untuk oli ini yang direkomendasikan untuk jenis motor matic Yamaha.

Kelebihan:

  • Mengandung molybdenum akan membuat gesekan terjadi sangat rendah.
  • Mengandung at aditif untuk menjaga mesin dari korosi dan karat.
  • Mendukung performa yang terbaik pada mesin motor matic.

Kekurangan:

  • Oli jenis ini yang hanya direkomendasikan untuk motor matic 4-Tak pada generasi pertama Yamaha.

Power1 Ultimate 4T10W-40

Oli Power Ultimate 4T10W-40 yang telah dihadirkan oleh Gastrul yang dibuat dengan formula 5 in 1 full synthetic, dimana dengan menggunakan jenis oli ini yang akan merasakan berkendara dengan nyaman tanpa adanya kendala dan oli ini yang akan meningkatkan akselerasi .

Selain itu juga akan memberikan perlindungan yang sangat baik pada mesin motor dan direkomendasikan untuk kamu yang akan melakukan perjalanan jauh sehingga tidak perlu sering untuk mengganti oli karena oli ini yang tahan lama.

Kelebihan:

  • Dapat menjaga mesin tetap dingin walaupun sedang melakukan perjalanan jauh.
  • Dapat meningkatkan akselerasi mesin.
  • Dapat digunakan pada berbagai merek motor.

Kekurangan:

  • Warna oli yang cepat berubah menjadi hitam menurut pengguna.
  • Oli yang sedikit-sedikit yang lebih encer jika dibandingkan dengan oli yang lainnya menurut beberapa pengguna.

Hi-Perf 4T 700

Hi-Perf 4T 700 merupakan salah satu oli mesin yang terbaik untuk motor mesin 4-Tak, dimana oli ini yang diformulasikan dengan teknologi durability improver yang akan memberikan perlindungan pada mesin pada saat berkendara, selain itu juga menggunakan oli ini yang akan mengelola dengan terjadinya oksidasi pada mesin motor dengan endapan di dalam mesin yang akan dikendalikan dengan baik.

Kelebihan:

  • Dapat memberikan perlindungan pada mesin dari kehausan.
  • Dapat mengelola oksidasi pada mesin motor
  • Dapat mengendalikan endapan pada mesin motor dengan sangat baik.

Kekurangan:

  • Harga yang cenderung mahal jika dibandingkan dengan produk sejenisnya.
  • Oli yang tidak mampu dalam menjaga temperatur mesin tetap stabil sehingga membuat mesin yang cepat panas.

Mungkin hanya itu saja ulasan rekomendasi oli motor yang bikin suara mesin halus yang bisa kamu coba dan kamu juga bisa mengetahui cara memilih oli dengan baik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

olioli motor