50 Olahraga Yang Cocok Untuk Golongan Darah A, B, AB dan O

Nesiaverse.com – Apakah setiap golongan darah A, B, AB dan O memiliki jenis olahraga khusus yang cocok untuk aktivitas sehari-harinya? Golongan darah seseorang memang ditentukan berdasarkan pada antigen yang ada dalam sel darah merah seseorang. Hal ini berkaitan dengan fungsi untuk merangsang respon imun khususnya untuk menghasilkan antibodi, itulah peranan antigen.

Setiap golongan darah seseorang memiliki cetak biru yang berbeda-beda dan unik. Nantinya mereka akan bereaksi pada setiap pola makanan dan aktivitas sehari-hari, misalnya jenis olahraga yang dilakukannya.

Sehingga ada beberapa jenis olahraga yang memang memiliki peranan yang baik bahkan dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun dalam golongan darah tertentu. Sehingga penting untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah A, B, AB dan O.

Advertisment

Olahraga Yang Cocok Untuk Golongan Darah A, B, AB dan O

Advertisment

Olahraga memiliki peranan untuk membantu menjaga kesehatan disertai meningkatkan sistem imunitas seseorang. Hal ini dikarenakan olahraga dapat membantu untuk mencegah berbagai macam penyakit tertentu yang mana mampu untuk membantu dan meningkatkan sistem imunitas. Selain itu ada beberapa jenis olahraga yang cocok untuk seseorang dengan golongan darah tertentu, golongan darah A,B,AB dan O..

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi jika jenis golongan darah sendiri sering kali dikaitkan dengan berbagai macam hal. Mulai dari kepribadiaan seseorang, menu makanan hingga jenis olahraga yang cocok untuk seseorang dengan jenis golongan darah tertentu.

Dalam sebuah buku, yaitu Eat Right for Your Type, dokter James D’Adamo mengatakan bahwa setiap golongan darah akan berevolusi, yang mana dapat menyebabkan pola makan dan jenis olahraga tidak sama dan akan mengalami perubahan juga.

Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah A, B, AB dan O. Sehingga bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk aktivitas olahraga yang tepat.

Golongan Darah A

Seseorang yang memiliki golongan darah tipe A , merupakan orang yang tidak bisa berolahraga dengan jenis olahraga yang terlalu berat. Hal ini dikarenakan dampak yang akan dirasakan adalah pegal-pegal hingga nyeri di bagian oot. Sehingga jenis olahraga berat tidak cocok bagi seseorang yang bergolongan darah A. 

Jika kamu adalah seseorang dengan tipe darah A, maka kamu dianjurkan untuk melakukan jenis atau aktivitas olahraga relaksasi sekaligus meditasi. Olahraga -olahraga dengan jenis relaksasi dan meditasi sangat cocok bagi seseorang dengan golongan darah A, karena dapat menghindari kamu dari gangguan stress hingga maag hindari dari depresi akut.

Selain itu dapat dari olahraga relaksasi dan meditasi ini akan memperbaiki mood kamu. Adapun beberapa jenis olahraga meditasi sekaligus meditasi yang bisa kamu lakukan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Tai Chi
  2. Pilates
  3. Zumba
  4. Aerobik
  5. Cardio
  6. Yoga
  7. Treadmill
  8. Brisk Walking
  9. Latihan Bebas
  10. Latihan Deep Breathing
  11. Bersepeda 
  12. Berenang. 

Adapun jenis atau macam olahraga yang harus dihindari seseorang dengan golongan darah A, yaitu sebagai berikut.

  1. Latihan Tabata
  2. Lari atau Marathon
  3. Jalan cepat
  4. Mendaki 
  5. Lompat tali
  6. Ski dengan jarak jauh
  7. Latihan Pliometrik
  8. Latihan olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi

Golongan Darah B

Seseorang yang memiliki golongan darah B, maka ada tipe olahraga yang cocok adalah tipikal olahraga yang menjurus pada kesenangan. Hal ini dikarenakan seseorang dengan golongan darah B ini cenderung menyukai kegiatan berkelompok atau kesenangan.

Jenis olahraga ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya untuk meningkatkan keseimbangan dalam tubuh sehingga membuat otak menjadi lebih refresh lagi. 

Selain itu kegiatan berkelompok ini akan meningkatkan mood dan motivasi untuk hidup sehat bagi seseorang dengan golongan darah B. Kegiatan berkelompok ini akan memberikan kesenangan dan kesehatan dalam satu waktu. Adapun jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, adalah olahraga fisik seperti berikut ini.

  1. Tenis
  2. Dance
  3. Senam
  4. Voly
  5. Sepak Bola
  6. Jogging Hiking
  7. Latihan seni bela diri
  8. Latihan resistensi
  9. Brisk Walking
  10. Tai Chi
  11. Latihan kardio ringan.

Jenis olahraga yang harus dihindari seseorang  dengan golongan darah B, yaitu sebagai berikut.

  1. Aerobik Intensitas Tinggi
  2. Squat jumps
  3. Froggy Jumps
  4. Lunges
  5. Jumping jack
  6. Plyo jacks
  7. Lompat jauh
  8. Burpees

Golongan Darah AB

Selanjutnya, bagi kamu yang bergolongan darah AB, biasanya kamu seseorang yang terlalu mudah terpancing emosi. Sehingga jenis olahraga yang cocok untuk seseorang yang bergolongan darah B ini adalah olahraga yang memberikan efek tenang.

Kamu harus menghindari jenis olahraga yang akan mengeluarkan banyak tenaga, hal ini akan membuat kamu merasa tertekan bahkan emosi kamu bisa meningkat drastis. 

Kamu bisa mencoba jenis olahraga yang akan menstimulasi zat endorfin, dimana zat kimia satu ini akan meningkatkan mood kamu dan membuat bahagia.

Jenis olahraga satu untuk seseorang yang bergolongan darah O, akan membantumu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga meningkatkan mood dengan cepat.

Sehingga kamu akan menjadi jauh lebih sehat dan juga bahagia. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah olahraga santai seperti yoga, golf, atau berjalan kaki.

  1. Aerobik
  2. Seni bela diri
  3. Bersepeda
  4. tenis meja
  5. angkat beban ringan
  6. mendaki

Kemudian, jenis olahraga yang harus dihindari oleh seseorang dengan golongan darah AB,, allah sebagai berikut.

  1. Kardio dengan intensitas yang sangat tinggi
  2. Hiking
  3. Lompat tali
  4. Latihan pliometrik
  5. Jalan dengan cepat
  6. Latihan tabata

Golongan Darah O

Selanjutnya, bagi kamu yang memiliki tipe golongan darah O, dimana kamu memiliki aliran darah yang lebih lambat jika dibandingkan oleh seseorang dengan golongan darah lainnya Kamu dianjurkan untuk melakukan jenis olahraga yang intens atua berjalans ecara terus- menerus. 

Jenis olahraga ini memang sangat cocok bagi seseorang yang golongan darah O. Karena golongan darah O ini harus terlebih dahulu di pancing agar jauh lebih bersemangat. Tipe atau jenis olahraga yang dianjurkan untuk kamu lakukan adalah olahraga seperti berikut ini. 

  1. Aerobik
  2. Renang
  3. Hiking
  4. Lari
  5. Treadmill
  6. Kickboxing
  7. Bersepeda
  8. Sepatu roda
  9. Senam
  10. Voly
  11. Kontak sport, yang mana merupakan jenis olahraga yang membutuhkan kontak fisik antar pemain, misalnya sepak bola, hoki dna masih banyak jenis lainnya. 

Hal inilah yang menyebabkan seseorang dengan tipe golongan darah O, kebanyakan pandai melakukan olahraga fisik. Karena nantinya akan mudah beradaptasi dengan tubuh dan jenis aktivitas dengan cepat.

Selain itu perlahan namun pasti, akan bermanfaat untuk meningkatkan keadaan atau kondisi tubuh mereka, menjadi lebih fit bahkan akan membantu pembentukan otot juga, tergantung pada jenis olahraga yang dilakukannya.

Sementara untuk jenis olahraga yang harus dihindari oleh seseorang dengan golongan darah O, hampir tidak ada. Orang yang bergolongan darah O cenderung sangat kuat dalam aktivitas olahraga dan atletis. Sehingga dirinya cocok dengan jenis olahraga manapun. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis olahraga yang cocok digunakan untuk seseorang dengan golongan darah A, B, AB dan O. Itulah rekomendasi jenis latihan berdasarkan tipe darah seseorang.

Namun, perlu kamu ingat bahwa belum ada penelitian konkrit yang membuktikan bahwa jenis olahraga diatas merupakan olahraga yang sangat efektif untuk seseorang dengan golongan darah tertentu.

Pastikan juga kamu melakukan kegiatan atau aktivitas olahraga berdasarkan kondisi kesehatan, kebutuhan kamu, tujuan hingga kemampuan dan kondisi mental kamu. Jika kamu memiliki kondisi tertentu, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

golongan daraholahraga