8 Olahraga Ringan di Rumah Untuk Wanita

Nesiaverse.com – Tidak hanya pria, olahraga ringan di rumah juga bisa dilakukan untuk wanita. Bagi kaum wanita, memiliki postur tubuh yang ideal merupakan suatu dambaan. Badan yang bagus dan proporsional mampu meningkatkan kepercayaan diri dari seorang wanita. Tidak Sedikit bagi mereka yang memiliki kegiatan padat tidak bisa membagi waktunya untuk sekedar pergi ke Gym.

Maka, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan kegiatan olahraga ringan di rumah saja. Kesibukan dalam berkarir maupun mengurus rumah tangga seringkali menjadi salah satu alasan utama seorang wanita tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan olahraga. Namun, saat ini kamu bisa dengan mudah melakukannya di rumah saja. 

Olahraga Ringan di Rumah Untuk Wanita

Advertisment

Olahraga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas fisik yang dilakukan guna untuk meningkatkan fungsi otot untuk melatih tubuh. Dalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin, tidak hanya meningkatkan kesehatan, daya tahan tubuh atau menurunkan berat badan saja tapi juga untuk meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik lagi. 

Advertisment

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan mengganti 30 menit posisi duduk dengan melakukan kegiatan olahraga ringan, maka dapat mengurangi risiko kematian dini pada seorang wanita yang kurang aktivitas bergeraknya. Selain itu dengan melakukan kegiatan olahraga yang konsisten kamu juga dapat mengatur berat badan dan mendapatkan bentuk badan idaman.

Saat ini kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti gym disela -sela kesibukan kamu. Pasalnya kamu juga bisa melakukan salah satu alternatif untuk melakukan kegiatan olahraga ringan di rumah untuk wanita. Berikut beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu praktikan di rumah. 

Single-Leg Deadlift

Gerakan olahraga pertama yang bisa kamu lakukan adalah gerakan Single Leg Deadlift, yang mana merupakan salah satu latihan fisik untuk melatih bagian otot tulang belakang, pantat belakang hingga tulang punggung. Dengan melakukan gerakan Single leg deadlift ini secara rutin yang awalnya terasa berat akan menjadi lebih mudah lagi. 

Gerakan Single Leg Deadlift sendiri adalah untuk membakar lebih banyak lemak lebih cepat. Tentunya hal ini terjadi jika kamu melakukan gerakannya dengan benar. Jika kamu melakukan gerakannya ini dengan benar kamu sudah berhasil melakukan olahraga ringan dengan menggunakan satu kaki dna satu tangan saja, untuk menjaga keseimbangan. 

Side Plank

Selanjutnya kamu bisa mencoba gerakan side plank, yang aman gerakan olahraga ini akan membantu untuk melatih otot pada area perut. Side plank sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan dna membantu tulang belakang dengan cara memperkuat dan menstabilkannya. Gerakan Side plank sendiri bisa membantu kamu untuk membakar kalori apd tubuh yang dikeluarkan bersamaan dengan keringat. 

Olahraga side plank ini bisa kamu lakukan dalam durasi 30 menit saja setiap harinya. Olahraga side plank menjadi salah satu cara yang efektif bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan juga, karena dapat membasmi penumpukan lemak yang menyebabkan seorang wanita terkena obesitas. 

Latihan Interval Intensitas Tinggi atau HIIT

Latihan Interval Intensitas Tinggi atau HIIT merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan metode latihan yang bagus, hal ini dikarenakan kamu akan mendapatkan hasil dari latihan ketahanan satu ini dalam waktu yang singkat. Gerakan dalam HIIT sendiri cenderung merupakan gerakan yang mudah diikuti, sehingga bagi pemula sekalipun HIIT merupakan metode olahraga yang kami rekomendasikan. 

Latihan Interval Intensitas Tinggi atau HIIT memiliki manfaat untuk membentuk massa otot sekaligus menjaga kesehatan jantung. Lakukanlah latihan interval ini untuk mendukung olahraga HIIT kamu menjadi lebih sempurna lagi. Dalam beberapa gerakan, kamu membutuhkan peralatan olahraga, misalnya resistance bands, skipping rope, kettlebell .

Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah sambil bersantai. Yoga merupakaan salah satu olahraga yang memiliki manfaat terapeuit yang melibatkan pere agana lembut serta untuk melatih keseimbanag, pernapasan yang tenang juga. Dalam melakukan kegiatan olahraga yoga ini kamu hanya memerlukan matras saja. 

Dalam sebuah studi NCBI ditemukan bahwa dengan melakukan olahraga yoga dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot disertai kelenturan tubuh. Olahraga yoga juga dapat meningkatkan fungsi pernafasan kardiovaskuler. Sehingga yoga dapat mengurangi stress hingga depresi pada pelakunya. Selain itu perbaikilah pola tidur untuk mendapatkan kualitas hidup yang sehat, nyaman dan tentram. 

Sit Up

Sit up merupakan salah satu jenis olahraga yang sama seperti push up dan pull up. Olahraga ini memiliki gerakan yang lebih ringan dari push up. Dalam melakukan gerakan sit up, tubuh kamu akan berbaring dengan posisi kaki yang ditemukan. Kemudian posisi kedua tangan disilangkan didepan dada atau kamu bisa  menekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepalamu.

Melanjutkan kegiatannya dengan mengangkat badan hingga badan bagian atas menyentuh lutut, kemudian turunkan kembali ke posisi semula. Kamu bisa melakukannya selama 20 menit. Gerakan sit up akan memperkuat dan membentuk otot-otot di area perut. Dalam melakukan olahraga diet kamu bisa melakukannya selama 3 kali dalam seminggu.

Kardio

Kardio merupakan salah satu aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan. Kardio sendiri bekerja dengan efektif apalagi jika kamu melakukannya secara rutin. Kamu hanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 menit untuk melakukan olahraga kardio. Olahraga kardio ini akan membantu untuk memicu detak jantung sehingga dapat memompa darah lebih cepat lagi.

Jenis olahraga kardio ini akan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu kesehatan jantung dan paru-paru akan terjaga kesehatannya. Selain itu dengan melakukan kardio juga kamu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan otak dan persendian. Maka, olahraga satu ini layak kamu coba dirumah. 

Menari

Menari merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghibur sekaligus menjadi seni pertunjukan juga. Menari sangat cocok bagi kamu yang ingin berolahraga namun tidak menyukai kegiatan olahraga yang berat. Menari merupakan salah satu kegiatan yang akan membuat kamu aktif bergerak. Umumnya kegiatan menari dapat membakar kalori dalam tubuh dari 200 kalori hingga 500 kalori selama 1 jam. Meskipun begitu akan kembali tergantung kondisi dan metabolisme tubuh masing-masing. 

Kegiatan menari juga memiliki banyak manfaat, selain membuat hati gembira dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, melatih kekuatan otot, meningkatkan daya tahan tubuh membnatu keseimbanagan dna kesadaraan sapsial. Sehingga kamu dapat melakukan kegiatan olahraga dengan menari sebagai salah satu alternatif yang tidak kalah dari jenis olahraga lainnya. 

Pilates

Pilates merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan olahraga ini bisa sambil kamu lakukan sambil menonton videonya secara online di youtube. Kamu hanya membutuhkan matras untuk melakukan kegiatan olahraga satu ini, sama seperti yoga. Pilates merupakan olahraga yang melatih holistik guna memanjangkan, mengembalikan ksesimbanagn apd atubuh dan menguatkanya. 

Dalam sebuah penelitian dikatakan jika olahraga pilates memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga pilates ini mampu memperbaiki postur tubuh seseorang, meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas badan, meningkatkan kesehatan tulang belakang, menurunkan stres sehingga membantu menurunkan berat badan juga.

Demikian pembahasan mengenai jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan dirumah, baik untuk pria maupun wanita jenis olahraga diatas sama-sama bermanfaat. Hanya saja intensitas yang membedakannya antara praktek pada wanita dan pria. Dengan melakuakn kegiatan olahraga ringans ecara rutin di rumah tidak hanya memanfaatkan waktu yang sedikit, menghemat pengeluaran , karena kamu juga dapat menurunkan berat badan dengan cepat dna mendpatkan badan yangs ehat bugar.

olahragaolahraga ringanolahraga wanita