7 Obat Bisul Anak di Kepala Yang Tersedia di Apotik

Nesiaverse.com – Bisul bisa terjadi pada anak, khususnya di area kepala, obat seperti salep atau krim merupakan salah satu bentuk dan upaya perawatan untuk mempercepat penyembuhannya. Bisul tidak hanya menyerang orang dewasa, namu si kecil juga bisa terinfeksi kulitnya sehingga bakteri staphylococcus dan menyebabkan ruam hingga bisul. Hal ini dipicu berbagi banyak hal seperti cuaca panas dan lembab, sistem imun anak yang rendah hingga iritasi kulit.

Dalam mengatasi bisul pada kepala si kecil kita harus lebih berhati-hati dan tidak boleh memberikan sembarangan pengobatan atau asal memberi salep pada si kecil. Tentunya harus mengikuti anjuran dari dokter untuk menjaga si kecil tetap terjaga dan tidak mengalami iritasi atau efek samping yang memperburuk infeksinya. Maka, kami akan merekomendasi beberapa salep obat bisul anak di area kepala, yang sudah mendapatkan rambu hijau dari kalangan dokter. 

Obat Bisul Anak di Kepala Yang Tersedia di Apotik

Advertisment

Bisul mulanya diawali dengan benjolan merah yang lunak, kemudian dengan cepat terisi oleh nanah dan mengalami pembengkakan hingga menjadi besar dan terasa sangat sakit. Untuk mengobati sakit bisul bukalah hal yang rumit, namun jika hal ini terjadi pada si kecil sebagai orang tua harus lebih berhati-hati lagi. 

Advertisment

Dalam mengobati bisul pada anak terdapat dua jenis, menggunakan obat topikal dan menggunakan obat oral. Obat topikal adalah obat luaran yang bisa dioleskan pada area yang terinfeksi. Sementara obat oral merupakan obat yang digunakan untuk membasmi dan mencegah infeksi pada bagian dalam, seperti pada darah. 

Sebelum membahas mengenai rekomendasinya, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan memilih salep bisul untuk anak di area kulit kepala dengan baik dan benar.

  • Pilihlah bahan aktif yang akan bekerja untuk meredakan bisul secara optimal. Maka, perhatikan kandungan di dalam produk atau obat salep bisul anak.
  • Menemukan kandungan soothing agent, yang mana zat anti-iritasi ini akan meringankan gejala bisul yang dialami sei kecil,
  • Kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan salep obat bisul yang memiliki kandungan bahan alami, sehingga tidak memberikan efek samping. 

Berikut beberapa rekomendasi obat topikal bisul untuk anak khususnya di area kepala. Obat seperti salep bisul ini sangat mudah untuk kamu temukan di apotik terdekat, tentunya kamu harus rutin menggunakannya agar bisul cepat sembuh dan hilang. 

Mupirocin Salep 2%

Mupirocin Salep 2% adalah obat salep antibiotik yang bisa mengobati bisul anak di area kepala. Mupirocin salep 2% mampu mengobati infeksi pada area kulit, termasuk kepala bayi sekalipun. Memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan mencegah pertumbuhannya membuat Mupirocin menjadi salep bisul anak yang bisa diandalkan. 

Dalam penggunaan salep bisul anak ini kamu harus menyesuaikan dengan petunjuk dokter. Kamu bisa mengoleskan secara tipis pada kulit si anak secara merata. Pastikan untuk menghindari penggunaan di sekitar area mata dan mulut. Kamu bisa mendapatkan Mupirocin Salep 2% dengan harga Rp.39.600.

Liposin Salep

Ketika si kecil memiliki keluhan bisul di kepala maka Liposin Salep yang diformulasikan untuk mengatasi gangguan dna infeksi kulit menular pada anak adalah pilihan yang tepat. Liposin Salep yang memiliki kandungan zat aktif bacitracin, lidocaine, Neomycin Sulfate, HCL dan Polymyxin B ini mampu mengobati bisul dan memberantas bakteri Staphylococcus dengan baik. 

Liposin Salep bisa kamu dapatkan dengan resep dokter, hal ini dikarenakan Liposin salep masuk ke golongan obat keras. Dalam penggunaan Liposin Salep kamu hanya perlu mengoleskan pada kulit si anak secara tepat sesuai anjuran dokter. Liposin Salep tidak diperuntukan penggunaanya pada bayi prematur maupun bayi baru lahir. Kamu bisa mendapatkan Liposin Salep dengan harga Rp. 53.754.

Gentamicin Salep 0,1%

Gentamicin Salep 0,1% termasuk golongan antibiotik aminoglikosida yang mana memiliki kemampuan untuk membunuh dan menghentikan perkembangan bakteri penyebab infeksi. Maka, salep satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi bisul pada kepala anak. 

Diformulasikan untuk mengatasi infeksi kulit lainnya tidak hanya bisul, gentamicin salep juga bisa mengobati jerawat. Dalam penggunaan Gentamicin kamu harus mengikuti anjuran dokter, karena mampu menurunkan efektivitasnya jika digunakan dengan tidak tepat. Kamu bisa mendapatkan salep bisul anak ini dengan harga Rp. 4.200. 

Bactoderm Cream

Termasuk golongan obat antibiotik topikal, Bactoderm Cream ini bisa mengatasi infeksi bakteri pada kulit anak seperti bisul. Untuk menggunakan Bactoderm Cream sebagai pengobatan bisul di kepala anak diwajibkan menggunakan anjuran dokter, hal ini berkaitan dengan keamanan si kecil.

Memiliki kandungan zat aktif mupirocin 2%, membuat Bactoderm Cream mampu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi di kulit si kecil. Dalam penggunaannya kamu hanya perlu mengoleskan salep bisul di area kulit yang terinfeksi. Bactoderm Cream bisa kamu dapatkan di apotik terdekat dengan harga Rp.55.800.

Acdat Cream

memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam keluhan dan masalah infeksi pada kulit seperti bisul, folikulitis dan impetigo menjadi keunggulan Acdat Cream. Obat infeksi kulit satu ini mengandung zat aktif asam fusidat, sehingga mampu bekerja mencegah perkembangan bakteri dan menghambat pertumbuhannya. 

Acdat Cream masuk kategori obat keras, sehingga kamu membutuhkan resep dokter untuk menggunakannya. Pastikan kamu dalam keadaan tangan yang bersih atau steril ketika akan mengoleskannya pada kulit si anak, Acdat Cream bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.18..375.

Fuson Cream

Memiliki kandungan zat aktif Asam Fusidat, membuat Fuson Cream menjadi pilihan yang tepat untuk obat bisul anak di area kepala. Fuson Cream mampu bekerja dengan baik untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada area kulit. Selain mengobati bisul, Fuson Cream mampu mengobati hidradenitis juga. 

Fuson Cream masuk dalam kategori obat keras yang hanya bisa digunakan dengan resep dokter, sehingga tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya pada anak. Jika sudah mendapatkan izin dokter maka kamu bisa langsung menggunakannya, Fuson Cream 5 gram bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 55.700 di apotik terdekat.

Ichtyol Salep

Memiliki kandungan zat aktif ichtammolum di dalamnya membuat Ichtyol salep ini bisa mengatasi bisul pada anak. Khususnya untuk infeksi yang diakibatkan bakteri pada folikel rambut di area kepala anak. Salep satu ini memiliki campuran yang terbuat dari sulfur dan lilin lebah atau parafin sehingga memiliki warna salep yang hitam.

Memiliki sifat antibakteri, antijamur dan anti radang membuat Ichtyol menjadi pilihan terbaik dalam perawatan bisul pada area kepala anak. Dalam penggunaannya kamu tidak memerlukan resep dokter untuk Ichtyol salep cukup perhatikan petunjuk cara pakai pada kemasan nya. Ichtyol salep bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.8.800. 

Selain pengobatan luar, kamu juga bisa mengatasi beberapa cara untuk mencegah bisul muncul kembali pada anak. 

  • Mengompres area yang terinfeksi bisul, gunakan handuk atau waslap yang lembut dan air hangat. 
  • Memperhatikan pola makan anak, jika anak kurang dari 1 tahun maka perhatikan makanan kamu sebagai ibu yang memberi ASI, karena makanan menjadi salah satu faktor pemicu munculnya bisul. 
  • Selalu menjaga kebersihan pada area kepala anak.
  • Menggunakan sabun dan shampo yang lebih hypoallergenic, karena bisul bisa dikarenakan ketidakcocokan dari produk sabun atau sampo yang digunakan juga.
  • Rajin mengganti sprei dan sarung bantal jiak ternodai darah atau cairan dari bisul di area kepala, sehingga tidak menginfeksi area kulit lain si kecil.
  • Melakukan operasi laser jika memang diperlukan.

Demikianlah pembahasan beberapa rekomendasi obat salep untuk bisul anak di area kepala yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu juga tidak perlu ragu untuk melakukan konsultasi pada ahlinya, karena akan mendapatkan penanganan yang lebih baik dan jelas lagi nantinya.

bisulobat bisul