Ngantuk Setelah Makan Gejala Penyakit Apa?

Nesiaverse.com – Sudah banyak orang yang sering mengalami rasa kantuk menyerang setelah makan dan mungkin kamu salah satunya, dimana mengantuk setelah makan yang umumnya tidak berbahaya tetapi banyak yang bertanya ngantuk setelah makan gejala penyakit apa? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba setelah makan yang tentu saja akan mengganggu aktivitas dan juga menurunkan konsentrasi pada saat bekerja atau belajar, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui dengan beberapa faktor penyebab dan juga gejala penyakit apa yang mengalami ngantuk setelah makan.

Dimana dokter spesialis penyakit dalam yaitu Andi Khomeini Takdir Haruni yang mengatakan bahwa rasa kantuk setelah makan yang terjadi karena jumlah darah mengalirkan ke arah saluran cerna bertambah, aliran darah ke susu yang digunakan untuk menjadi bahan dalam dalam mencerna makanan yang masuk.

Advertisment

Sehingga hal ini yang akan terjadi penurunan aliran darah ke otak yang bisa menyebabkan rasa kantuk setelah makan, sementara dikutip dari laman Time yang menyatakan bahwa rasa kantuk setelah makan bisa dikarenakan manusia memiliki sinyal kewaspadaaan bawaan yang membuatnya tetap terjaga dan waspada pada saat lapar.

Sinyal tersebut yang akan membantu mereka untuk bisa menemukan dan jua mendapatkan makanan dengan bekerja keras, sehingga oleh karena itu bisa membantu mereka untuk bisa menemukan dan mendapatkan makanan dengan bekerja keras.

Advertisment

Dengan manusia yang makan dalam jumlah yang banyak maka sinyal kewaspadaan yang akan menghilang dan akan digantikan dengan perasaan lelah dan mengantuk, dimana untuk rasa kantuk setelah makan yang disebut dengan postprandial sleepiness atau kantuk postprandial (koma makanan).

Untuk kamu yang bertanya-tanya mengenai ngantuk setelah makan gejala penyakit apa? Maka untuk mengatasinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Ngantuk Setelah Makan Gejala Penyakit Apa?

Biasanya kebanyakan orang yang merasa mengantuk setelah makan terutama setelah makan dengan jumlah atau porsi yang banyak, rasa kantuk ini  yang tentu saja berpotensi bahaya jika setelah makan yang akan membuat seseorang yang melakukan aktivitas yang memerlukan fokus yang tinggi.

Untuk yang bertanya jika ngantuk setelah makan gejala penyakit apa? Dimana jika kamu mengalami hal ini yang bisa karena beberapa kondisi kesehatan tubuh yang bisa mempengaruhi kantuk postprandial tersebut yaitu seperti anemia atau kekurangan sel darah merah, hipotiroidisme atau kondisi yang dimana kelenjar tiroid kurang aktif dalam bekerja.

Selain itu juga karena kadar gula darah yang tidak seimbang, hipotensi atau tekanan darah rendah, dan juga obat-obatan tertentu memberikan efek kantuk terutama dengan memakan kebanyakan obat dikonsumsi setelah makan, selain dengan beberapa gejala di atas terdapat juga faktor penyebab yang bisa menyebabkan rasa kantuk setelah  makan.

Timbulnya rasa ngantuk setelah makan bisa diakibatkan oleh beberapa faktor penyebabnya yang lainnya yang bisa menyebabkan kantuk postprandial yaitu diantaranya sebagai berikut:

Tidur Malam Terganggu

Dimana munculnya rasa kantuk setelah makan yang bisa dialami seseorang karena tidur malamnya yang terganggu atau tidak nyenyak, dengan tidur yang tidak cukup di malam hari yang akan memberikan rasa kantuk di siang hari yang ditambah setelah makan.

Ritme Sirkadian

Siklus atau jam tidur dan juga bangun tidur yang diatur oleh ritme sirkadian yang bisa mempengaruhi tingkat energi sepanjang hari, ritme sirkadian yang mengalami penurunan setelah makan siang sehingga bisa menyebabkan rasa kantuk datang.

Pengaruh Hormon Selama Proses Pencernaan Berlangsung

Saat proses pencernaan berlangsung maka tubuh yang akan melepaskan hormon tertentu seperti melatonin dan  juga serotonin, kedua hormon tersebut dapat menimbulkan rasa kantuk setelah akan.

Mengkonsumsi Minuman Alkohol

Alkohol yang memiliki efek penginduksi tidur sehingga yang mengkonsumsi minuman alkohol yang bisa mengakibatkan membuat tubuh menjadi lesu setelahnya, meski alkohol bisa membuat seseorang tertidur dengan mudah tetapi bisa memperburuk kualitas tidur.

Perubahan Aliran Darah pada Otak

Perubahan aliran darah pada otak terjadi setelah makan menjadi penyebab ngantuk setelah makan, karena aliran darah yang akan lebih banyak dialihkan pada saluran pencernaan agar tubuh bisa mengolah dan juga menyerap energi serta nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, sehingga aliran darah pada otak sedikit berkurang.

Kurang Olahraga

Mereka yang jarang berolahraga tubuh yang akan dengan mudah merasa lelah, hal ini juga menjadi salah satu faktor pemicu munculnya rasa mengantuk setelah makan, karena memang olahraga sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan juga daya tahan tubuh serta efisiensi kerja sistem kardiovaskular.

Alergi Makanan

Alergi atau intoleransi makanan bisa membuat kita menjadi merasa mengantuk setelah mengkonsumsi makanan yang tertentu,alergi makanan dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan juga fungsi tubuh dan gejala lainnya mungkin timbul seperti masalah kulit, pusing, migrain hingga sakit perut.

Mungkin  hanya itu saja ulasan mengenai dengan ngantuk setelah makan gejala penyakit apa yang bisa kamu ketahui yaitu seperti anemia, diabetes, hipotiroidisme dan masih banyak lagi yang lainnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

ngantukpenyakit