Musik Relaksasi Untuk Kesehatan Mental dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Nesiaverse.com – Bagi para pecinta musik, wajib banget nih untuk coba mendengarkan musik relaksasi. Cocok buat kamu yang mengalami susah tidur atau untuk merilekskan pikiran dari stress dan depresi. Musik relaksasi memiliki banyak manfaat yang jarang orang ketahui.

Musik adalah salah satu seni yang banyak digemari hampir di seluruh dunia. Setiap orang pasti mempunyai playlist atau daftar musik dan lagu yang mereka sukai. Mendengarkan musik bisa meningkatkan mood atau suasana hati seseorang, tergantung pada jenis musik yang didengarnya.

Adapun jenis musik yang dapat membantu kita untuk menenangkan pikiran, seperti musik relaksasi. Sesuai nama jenis musiknya, artinya musik ini bisa membuat seseorang merasakan ketenangan, dan kenyamanan, mampu menghempaskan semua pikiran yang bikin kita stress.

Advertisment

Nah, disini akan mengupas tuntas dan membahas satu persatu mengenai musik relaksasi untuk kesehatan mental dan meningkatkan kualitas tidur serta jenis musik relaksasi yang wajib kamu dengarkan. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Musik Relaksasi Untuk Kesehatan Mental dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Advertisment

Musik relaksasi atau secara simpelnya adalah musik yang didengarkan dengan tujuan untuk merilekskan, baik itu tubuh atau pikiran. Musik relaksasi sering dijadikan salah satu terapi dalam mengatasi berbagai masalah sosial, emosional, perilaku, kognitif, motorik, dan indera.

Musik juga bagus untuk kesehatan mental, dimana jika seseorang sedang mengalami stress atau depresi pastinya pikiran akan mulai kacau dan tidak ada hentinya untuk memikirkan segala hal yang dapat memicu seseorang jadi pusing, lelah, ruwet, gelisah, galau, dan hopeless.

Nah, salah satu cara untuk meredakan stress adalah dengan mendengarkan musik relaksasi. Musik dapat menjadi pengalihan atau mengalihkan perhatian sekaligus mengeksplorasi emosi. Selain bisa menjadi media hiburan, tapi sekaligus menjadi metode terapi mental sederhana.

Iringan atau irama musik dapat mengurangi gejala depresi, sekaligus dapat meningkatkan kualitas tidur. Melansir dari sehatq.com, setelah seharian melakukan banyak aktivitas berat dan lelah, pastinya kamu membutuhkan waktu untuk beristirahat serta tidur yang cukup. Hanya saja ketika lelah habis bekerja, tentunya tidak mudah untuk bisa tidur terlelap.

Ketika memejamkan mata, segala pikiran akan muncul di otak dan membuat kita sulit tidur. Dengan mendengarkan musik relaksasi, dipercaya sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dan membuat kamu tidur lebih cepat. Musik dapat mengurangi rasa sakit, kecemasan, dan memfasilitasi peluang untuk mengekspresikan emosional melalui genre musik tertentu.

Musik diproses oleh seluruh area otak, lalu mengakses dan menstimulasi area-area otak yang mungkin tidak dapat akses oleh modalitas lainnya. Biasanya musik relaksasi seperti instrumen piano, biola, dan instrumen melodik lainnya, dapat membantu menstimulasi otak kita.

Dilansir dari Very Well Mind, menjelaskan kalau manfaat lain dari musik relaksasi untuk kesehatan mental adalah bisa membantu kita tidur lebih baik. Terutama penderita insomnia yang rentan stress, depresi, dan overthinking karena sulit tidur saat malam hari.

Nah, sebelum kamu mencoba mendengarkan musik relaksasi, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai jenis musik relaksasi. Berikut ada beberapa jenis musik relaksasi, diantaranya yaitu:

Musik Klasik Kontemporer

Musik kontemporer merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan genre musik yang terkini dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman. Biasanya pembuatan musik kontemporer menggunakan sumber bunyi yang tidak biasa dalam komposisi musik, bahkan memanfaatkan dari benda apapun yang dapat menghasilkan suara.

Sedangkan musik klasik kontemporer adalah musik yang dimainkan dengan nada dan harmonisasi yang lebih kalem dan lembut dengan tempo yang tidak terlalu cepat, tetapi cukup pelan dan mengalir begitu saja jadi, sangat ramah di telinga serta tidak berisik. Dari nada atau irama itulah sang pendengar akan merasa rileks, atau merasa lebih tenang.

Musik Santai

Selain musik kontemporer, kamu juga bisa memilih jenis musik relaksasi yang lebih santai. Seperti musik jazz atau folk, dengan mencari tempo yang lambat tapi masih diterima di telinga.

Karena ada beberapa lagu-lagu jazz atau folk ada yang memiliki irama atau tempo yang lebih cepat atau kurang cocok untuk relaksasi.

Musik Akustik

Musik akustik adalah musik yang secara tunggal dan secara utama menggunakan alat musik yang menghasilkan suara melalui alat musik akustik atau alat musik yang tidak membutuhkan listrik untuk menghasilkan suara. Musik akustik juga menekankan pada suara instrumen yang masih mental dan belum diolah, contohnya seperti gitar akustik.

Jenis musik ini cocok untuk kamu yang suka dengan bunyi atau nada instrumen dari alat musik akustik, yaitu gitar, biola, piano, atau cajon. Adapun musik akustik ini hanya berupa instrumen saja, tidak disertai vokal. Dengan begitu lantunan melodi dari setiap instrumen ini dapat membuat pikiran kamu lebih tentram dan membantu kamu cepat tidur.

Musik Meditasi dan Suara Alam

Musik meditasi, biasanya menggunakan suara-suara dari alam seperti suara hujan, suara air mengalir, hembusan angin, suara burung, dan suara alam lainnya. Hal ini dapat membantu kamu untuk merasa lebih rileks dengan adanya iringan nuansa alam, dan seakan-akan membawa pikiran kita berada di alam yang tenang dan sejuk.

Bagus untuk membantu kamu mengurangi stress berlebih atau depresi, dan membantu kamu tidur lebih cepat. Selain itu musik meditasi yang diambil dari suara-suara alam juga sering ditambahkan dengan instrumen musik akustik seperti piano.

Itulah beberapa pembahasan mengenai musik relaksasi yang dapat mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur kita. Pastikan tidak menggunakan earphone untuk mendengarkan musik sembari tidur, karena akan terasa tidak nyaman dan bisa membuat telinga kamu sakit.

Jika pikiran kamu lebih rileks dan tidur dengan nyaman, jangan lupa untuk membersihkan dan semprot parfume aroma terapi ke tempat tidur. Hal ini untuk mendukung suasana tidur dan hati kamu jadi lebih baikan dengan bantuan iringan musik. Good Luck semoga membantu.

musikmusik relaksasi