Mitos Bayi Tidur Tengkurap, Apakah Aman?

Nesiaverse.com – Ada beberapa mitos terkait bayi yang tidur dengan posisi tengkurap. Ketika kamu baru saja menjadi orang tua, pasti banyak informasi tentang bayi yang baru terdengar asing dan baru kamu ketahui. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait dengan informasi yang baru kamu dengar, dimana kamu harus mencari dan menelusuri asal informasi tersebut. Fakta atau mitos kah sehingga kamu tidak mental dan mempercayai informasi apapun tanpa melakukan check. 

Begitupun dengan mitos bayi yang tidur tengkurap, dimana sebelum kamu mempercayai mitos tersebut lebih baik untuk mencari informasinya. Salah satunya kamu dapat menyimak ulasan lengkapnya dalam artikel kami berikut ini. 

Advertisment

Mitos Bayi Tidur Tengkurap 

Advertisment

Orang tua tentunya menginginkan bayinya tidur dengan nyenyak dan nyaman. Namun, karena salah dalam menerima informasi khususnya mitos yang beredar di lingkungan masyarakat. Sebagai orang tua kamu harus cerdas dalam menerima informasi, apalagi berhubungan dengan bayi. 

Tidak sedikit orang tua yang justru melakukan kebiasaan yang justru dapat mengganggu tidur hingga bahkan berisiko memicu dan menimbulkan masalah bagi kesehatan bayi. Hanya karena termakan mitos atau informasi yang tidak jelas. 

Sehingga tentunya kamu harus mengetahui berbagai macam mitos bayi tidur yang harus kamu ketahui, sebagai orang tua yang baru memiliki anak. Nah, berikut ada beberapa mitos terkait bayi tidur yang beredar di masyarakat. Sehingga kamu bisa memilihnya. 

Dilansir dari halaman alodokter.com, Dr Riska Larasati menjelaskan terkait mitos bayi tidur tengkurap. Yang mana bayi yang tidur tengkurap tidak boleh dibiarkan karena berbahaya bagi kesehatan. 

Melakukan tengkurap ketika tidur tentunya dapat menimbulkan risiko pada kesehatan bai, apalagi jika bayi berada dibawah usia 1 tahun. Tentunya berbeda halnya jika melakukan posisi tengkurap dalam waktu sebentar guna melatih perkembangan motoriknya. 

Maka, bagi bayi yang tidur tengkurap berbahaya dan merupakan salah satu fakta, berikut beberapa risiko kesehatan yang mengancam kesehatan bayi ketika tidur tengkurap. 

  • Meningkatkan risiko meninggal secara mendadak pada bayi
  • Meningkatkan gangguan sistem pernapasan, karena saluran nafas yang mengalami penyempitan sehingga berisiko menimbulkan hipoksia pada bayi
  • Meningkatkan suhu tubuh bayi secara ekstrim, sehingga nantinya bayi mudah kepanasan
  • Mengganggu kesehatan usus
  • Meningkatkan risiko tortikolis
  • Menimbulkan rasa nyeri pada tulang belakang

Nah, banyaknya risiko dan dampak negatif ini maka bayi dilarang untuk tidur tengkurap hingga usianya 1 tahun. Maka, sebisa mungkin kamu harus meminimalkan resiko bayi tidur tengkurap, dengan menidurkan bayis ecara telentang.

  • Kamu harus memberikan alas tidur yang tidak terlalu empuk
  • Dilarang menaruh bantalan ekstra di sekitar bayi
  • Rajin menjenguk posisi bayi ketika tidur, kemudian membenarkan posisi tidur sesegera mungkin
  • Menidurkan bayi dalam posisi yang aman dan nyaman pada bayi

Nah, ada cara yang dapat kamu lakukan, agar bayi segera membalikkan badanya ketiak terguling pada waktu tidur. Cara ini menjadi salah satu cara aman sepanjang malam dan direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics.

Cara ini dapat dilakukan ketika bayi sudah usia 1 tahun dan mulai berguling. 

  • Sering Melakukan tummy Time : Karena sang bayi akan berlatih kekuatan tubuh, yang mana akan membantunya untuk berguling dan mampu menopang kepala sendiri. Tetap awais ketika bayi melakukannya
  • Memindahkan Barang-Barang : Kamu dianjurkan untuk memindahkan mainan, bantal, guling tali, dot bayi selimut dari tempat tidur atau dari dekat si kecil tidur. Hal ini berguna untuk menghindari resiko SIDS
  • Memastikan Kasur Aman : Kamu dianjurkan menggunakan kasur yang kokoh dan telah memenuhi standar keamanan. Sehingga tidak perlu membedong si kecil ketika mereka sudah pandai berguling.

Selain itu banyak sekali mitos terkait posisi tidur bayi, yang mana harus kamu ketahui dan cari faktanya terlebih dahulu. Karena justru bayi dibawah usia 1 tahun tidak boleh dibiasakan tidur dengan posisi seperti orang dewasa. 

Hal tersebut dapat mengancam kesehatan bahkan dapat mengancam nyawa snag bayi juga. Maka, berhati-hatilah dalam menerima informasi. 

Demikian pembahasan terkait mitos bayi yang tidur secara tengkurap, denah ulasan diatas maka kamu dapat mengetahui bahwa menidurkan bayi dalam posisi tengkurap dilarang. Khususnya jika bayi memiliki usia dibawah 1 tahun, bahkan sudah diberi peringatan oleh WHO secara langsung.

bayibayi tidur