11 Minuman Pelancar BAB Organik dan Mudah Dibuat

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis minuman pelancar BAB, yang mana jenis minuman ini cocok dikonsumsi bagi orang yang mengalami kesulitan dalam buang air besar atau BAB. Bahkan dapat membantu sistem kerja usus menjadi lebih baik lagi.

BAB yang tidak lancar ini dapat membuat perut penderitanya terasa kembung dengan sensasi perut yang terasa penuh. Sehingga untuk mengatasi permasalahannya, kamu dapat mengonsumsi jenis minuman pelancar BAB. 

Buang air besar yang tidak lancar atau sembelit ini dapat memicu ketidaknyamanan pada area perut. Bahkan, masalah ini juga dapat memicu komplikasi kesehatan jika tidak segera diatasi. Maka, penting untuk mengetahui jenis minuman untuk pelancar BAB tersebut.

Advertisment

Minuman Pelancar BAB

Advertisment

Sembelit muncul dengan berbagai jenis gejala, misalnya berupa kondisi feses yang keras, terlalu kering sehingga menggumpal sehingga akan sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, pengidap yang mengalami kesulitan BAB ini akan kehilangan nafsu makan, karena merasa kenyang terus. 

Nah, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi jenis buah-buahan yang berserat tinggi. Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi beberapa jenis minuman pelancar BAB yang menjadi salah satu produk yang banyak diminati dan dipercaya keampuhannya. 

Saat ini banyak sekali beberapa rekomendasi atau jenis minuman pelancar BAB yang bisa kamu coba dan gunakan untuk permasalahan sembelit. 

Nah, berikut beberapa jenis minuman yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi permasalahan BAB dan merupakan minuman pelancar BAB. 

Air Putih

Air putih merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan sendiri. Kamu disarankan untuk rutin mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas atau setara 2 liter dalam sehari.

Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan didalam tubuh, maka kamu akan terhindar dari berbagai permasalahan dehidrasi dan belgia macam gangguan pada sistem pencernaan, misalnya seperti sembelit sekalipun. 

Maka, kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air putih dengan baik, tentunya hal ini berdampak pada sistem dan organ pencernaan didalam tubuh seperti usus sekalipun. Namun, pastikan juga tidak berlebihan karena dapat menyebabkan kembung. 

Jus Apel 

Minuman untuk pelancar BAB selanjutnya adalah jus apel, yang mana karena jus apel sendiri memiliki kandungan pektin. Pektin ini merupakan salah satu jenis serat larut yang dapat membantu untuk melunakkan tinja. 

Sehingga dengan mengkonsumsi jus apel ini dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, jus apel juga mampu membantu meningkatkan sistem dan pergerakan pada organ usus, sehingga nantinya proses BAB kamu jauh lebih lancar. 

Jus Plum

Selanjutnya adalah jus plum yang merupakan salah satu minuman pelancar BAB, jus plum ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan pencernaan seperti sembelit. Karena faktanya jus satu ini berdasarkan pada penelitian yang menunjukan mampu mengatasi permasalahan sembelit. 

Manfaat dari buah plum sendiri mampu membantu untuk mengatasi sembelit berkat kandungan serat yang tinggi dan sorbitol did lamanya. Dimana sorbitol sendiri bekerja dengan cara melunakan tekstur dari feses, dengan begitu mudah untuk dikeluarkan nantinya. 

Kopi

Jika sebelumnya adalah jenis jus, maka kali ini adalah kopi sebagai salah satu jenis minuman yang dikenal mampu menahan rasa kantuk. Siapa sangka jika kopi ini mampu mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan. 

Kopis sendiri merupakan jenis minuman yang mampu membantu untuk meningkatkan pergerakan usus sekaligus memberikan efek ingin BAB nantinya. Adapun kopi yang dimaksud adalah jenis kopi hitam yang belum tercampur dengan gula atau susu. 

Minuman kopi ini memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi dari hormon gastrin dan cholecystokinin. Yang mana keduanya dapat bekerja untuk merangsang kontraksi pada usus. 

Meskipun begitu, minuman kopi ini memang kurang direkomendasikan, khususnya bagi kamu yang memiliki permasalahan pada lambung misalnya maag, tukak lambung, asam lambung dan sebagiannya.

Teh

Teh termasuk deretan minuman yang dapat membantu sebagai pelancar BAB, yang mana jenis teh tersebut adalah teh hijau, teh hitam, teh senna, teh jahe dan teh peppermint. Umumnya, daun teh yang digunakan ini memang memiliki efek pencahar alami yang bekerja untuk melancarkan proses BAB. 

Sehingga mengkonsumsi teh ini dapat membantu kamu yang memiliki permasalahan pada sistem pencernaan. Adapun cara konsumsi yang baik adalah diminum ketika masih hangat, baik pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur. 

Jus Lemon

Jus lemon termasuk jenis minuman pelancar BAB, yang mana bus lemon sendiri bekerja secara efektif untuk mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan. Buah astua ini memang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalamnya. 

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, maka mengkonsumsi jus lemon dapat membantu untuk melunakkan tinja atau feses. Sehingga nantinya dapat memudahkan proses BAB. Jus satu ini juga bermanfaat dengan fungsi detoksnya, yaitu membersihkan dan mempercepat proses ekskresi. 

Jus lemon ini dapat kamu memaksimalkan khasiatnya, dimana kamu dapat mengkonsumsinya dengan air hangat di pagi hari. Karena hal ini dapat membantu untuk meredakan sembelit dengan baik dan dapat meningkatkan kinerja usus. 

Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya memiliki kandungan senyawa bioaktif yang bekerja secara salah satu obat pencahar alami. Sehingga tidak hanya bekerja sebagai pelumas usus saja, dengan mengkonsumsi jus lidah buaya maka mampu membantu untuk mengatasi sistem pencernaan. 

Jus lidah buaya ini bekerja secara efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga loh. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsi segelas jus lidah buaya dengan mencampurnya menggunakan jus lemon dan perut kosong. 

Cara konsumsi jus lidah buaya tersebut dapat membantu pergerakan dari usus dan meringankan permasalahan sembelit yang dirasakan. Cara satu ini tentunya akan membantu permasalahan sistem pencernaan dengan baik. 

Teh Peppermint

Teh peppermint masuk ke defeat minuman pelancar BAB, karena mampu membantu mencegah sekaligus mengobati gangguan pada sistem pencernaan. Salah satu gangguan yang dimaksud adalah sembelit atau kesulitan BAB. 

Kamu dapat mengonsumsi teh peppermint untuk meringankan gejala dari sembelit itu sendiri. Selain itu cara mengkonsumsi yang benar teh peppermint ini adalah setelah makan besar. Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat dari teh peppermint secara optimal. 

Jus Pir

Jus pir adalah salah satu jenis minuman pelancar BAB yang dapat kamu konsumsi. Jus pir satu ini merupakan jus yang berasal dari buah pir yang kaya akan kandungan serat di dalamnya. Sehingga mampu membantu untuk melancarkan BAB dengan baik.

Sehingga kami merekomendasikan jus pir satu ini untuk mengatasi permasalahan BAB yang tidak lancar seperti sembelit. Dalam pengolahan jus satu ini hindari penggunaan gula tambahan ataupun pemanis lainnya.

Teh Jahe

Selanjutnya adalah teh jahe yang merupakan jenis minuman yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam penelitian , jahe sendiri diduga mampu menjadi obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan. 

Hal itu karena jahe sendiri dapat membantu untuk meningkatkan pergerakan pada bagian usus dalam tubuh. Nantinya dapat membantu untuk melancarkan sistem buang air besar atau BAB, sehingga kamu dapat mengkonsumsinya untuk melancarkan BAB.

Teh Senna

Terakhir, kamu dapat mengonsumsi teh herbal seperti teh dari daun senna karena menjadi salah satu pilihan minuman pelancar BAB yang bekerja dengan baik. Daun senna sendiri memang memiliki efek pencahar alami sehingga mampu meningkatkan pergerakan usus. 

Dengan begitu, tentunya dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dengan baik dan lebih lancar lagi. Selain untuk mengonsumsi berbagai jenis minuman pelancar BAB, teh senna juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Nah, demikian ulasan terkait jenis minuman untuk pelancar BAB, dimana kamu dapat mengkonsumsinya dengan baik karena memiliki nilai manfaat bagi kesehatan tubuh juga.

babminuman