5 Minuman Kucing Anggora Agar Tumbuh Sehat

Nesiaverse.com – Jika kamu memiliki kucing anggora, maka tentunya kamu tahu ada minuman untuk kucing anggora. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer di Indonesia, salah satunya adalah kucing anggora. 

Memiliki karakter yang manja dan lucu, membuat hewan satu ini cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, kini banyak sekali ras jenis kucing peliharaan, slash satunya adalah kucing anggora.

Kucing anggora merupakan kucing yang memiliki bulu lembut dan kepribadian yang cukup riuh dan aktif. Dalam merawat kucing anggora tidak hanya memperhatikan pola hidup, kesehatan dan makanannya saja, tapi minuman kucing anggora juga. 

Advertisment

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui jenis minuman kucing anggora serta cara merawatnya yang tepat ikutilah ulasan dalam artikel kami ini. 

Rekomendasi Minuman Kucing Anggora Agar Tumbuh Sehat

Advertisment

Kucing anggora banyak dipelihara sebagai kucing rumahan, karena memang sifatnya yang tidak neko neko dan tidak rentan. Sehingga kucing ras satu ini menjadi peliharaan yang banyak diincar orang-orang. 

Dalam memelihara kucing anggora kamu dapat dengan mudah mencari makanan dan minuman terbaik untukmu. Ada beberapa orang yang kebingungan minuman apa yang bagus untuk kucing anggora, maka berikut kami sudah merangkumnya. 

Nah, berikut beberapa jenis minuman untuk kucing anggora, yang bisa kamu masukan ke dalam menu yang mampu menghidrasi tubuhnya secara optimal. Sehingga akan terhindar dari ancaman bulu yang rontok juga.

Air Putih

Minuman kucing anggora di posisi pertama adalah salah satu minuman wajib, yaitu minuman air putih. Air putih merupakan salah satu jenis minuman wajib yang harus sering anggora minum. 

Hal tersebut dilakukan guna mencegah kucing mengalami dehidrasi, yang akan berimbas tidak hanya pada organ dalam tubuh dan kesehatan, namun pada bulunya yang cenderung mudah rontok.

Untuk mencegah dehidrasi ini, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan hariannya. Selain itu jika kucing rajin mengonsumsi air putih, maka akan mendukung sistem metabolisme di dalam tubuhnya. 

Sistem metabolisme tubuh yang lancar ini akan membuat badannya menjadi lebih sehat lagi dan bugar. Selain itu akan berdampak kepada kulit badan kucing anggora yang sehat. Sehingga bulu kucing anggora akan sehat dan kuat.

Selain itu dalam memberikan kucing anggora air putih, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Air putih yang dingin tidak bagus untuk kucing anggora, berilah air dalam suhu normal. 

Selain itu membernya air hangat sangat tidak dianjurkan. Karena suhu lidah kucing dan ketahanannya tidak dapat diprediksi. Bisa jadi suhu hangat bagi mu adalah suhu yang cukup panas baginya. Maka, hindarilah air hangat. 

Alangkah baiknya memberikan air segar dan bersih dengan suhu normal. Air putih ini sangat kaya akan manfaat bagi kucing anggora. 

  • Membantu melembabkan kulit
  • Mencegah kucing anggora dehidrasi
  • Mendukung sistem metabolisme
  • Menjaga kadar cairan tubuh
  • Mendukung prose pencernaan kucing

Susu

Selain air putih, susu merupakan salah satu jenis minuman untuk kucing anggora. Susu sangat baik khususnya untuk anak kucing, namun untuk kucing dewasa sama bermanfaat dan bagusnya. 

Susu ini baik karena kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu susu dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing yang kurang atau tidak terpenuhi secara utuh. 

Selain itu, susu kucing juga dapat difungsikan sebagai salah satu jenis minuman yang dapat mendukung kucing menggemukan badan, menutrisi kucing yang hamil dan masih banyak manfaat lainnya. 

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memberikan minuman susu pada kucing anggora. Kamu harus memastikan memberikan susu yang bebas laktosa, karena laktosa sangat buruk bagi kucing. 

Zat laktosa ini dapat mengganggu sistem pencernaan kucing, dalam kasus yang parah dapat memicu mencret atau diare. Selain itu susu sapi juga memiliki kandungan laktosa. 

Sehingga kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis susu yang bagu untuk kucing anggora, yang tentunya bebas laktosa. 

  • Growssy Milk
  • Goat Milk For Dog and Cat
  • Kitten Milk replacer
  • Gim Cat Cat Milk
  • Lactol Kitten Milk
  • Aufbau Plus Katzenmilch
  • KMR Kitten Milk Replacer Powder
  • Whiskas Cat Milk
  • Royal Canin Babycat Milk
  • New Zealand Lactose Free Pet Milk

Madu

Siapa sangka jika madu masuk ke daratan minuman yang boleh dikonsumsi oleh kucing anggora. Madu merupakan jenis minuman yang dihasilkan oleh koloni lebah, memiliki tekstur kental dan manis. 

Madu adalah salah satu produk alam yang kaya akan manfaat, dan tidak hanya bagi manusia,karena bermanfaat bagi kucing juga, salah satunya kucing anggora. Jika memikirkannya secara rutin maka hasilnya optimal. 

Namun, dalam pemberian madu ini, kamu harus menggunakan cara dan ketentuan yang benar, tidak berlebihan secara dosis misalnya. Karena jika berlebihan dapat berbahaya bagi kucing dan bisa diabetes.

Kamu dapat memberikan madu secara langsung pada kucing anggora tersebut. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu meneteskan madu ke jemari kamu. Kemudian dekatkan ke kucing, maka mereka akan mendekatinya. 

Pastikan tidak memberinya madu oplosan atau madu yang sudah tercampur dengan bahan-bahan lainnya. Alangkah baiknya memberikan asupan madu alami atau murni, karena manfaat yang didapat adalah nyata, bukan fiktif. 

Air Kelapa

Air kelapa masuk ke dalam jenis minuman yang kaya akan elektrolit dan baik untuk mengtasi eprmasalahans eperti dehidrasi. Begitupun bagi mereka yang kelelahan setelah aktivitas yang padat dan berat. Air kelapa adalah obatnya, untuk mengembali energi. 

Air kelapa merupakan jenis minuman yang menyegarkan, dan bisa dikerjakan sebagai salah satu minuman oralit alami bagi kucing yang memiliki permasalahan mencret atau diare. 

Untuk cara mengkonsumsinya sendiri kamu cukup memberikan sedikit saja, menggunakan pipet. Niatnya kucing akan berhenti secara mandiri, jika dirinya sudah kembung atau begah. 

Pastikan air kelapa yang di minum kucing anggora ini tidak terkontaminasi oleh jenis perasa alami apalagi perasa buatan. Hal ini akan berbahaya dan memberikan dampak negatif bagi kucing.

Minyak Ikan

Terakhir, adalah minyak ikan sebagai salah satu minuman yang bagus dikonsumsi untuk kucing anggora. Minyak ikan dapat dikonsumsi sebagai sumber vitamin bagi kucing anggora. 

Dalam mengkonsumsi minyak ikan ini, dapat dilakukan sehari sekali saja. Selain itu kamu harus memperhatikan merk atau jenis minyak ikan yang akan dikonsumsi oleh kucing anggora. 

Kamu dapat melakukan konsultasi pada dokter hewan, sehingga mendapatkan rekomendasi jenis minyak ikan yang coock dikonsumsi olehnya. Dan pastikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

Minyak ikan memang memiliki harga yang lumayan mahal, untuk kelas minyak ikan yang paling bagus. Namun, tentunya hal ini seimbang dengan manfaat dan kesehatannya. 

Dalam mengkonsumsi minyak ikan bagi kucing anggora, kamu dapat memberikannya secara langsung menggunakan suntikan atau mencampurkannya dengan menu makanan basah mereka. 

Demikian ulasan mengenai jenis minuman kucing anggora yang dapat kamu konsumsi. Selain itu kamu jangan khawatir mengenai kucing anggora yang suka minum dalam volume yang cukup banyak. 

Hanya saja, pastikan kamu menyediakan air jernih yang bersih dan segar. Dengan memberikan perhatian yang tepat mengenai minuman kucing anggora, maka akan membantu kucing tetap sehat dan bahagia.

kucingkucing anggora