5 Merk Pestisida Untuk Cabe Agar Terhindar Hama

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang tahu ternyata banyak sekali kumpulan pestisida yang berfungsi untuk menghentikan atau mengantisipasi proses serangan dari berbagai hama dan penyakit pada tanaman cabai, lalu apa saja merk pestisida untuk cabe? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya disini.

Walaupun memiliki nama yang sama tetapi terdapat hal yang membedakannya termasuk komposisi aplikasi penggunaannya, dimana secara umum pestisida sendiri berfungsi sebagai anti fungi atau jamur yang sedang ataupun yang akan menyerang tanaman cabe hijau dan cabe merah.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan cabe terserang oleh hama dengan begitu bisa membuat tingkat keberhasilan tanaman cabe yang akan sulit untuk diprediksi, penggunaan pestisida ini yang sangat penting untuk merawat tanaman cabe dari hama untuk menghentikan penyakit jamur pada daun, kutu busuk pada buah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Advertisment

Masalah tersebut yang bisa diatasi hanya dengan menggunakan beberapa jenis merk pestisida untuk tanaman cabe yang bisa digunakan dan membuat tanaman cabe tumbuh dengan subur dan tentunya menghasilkan buah yang melimpah, untuk itu bisa dengan simak secara detailnya di kumpulan jenis merk pestisida untuk cabe dan juga manfaatnya.

Merk Pestisida Untuk Cabe Terbaik

Advertisment

Hama dan juga penyakit merupakan dua musuh para petani tanaman cabe maupun tanaman yang lainnya yang harus segera dibasmi keberadaannya, tetapi sebelumnya para petani juga harus mengetahui dengan beberapa faktor yang bisa membuat tanaman cabai tersebut menjadi mati atau rusak.

Salah satunya dikarenakan sering menggunakan pestisida yang tidak tepat yang bisa menyebabkan tanaman cabe tersebut yang layu dan bahkan berakhir mati, dengan adanya beberapa jenis pestisida ini yang bisa digunakan untuk membantu dalam menghentikan atau membasmi hama dan juga penyakit pada tanaman cabe yang sangat beragam macam.

Untuk jenis pestisida tanaman cabe sendiri yang ada berbentuk butiran dan juga ada yang berbentuk cair, berikut beberapa kumpulan jenis dan merk pestisida untuk cabe untuk pengendalian hama dan penyakit pada  yaitu sebagai berikut:

Akarisida

Akarisida merupakan jenis pestisida yang berfungsi untuk menghentikan hama kutu dan jika tanaman cabe yang sering terkena hama kutu yang biasa disebut dengan kutu tungau, jika tanaman cabe mengalaminya maka sebaiknya untuk menggunakan jenis pestisida Akarisida yang satu ini.

Hama kutu tungau pada tanaman cabe jika segera dibasmi maka akan sangat berbahaya dimana tungau atau mites ini yang bisa menyerang pada bagian daun cabe atau biasa disebut dengan kutu daun (aphis) yang akan menyebabkan pertumbuhan daun cabe menjadi keriting atau kerdil, tanaman daun cabe yang keriting bisa dikendalikan langsung dengan menggunakan pestisida akarisida.

Dengan memilih jenis pestisida akarisida yang bisa memberikan efek langsung tidak akan menunggu berhari-hari dan jenis pestisida akarisida ini sudah terdapat banyak merk yang dijual di toko pertanian, adapun untuk berbagai merk pestisida akarisida untuk cabe yaitu sebagai berikut:

  • Agrimec 18 EC
  • Indomektin 20 EC
  • Bestox 50 EC
  • BM Alpha 100 EC
  • Atatte 210 EC
  • Labista 200 EC
  • Mastarin 25 EC
  • Danadim 400 EC
  • Perfektan 425 EC
  • Destan 400 EC, dan lainnya.

Nematisida

Nematisida adalah jenis pestisida yang berfungsi untuk menghentikan hama di dalam tanah karena memang pengendalian hama yang tidak hanya dari faktor eksternal atau luar tanaman saja, namun perlu juga untuk mengendalikan hama yang ada di dalam tanah yang bisa dengan menggunakan jenis pestisida nematisida.

Nematisida yang berfungsi sebagai anti cacing tanah atau paru akar dan untuk bentuk jenis pestisida nematisida ini yang seperti butiran pasir dan cara penggunaannya yaitu dengan cara menaburkannya pada sekeliling pangkal batang, nantinya pestisida tersebut yang akan menyebar dengan sendirinya yang terbawa oleh air pada saat proses menyiram.

Pestisida jenis nematisida ini juga yang bisa digunakan dengan cara menyemprotkannya secara langsung ke tanah, selain cacing namun pestisida nematisida juga yang bisa berfungsi untuk memerangi pergerakan bekicot, merk nematisida yang dijual di pasaran seperti Furadan 3GR, Velum Prime 400 SC, dan juga Marshal 5GR yang bisa kamu gunakan.

Fungisida

Untuk salah satu jenis pestisida untuk menghentikan penyakit jamur pada tanaman cabe yang bisa digunakan yaitu jenis pestisida fungisida, dimana jenis pestisida fungisida sendiri digunakan untuk mengendalikan penyakit yang ada pada tanaman cabe yang disebabkan oleh cendawan atau jamur.

Jenis pestisida fungisida yang berbentuk tepung pada umumnya hanya diberikan pada tanaman cabe yang sedang diserang jamur atau cendawan, untuk jamur yang kerap menyerang pada tanaman cabe yaitu diantaranya antraknosa atau api dan kamu bisa memberikan jenis pestisida fungisida ini jika terdapat jamur pada daun atau batang tanaman cabe.

Para petani yang tidak perlu takut akan penyebaran fungisida karena jika telah diketahui gejalanya maka dapat dihentikan dengan pestisida yang satu ini dan fungisida sendiri yang memiliki merk beragam dan dijual di toko pertanian diantaranya:

  • Seltima 100 CS
  • Zampro 535 SC
  • Polycom 70 WG
  • Pemulus 80 WG
  • Melyra 200/200 SC
  • Miravon 250/250 SC
  • Acrobat 50 WP
  • Cabrio Gold 183 SE
  • Cabrio 250 EC
  • Cabrio Top
  • Insure Max 510 FS
  • Ceva 400 SC

Bakterisida

Bakterisida merupakan jenis pestisida yang kerap diberikan pada tanaman cabe yang berfungsi untuk menghentikan perkembangbiakan bakteri pada tanaman yang dapat mengancam pertumbuhannya, dimana untuk gejala yang paling kerap muncul yaitu tanaman cabe yang membusuk dan layu karena bakteri.

Bahkan selain itu juga terdapat bercak-bercak pada daun tanaman cabe dan tentu saja hal ini yang nantinya akan menyebar pada permukaan yang lainnya, sehingga sebaiknya harus lebih berhati-hati terhadap penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri.

Biasanya bakterisida yang berbentuk cair sehingga bisa dengan mudah di semprotkan, namun jika petani yang tidak ingin bakteri tersebut terus menyebar pada tanaman cabe lainnya sering tanaman tersebut yang langsung dibakar atau di cabut.

Tetapi sekarang ini yang sudah tersedia banyak sekali merk pestisida bakterisida yang bisa digunakan untuk menghentikan perkembangbiakan bakteri pada tanaman cabe, tersedia banyak merk pestisida bakterisida yang dijual di pasaran seperti:

  • Bactocyn 150 AL
  • Bactomycin 15/5 WP
  • Arashi
  • Agrept 20 WP

Pupuk Daun Cair

Terakhir ada pupuk daun cair yang berfungsi untuk mengendalikan penyakit daun cabe dan untuk jenis pestisida yang satu ini tentu saja bukan hal yang asing lagi untuk para petani cabe, pestisida pupuk daun cair yang paling banyak dijual di toko pertanian.

Tetapi jika kamu tidak ingin membeli pestisidanya karena mahal maka kamu bisa menggantinya dengan menggunakan pupuk daun atau pupuk cair, jenis pupuk ini yang sangat aman digunakan karena selain memberikan nutrisi pada daun tetapi bisa juga mengendalikan penyakit yang ada pada tanaman cabe tersebut.

Untuk pupuk daun berbentuk cair yang bisa digunakan dengan cara menyemprotkannya langsung pada daun cabe, pupuk ini juga yang berfungsi memberikan daya  tahan pada tanaman cabe dalam melawan berbagai penyakit dan oleh karena itu selain dengan memberikan antibodi namun juga sudah memberikan nutrisi pada daun cabe tersebut.

Tersedia di pasaran pestisida pupuk daun yang bisa digunakan untuk membuat tanaman cabe menjadi lebih subur dan sehat diantaranya ada NPK Mutiara 16-16-16, Green World MAGIC glow GO, Grow More NPK 10-55-10, Hormon Perangsang Bunga, GDM Pupuk Organik Cair, Herbafarm dari BIODARM, dan juga Hyponex 20-20-20.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa merk pestisida untuk cabe yang perlu kamu ketahui dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman cabe, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

cabaicabepestisida