Aturan Menyiram Tanaman Dengan Air Bawang Merah

Nesiaverse.com – Biasanya kita akan menemukan bawang merah di dapur karena memang bawang merah ini menjadi salah satu bumbu dapur yang sangat penting untuk beragam masakan, namun ternyata bawang merah juga bermanfaat untuk tanaman lalu bagaimana aturan menyiram tanaman dengan air bawang merah?

Bawang merah adalah salah satu komoditas sayuran unggulan yang sejak lama sudah diusahakan oleh petani secara intensif, komoditas sayuran tersebut termasuk ke dalam kelompok rempah-rempah yang tidak di bersubtitusi berfungsi sebagai bumbu penyedap makanan dan juga bahan obat tradisional.

Bawang merah berasal dari Iran, Pakistan dan juga pegunungan bagian sebelah utara, kemudian bawang merah ini yang menyebar ke berbagai penjuru dunia baik itu tropis maupun subtropis, untuk wujud bawang merah ini berupa umbi yang bisa dimakan mentah, acar, bumbu masak dan yang lainnya.

Advertisment

Bahkan bawang merah juga yang memiliki manfaat untuk tumbuhan seperti membantu mengatasi tanaman yang layu kembali menjadi segar lagi, membasmi hama dan penyakit dan masih banyak lagi yang lainnya, sehingga tidak heran jika bawang merah dijadikan sebagai pestisida alami oleh para petani tanaman.

Namun tidak sedikit para petani juga yang belum tahu dengan aturan menyiram tanaman dengan air bawang merah, karena jika salah menggunakan larutan air bawang merah ke tanaman tentu saja bisa membuat tanaman tersebut menjadi rusak bahkan mati.

Advertisment

Untuk itu sangat penting mengetahui dengan aturan menyiram tanaman dengan air bawang merah, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Aturan Menyiram Tanaman Dengan Air Bawang Merah

Pastinya setiap tanaman yang kita tanam ingin tetap segar dan sehat, dengan memiliki tanaman hias layu menjadi salah satu masalah yang besar untuk mereka yang menanam dan juga memelihara tanaman, hal ini yang membuat tanaman menjadi tidak menarik lagi untuk di pajang.

Walaupun begitu tanaman berbuah menjadi layu bukan berarti tanaman tersebut yang tidak dapat diselamatkan lagi tetapi ternyata tanaman yang layu masih bisa diselamatkan hanya dengan beberapa cara yang dilakukan salah satunya dengan menggunakan bawang merah.

Manfaat bawang merah untuk tanaman yang sangat beragam salah satu manfaat bawang merah untuk tanaman aglaonema yaitu sebagai berikut:

Membantu Mengurangi Stres

Pada saat penanaman tanaman aglaonema dengan menggunakan cara stek batang, maka kandungan yang terdapat di dalam bawang merah yang berperan untuk membantu mengurangi stres.

Membantu Memacu Pembelahan Sel

Kandungan yang terdapat dari ekstrak bawang merang yang mengandung vitamin B1, auksin, dan juga tiamin berfungsi untuk membantu memacu pembelahan sel pada saat melakukan stek batang aglaonema.

Membantu Merangsang Pertumbuhan Akar dan Tunas

Bawang merah yang mengandung auksin dan juga vitamin B1 didalamnya yang memiliki peran penting dalam membantu untuk merangsang pertumbuhan akar dan juga tunas aglaonema.

Untuk cara pengaplikasian bawang merah yaitu dengan menyiapkan bawang merah sebanyak satu siung dan pastikan bawang merah telah dibersihkan, lalu iris bawang merah ke dalam wadah berisi 250 ml air bersih yang dijadikan sebagai air larutan bawang merah.

Jika sudah kemudian diamkan selama 1 jam agar kandungan bawang merah larut sempurna dengan air, jika sudah lalu siramkan sedikit air larutan bawang merah ke media tanam aglaonema dengan dengan akar, pada saat disiramkan pada media tanam air larutan bawang merah ini dapat merangsang pertumbuhan akar aglaonema.

Larutan air bawang merah untuk stek batang aglaonema yaitu dengan merendam batang aglaonema yang telah dipotong ke dalam larutan air bawang merah selama 30 menit agar meresap ke pori-pori, pada saat di rendam ke dalam larutan air bawang merah yang akan membuat bayang uang dipotong menjadi cepat beradaptasi dan tidak mudah stres.

Hal ini yang bisa menjadi zat perangsang tumbuh sehingga bisa mempercepat pertumbuhan, jika sudah direndam kemudian tanam batang aglaonema ke dalam media tanam ada di dalam polybag atau pot, untuk penggunaan larutan air bawang merah ini dapat dilakukan 7 hingga 10 hari untuk membantu memberikan hasil maksimal pada tanaman.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan aturan menyiram tanaman dengan air bawang merah yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu  terapkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bawang merahtanaman