Menu Makan 1 Minggu Untuk Penderita Asam Urat

Nesiaverse.com – Salah satu cara mencegah terjadinya asam urat, adalah penyesuain menu 1 minggu untuk penderita asam urat yang tepat. Hal tersebut merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan sebagai menu diet yang akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah penderitanya. Khususnya untuk menghindari makanan yang mampu memicu asam urat. 

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu hingga mampu menurunkan produktivitas seseorang. Asam urat merupakan penyakit radang sendiri yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah meningkat tinggi. Kondisi ini mampu menimbulkan rasa nyeri hingga bengkak di sekitar sendi.

Menu Makan 1 Minggu Untuk Penderita Asam Urat

Advertisment

Menu 1 minggu untuk penderita penyakit asam urat memiliki tujuan yang baik. Dimana menu tersebut dirancang untuk membantu para penderita asam urat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan menurunkan risiko asam urat naik. Selain itu menu 1 minggu untuk penderita asam urat juga bisa menjadi salah satu diet yang akan membentuk kebiasaan makan yang baik dan mencapai berat badan yang sehat.

Advertisment

Tahukah kamu jika kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko muncul atau kambuhnya asam urat secara tiba-tiba. Maka, menu 1 minggu diet untuk penderita asam syarat memiliki manfaat yang baik . Jika kamu memiliki riwayat gejala asam urat, maka harus berhati-hati sejak dini. Bagi penderita asam urat ada beberapa makanan yang harus dihindari atau menjadi pantangan. Umumnya makanan dengan kadar purin yang tinggilah yang harus kamu hindari, pasalnya hal tersebut memicu terjadinya asam urat.

Berikut beberapa pantangan makanan yang harus dihindari karena memiliki kadar purin yang tinggi.

  • Daging merah, misalnya daging sapi, daging domba, daging bebek hingga daging babi
  • Jeroan seperti hati, ampela, otak, babat, ginjal, jantung dan lainnya.
  • Seafood merupakan makanan laut yang harus dihindari, yaitu udang, kerang, lobster, sarden, tuna, ikan teri. 
  • Sayur bayam, ko, singkong, melinjo, nangka muda, bayam. 
  • Minuman beralkohol, minuman bersoda, susu dengan tinggi lemak, roti, permen hingga jus buah dengan kemasan.

Berikut beberapa rekomendasi menu 1 minggu untuk penderita asam urat. 

Tumis Sayur Telur Orak Arik

Menu pertama yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat dalam tumis sayur telur orak-arik. Tumis sayur telur orak-arik menjadi salah satu pilihan menu jika kamu tidak memiliki waktu untuk memasak dan membutuhkan sayuran sebagai asupan. Kamu bisa menggunakan bahan seperti timun, brokoli, wortel, tomat. Sayuran tersebut menyehatkan dan aman bagi penderita asam urat. Kamu bisa menambahkan sedikit minyak saja. 

Oseng Tahu Tempe

Sebagai salah satu sumber protein nabati bisa kamu dapatkan sebagai salah satu menu selingan bagi penderita asam urat dalam 1 minggu. Tahu tempe menjadi menu maslana yang memiliki berbagai macam olahan, sehingga tidak akan membuat kamu bosan untuk menikmatinya. Bahan untuk memasang oseng tahu tempe sangatlah simpel, dimana kamu juga menyantapnya dengan kombinasi nasi merah yang hangat. 

Sop Telur Puyuh

Menu sayur sop telur puyuh bisa kita kombinasikan dengan sayuran seperti kentang, tomat maupun wortel. Sayur sip juga bisa kamu berikan seledri untuk memberikan wangi, seledri sendiri memiliki sumber vitamin C organik. Dimana mampu menurunkan kolesterol yang tinggi dna mengontrol tekanan darah. Tentunya dengan komposisi yang baik akan membuat penderita asam urat aman untuk mengkonsumsi sop telur puyuh. 

Ikan Garang Asem

Selanjutnya, kamu juga bisa mengkonsumsi menu ikan garang asem untuk penderita asam urat, dalam varian 1 minggu menu pilihan. Kamu juga bisa memadukannya dengan ikan lele atau ikan mas. Selain itu rasa gurih dan segar akan membuat sayur ikan garang asem ini membuat kita ingin lebih banyak menyantapnya lagi. 

Sayur Bening Daun Kelor

Sayur bening daun kelor menjadi salah satu pilihan menu sayuran untuk penderita asam urat. Dengan mengkonsumsinya kamu bisa sehat karena daun kelor mampu menumbuhkan sel yang telah mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu sayur daun kelor memiliki sifat antioksidan, sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Adapun kombinasi menu dalam 1 minggu untuk penderita asam urat, jika kamu ingin jadwal yang tertata serta komposisinya. 

Hari Pertama

  • Hari pertama kamu bisa sarapan dengan menu : omelet lipat yang terdiri dari, 2 hingga 3 butir telur kamu bisa mengkombinasikannya dengan sayuran seperti wortel dan tomat, bisa tambahkan bawang bombay dan daun. Gorenglah menggunakan margarin.
  • Untuk makan siang, kamu bisa menyantap salad atur yang terbuat dari paprika merah, buncis, peterseli yang segar. Tambahkan minyak zaitun dan saus lemon hingga potongan telur rebus 2 butir saja. 
  • Untuk makan malam, kamu bisa menyantap masak dengan menggunakan keju dengan kadar rendah lemak, bisa kamu tambahan bayam dan paprika.

Hari Kedua

  • Hari kedua, kamu bisa mulai menyantap sarapan dengan oat yang dikombinasikan buah pisang, togur dan campuran sedikit gula jika diperlukan. 
  • Makan siang kamu bisa dengan sandwich yang terdiri dari roti gandung utuh dan salad sayur. 
  • Untuk menu makan malam kamu bisa mengkombinasikan sayur daun kelor dengan nasi merah. 

Hari Ketiga

  • Hari ketiga untuk sarapan kamu bisa membuat smoothies yang terbuat dari susu rendah lemak, buah beri dna campuran yogurt
  • Menu makan siang kamu tortilla gandum yang memiliki isian sayuran segar, telur dan buncis.
  • Menu makan malam, kamu bisa menikmati daging ikan salmon panggang dengan tambahan peterseli tumis. 

Hari Keempat

  • Menu sarapan bisa dengan tumis sawi putih wortel lada bawang.
  • Menu untuk makan siang, kamu bisa menikmati sawi caisim bumbu bawang, jika kamu menyukai sensasi pedas bisa tambahkan buah cabe rawit beberapa potong. 
  • Malamnya kamu bisa menikmati sate ayam teflon, pastikan menggunakan bagian dada dengan menyisihkan bagian kulitnya. 

Hari Kelima

  • Menu sarapan kamu bisa mengolah sop telur puyuh yang dikombinasikan dengan wortel hingga tahu dan kentang. 
  • Menu makan siang bisa roti lapis dengan isian sayuran dan kombinasi ikan salmon
  • Menu makan malam bisa steak ayam fillet, pastikan daging yang kamu konsumsi adalah bagian dada ayam. Pastikan masakannya di teflon yang anti lengket serta gunakan margarin. 

Hari Keenam

  • Menu untuk sarapan kamu bisa mengonsumsi jamur dan buncis
  • Makan siang, bisa bakso kuah pastikan non MSG, sehingga bisa mnyeimbanginnya dnegan tambahan sayur wortel.
  • Menu makan malam kamu bisa menumis wortel dengan daging ayam kampung.

Hari Ketujuh

  • Menu sarapan bisa kamu konsumsi roti gandum dan telur ceplok
  • Menu makan siang nasi merah dan tumis jamur yang dikombinasikan dengan buncis.
  • Menu makan malam kamu bisa mengonsumsi telur orak arik tanpa menggunakan minyak, kombinasikan dengan paprika dan sedikit merica untuk menghasilkan rasa yang enak.

Demikian beberapa rekomendasi menu 1 minggu bagi kamu penderita asam urat. Dengan kombinasi menu diatas jika dilakukan secara rutin dengan varian menu yang bahan-bahannya merupakan bahan yang direkomendasikan bagi penderita asam urat, akan menghasilkan dampak positif. Dengan demikian kamu akan terhindar dari kambuhnya asam lambung.

asam uratmenu makan