Mengapa Kita Perlu Memanfaatkan Barang Bekas?

Nesiaverse.com – Pastinya hampir setiap rumah mempunyai barang bekas daripada dibuang begitu saja mending barang bekas tersebut di dimanfaatkan dengan dibuat kerajinan atau yang lainnya yang berguna, ada yang bertanya mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas? Nah untuk mengetahui alasannya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Dimana barang bekas merupakan barang yang sudah tidak digunakan atau terpakai lagi namun sebenarnya barang tersebut yang masih dapat digunakan kembali, contoh barang bekas seperti kardus bekas sepatu yang dapat digunakan atau dibuat menjadi tempat tisu, botol bekas yang dapat digunakan kembali untuk tempat sabun pencuci piring dan masih banyak lagi  yang lainnya.

Tetapi sayangnya masih banyak orang yang tidak menggunakan kembali barang-barang bekas dan malah barang-barang tersebut dibuang begitu saja, padahal barang tersebut yang masih dimanfaatkan semaksimal mungkin yang dapat digunakan kembali dengan dibuat kerajinan atau yang lainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Advertisment

Lalu mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas? Nah untuk mengetahui jawaban dan alasan dari pertanyaan tersebut maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Mengapa Kita Perlu Memanfaatkan Barang Bekas?

Advertisment

Dimana untuk bisa memanfaatkan barang bekas yang terdapat di rumah menjadi salah satu solusi yang terbaik yang dapat kamu lakukan dirumah, hal ini yang tidak hanya untuk membantu mengurangi sampah tetapi dengan memanfaatkan barang bekas juga yang dapat menjadi aktivitas yang menarik untuk meningkatkan kreativitas para penghuni rumah.

Memanfaatkan barang bekas ini yang  tidak hanya mengubah fungsi atau meningkatkan nilai guna tetapi juga bisa membantu menghasilkan aspek ramah lingkungan, bahkan sekarang ini sudah banyak juga yang mulai untuk memanfaatkan barang bekas dengan dibuatkan berbagai kerajinan dan terdapat beberapa jenis barang bekas yang bisa dimanfaatkan sebagai barang yang bernilai bahkan layak dijadikan peluang usaha.

Terdapat banyak sekali alasan mengenai mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas yang perlu kamu ketahui adapun untuk beberapa alasannya sebagai berikut:

Untuk Menjaga Lingkungan

Dimana untuk asalan yang paling utama mengenai mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas yaitu untuk menjaga lingkungan hal ini juga yang sudah dijelaskan diatas, dengan menggunakan dan memanfaatkan kembali barang yang masih layak dipakai dan tentu saja ini akan membuat sampah tersebut yang dihasilkan oleh masyarakat yang akan berkurang dan membuat lingkungan menjadi bebas dari pencemaran.

Hal ini yang merupakan salah satu cara yang sederhana untuk pengolahan sampah yang biasa disebut dengan prinsip 3R ( Reduce, Reuse dan juga Recycle) dan pemanfaatan barang bekas ini yang termasuk ke dalam prinsip reuse dan recycle, dimana reuse ini adalah memakai kembali barang yang masih dapat digunakan sedangkan untuk recycle adalah mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai, sehingga dengan menerapkan prinsip ini yang bisa membuat kamu menjadi berhemat dan juga menjaga lingkungan dari pencemaran.

Untuk Menambah Penghasilan

Selain alasan mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas ini untuk menjaga lingkungan dengan menerapkan prinsip 3R yang selain mengurangi sampah, namun ada alasan lainnya yaitu dapat membantu untuk menambah penghasilan dengan menerapkan prinsip recycle pada 3R atau mendaur ulang sampah menjadi barang yang ada nilainya dan ini bisa membantu kamu untuk bisa menambah penghasilan.

Dimana barang hasil dari daur ulang yang mempunyai nilai guna yang tinggi dapat dijual kepada orang yang memang membutuhkan dan tentunya agar barang tersebut memiliki nilai jual maka barang ini harus dikreasikan sedemikian rupa sampai terlihat lebih menarik dan seperti barang baru, bahkan sudah banyak juga masyarakat yang memanfaatkan barang bekas untuk sumber penghasilan seperti menjual kerajinan dari sedotan, menjual baju bekas, tempat pensil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk Hemat

Untuk alasan mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas yang terakhir yaitu untuk menghemat dan barang bekas ini yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pengeluaran membeli barang yang baru, sehingga dengan begitu uangnya pun yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya yang lebih mendesak atau urgent.

Dimana contohnya seperti daripada membeli tempat pensil, sendok dan juga garpu yang baru alangkah lebih baiknya untuk menggunakan kaleng atau botol bekas yang dapat dikreasikan menjadi tempat pensil atau tempat sendok dan juga garpu yang baru, agar tempat tersebut terlihat lebih rapi dan indah maka kamu bisa dengan melapisi menggunakan kain atau kertas bekas yang berwarna pada botol atau kaleng bekas tersebut sehingga lebih hidup kelihatannya.

Nah untuk hanya itu saja beberapa alasan mengenai mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas  yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat selamat untuk mencoba memanfaatkan barang bekas yang masih dapat digunakan kembali.

barang bekas